Penyebab Tarikan Gas Motor Terasa Berat Bin Lemot, Problemnya Biasanya Gara-gara Ini

momotor.id - Tarikan gas motor yang terasa berat membuat pengalaman berkendara menjadi tidak. Lalu, apa yang biasanya menjadi penyebabnya?

Penyebab tarikan gas motor menjadi berat bisa karena beberapa hal. Bisa karena kebiasaan perawatan motor, atau memang ada kerusakan pada komponen tertentu.

Berikut penjelasan selengkapnya apa saja yang membuat tarikan gas motor menjadi berat.

Tak teratur ganti oli

Terlambat melakukan penggantian oli atau tak teratur melakukannya bisa menyebabkan kinerja mesin motor menjadi kasar. Mesin membutuhkan tenaga ekstra ketika bekerja, sehingga membuat tarikan gas menjadi berat.

Seperti diketahui, oli berfungsi menjaga mesin tetap pada suhu ideal sekaligus meminimalisir munculnya gesekan pada komponen kendaraan. Oli yang sudah menurun kualitasnya membuat fungsinya sebagai penjaga suhu mesin dan meminimalisir gesekan menjadi tak optimal.

Itu sebabnya, oli perlu rutin diganti sesuai anjuran pemakaian. Apalagi bila kerap macet-macetan di jalan, intensitas penggantian oli menjadi lebih tinggi dibanding periode normalnya.

Berlebihan menggunakan oli

Oli memang memiliki peran krusial. Namun bukan berarti boleh menggunakannya sebanyak mungkin. Jika menggunakan oli tak sesuai kapasitas kendaraan, malah menyebabkan masalah pada mesin.

Salah satunya bisa membuat tarikan gas mejadi berat. Itu sebabnya, sesuaikan dengan kapasitas mesin kendaraan setiap melakukan penggantian oli.

Rantai atau V-Belt bermasalah

Penyebab lainnya yang membuat tarikan gas menjadi berat adalah kerusakan di komponen rantai atau v-belt. Sebab, tenaga mesin motor diteruskan mulai dari roda belakang dengan dua komponen ini.

Ketika rantai atau v-belt mengalami kerusakan, akan berdampak pada tarikan gas motor. Jika komponen ini mulai menurun kinerjanya, sebaiknya segera lakukan pergantian.

Baca juga: Cara Mengencangkan Rantai Motor Secara Mandiri, Ketahui Juga Penyebabnya yang Bikin Kendor

Kepala silinder kotor

Kepala silinder berfungsi menutup ruang pembakaran dan sebagai lokasi sirkulasi air pendingin. Terkadang komponen ini menyisakan kotoran atau kerak yang berasal dari sisa pembakaran.

Sisa kotoran atau kerak ini yang kemudian membuat tarikan gas motor menjadi berat. Untuk membersihkan kepala silinder, bisa menggunakan amplas atau sekrap.

Gas Motor kepala silinder Oli Mesin Tarikan Motor Berat

Rekomendasi Motor Bekas