Begini Cara Merawat Motor Injeksi Agar Tetap Prima

momotor.id - Sepeda motor berteknologi injeksi sudah banyak digunakan oleh masyarakat. Sebagian besar motor produksi baru sudah menggunakan mesin berteknologi injeksi karena selain irit bahan bakar, perawatannya juga mudah.

Agar performa dari sepeda motor berteknologi injeksi lebih optimal, Pemilik motor perlu merawat mesin motor berteknologi injeksi ini secara rutin.

Berikut panduan merawat motor injeksi agar tidak turun mesin

1. Melakukan Pengecekan Bahan Bakar

Jika tangki bahan bakar kosong, maka banyak air yang dihisap oleh fuel pump. Hal ini tentunya dapat memperhambat kinerja dari motor dan membuat sistem injeksi cepat rusak.

Mesin motor akan tersendat dan mogok apabila kandungan air lebih banyak diserap oleh fuel pump. Oleh karena itu, pemilik motor wajib mengisi bahan bakar pada motor,

jangan sampai kosong. Pemilik motor juga perlu menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi motor agar kinerja mesin tetap optimal.

2. Merawat Fuel Pump Injector

Pemilik motor perlu melakukan perawatan terhadap fuel pump injector agar kinerja mesin motor tetap optimal.

Injector pada motor injeksi berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam mesin. Injector yang kotor dapat menyebabkan mesin brebet dan tidak bertenaga.

Oleh karena itu, penting untuk memeriksa dan membersihkan injector secara berkala, minimal setiap 20.000 km.

Pembersihan pada fuel pump injector juga perlu dilakukan. sistem injeksi dibersihkan dengan carbon cleaner. Kemudian, sistem injeksi dibersihkan menggunakan injector cleaner.

Baca juga: Motor Injeksi Mogok Akibat Kehabisan Bensin, Lakukan Ini Dulu Usai Isi Tangki BBM

3. Penggantian Oli Secara Berkala

Agar komponen pada motor dapat berfungsi dengan baik, lakukanlah penggantian oli secara berkala. Idealnya, penggantian oli motor injeksi setiap 2 bulan sekali, atau ketika motor sudah menempuh jarak 1.000 km.

Selain penggantian oli, pemilik motor disarankan untuk mengganti oli gear setiap 5.000 km agar menjaga kondisi motor injeksi tetap prima.

4. Periksa ECU Pada Motor Injeksi

Electronic Control Unit (ECU) merupakan komponen penting pada motor injeksi. ECU mengatur takaran bahan bakar hingga mengatur buka/tutup klep injektor.

Kinerja mesin motor akan terganggu apabila ada masalah pada ECU. Oleh karena itu, pemilik motor harus melakukan pengecekan ECU agar mencegah kerusakan yang fatal.

5. Cek Kondisi Aki

Kinerja dari motor injeksi sangat bergantung pada aki motor. Aki pada motor injeksi berfungsi untuk menghidupkan mesin dan sistem pembakaran ke berbagai komponen elektronik, seperti ECU dan lampu.

Apabila aki tidak bisa menghasilkan arus listrik, maka kinerja mesin juga bermasalah. Jika aki benar-benar rusak, ganti lah aki motor segera.

6. Periksa dan Bersihkan Throttle Body

Throttle body pada motor injeksi berfungsi untuk mengatur aliran udara yang masuk ke mesin. Throttle body yang kotor dapat menyebabkan mesin tersendat dan boros bahan bakar.

Oleh karena itu, penting untuk memeriksa dan membersihkan throttle body secara berkala, minimal setiap 10.000 km.

7. Gunakan Bahan Bakar yang Berkualitas

Bahan bakar yang berkualitas buruk dapat merusak komponen mesin injeksi, seperti injector dan pompa bahan bakar.

Oleh karena itu, penting untuk menggunakan bahan bakar yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi motor Anda.

8. Selalu Lakukan Servis Berkala

Servis berkala di bengkel dapat menjaga kesehatan motor injeksi Anda. Biasanya, berkala dilakukan setiap 4.000-5.000 km.

9. Hindari Kebiasaan yang Buruk

Beberapa kebiasaan yang buruk dapat merusak motor injeksi, seperti:

  • Memanaskan mesin terlalu lama.
  • Menggunakan gigi yang terlalu tinggi saat putaran mesin rendah.
  • Melakukan akselerasi yang berlebihan.
  • Membawa beban yang terlalu berat.

Baca juga: Manasin Motor Injeksi Tak Perlu Kelamaan, Maksimal 2 Menit

10. Lakukan Modifikasi dengan Hati-hati

Modifikasi pada motor injeksi dapat merusak sistem injeksi dan menyebabkan masalah pada mesin. Oleh karena itu, penting untuk melakukan modifikasi dengan hati-hati dan hanya oleh bengkel yang terpercaya.

Cara Merawat Motor Injeksi Info Otomotif Injeksi Merawat Motor Injeksi motor injeksi sepeda motor Tips and Trick Tips Otomotif tips perawatan motor

Rekomendasi Motor Bekas