Cara Kerja Keyless dan Immobilizer yang Bikin Jengkel Begal dan Maling Motor

momotor.id - Beberapa pabrikan motor kini sudah menyematkan sistem keamanan tambahan pada model tertentunya. Sistem keamanan tambahan ini seperti menyematkan fitur keyless dan immobilizer pada motor.

Penambahan fitur keyless dan immobilizer pada motor ini memang cukup berguna untuk memperkecil potensi motor menjadi sasaran tindak kejahatan seperti begal atau dicuri.

Pada motor yang telah dilengkapi fitur keyless, sudah tak menggunakan anak kunci seperti model konvensional. Remote keyless ini berisi modul immobilizer. Sistem ini akan bekerja dengan pusat kontrol sistem di motor berupa Smart Control Unit (SCU) atau Engine Control Module (ECM).

Jadi ketika remote key didekatkan ke motor dalam jarak 2 meter, fungsi immobilizer akan memancarkan gelombang radio dengan frekuensi tertentu.

Selanjutnya transponder pada SCU atau ECM akan mengidentifikasi dan mencocokan sinyal sesuai dengan identitas yang telah didaftarkan sebelumnya. Apabila cocok, maka kenop kontak untuk mengaktifkan kelistrikan motor bisa dihidupkan, yang selanjutnya untuk menstarter motor.

Dengan adanya keyless, pengoperasian motor jadi lebih mudah tak perlu lagi memutar anak kunci. Remote key hanya harus disimpan di saku pakaian atau tas pengendara. Lalu bagaimana bila remote key jatuh atau terjadi perampasan paksa seperti begal?

Soal ini motor masih bisa berjalan, namun tidak akan bisa dihidupkan lagi ketika mesin dimatikan. Setelah pengendara sampai tujuan dan kunci kontak diputar off serta mesin mati, akan muncul bunyi buzzer.

Baca juga: Penyebab Tarikan Gas Motor Terasa Berat Bin Lemot, Problemnya Biasanya Gara-gara Ini

Lampu hazard kemudian akan berkedip selama 20 detik. Dan lebih dari itu, mesin tidak dapat dihidupkan kembali. Remote key pada motor juga umumnya telah dilengkapi sistem alarm, yang dapat diatur tingkat sensitivitasnya ketika menerima respon.

Sebagai upaya antisipasi, pemilik motor bisa menambah kunci ganda. Kemudian melengkapinya dengan GPS sehingga ketika digondol maling masih bisa dilacak keberadaannya.

immobilizer keyless Motor

Rekomendasi Motor Bekas