Tentang momotor.id

Situs jual atau beli motor nomor 1 di Indonesia, dengan ribuan Pelanggan.

momotor.id merupakan platform marketplace dari Adira Finance yang menampilkan beragam motor bekas dari berbagai brand. Selain menawarkan kemudahan transaksi langsung antara penjual dan pembeli, pengguna juga bisa memanfaatkan opsi pembiayaan dari Adira Finance untuk pembelian motor bekas di momotor.id.

Opsi pembiayaan Adira Finance di momotor.id merupakan salah satu kemudahan yang ditawarkan pada pengguna yang ingin membeli motor bekas di momotor.id. Meski begitu, pembiayaan motor bekas Adira Finance tak hanya terbatas di situs momotor.id saja. Calon konsumen bisa mengajukan pembiayaan di situs marketplace atau e-commerce lain yang sudah bekerja sama dengan Adira Finance.

momotor.id menyediakan fasilitas pembiayaaan atau kredit motor bekas terpercaya dari Adira Finance yang memiliki berbagai keunggulan jika dibandingkan dengan kompetitor lainnya, seperti:

  • Proses kredit cepat/instant.
  • Sertifikasi kendaraan dari Mister Auto (representative certifier dari momotor.id).
  • One time face to face antara pembeli, penjual dan pihak momotor.id.
  • Adanya fasilitas price benchmarking untuk pembeli dan penjual melihat perbandingan harga kendaraan yang ada di listing momotor.id dengan harga di pasaran

Ya, momotor.id merupakan bagian dari transformasi bisnis dan digital Adira Finance.

Motor tersertifikasi adalah pembeli mendapatkan fasilitas pengecekan kondisi fisik kendaraan dari Adira Finance sehingga sebelum pembeli memutuskan kelanjutan proses pembiayaan dan penerimaan fisik kendaraan dari penjual, Pembeli sudah mengetahui secara rinci kondisi dari kendaraannya.

Akun Saya

Bagaimana cara mendaftarkan akun di momotor.id dengan nomor telepon?

Berikut langkah-langkahnya:

  • Pada halaman Home, klik Login di sudut kanan atas
  • Pilih Register
  • Isi data diri seperti email, password, nama sesuai KTP, dan nomor telepon
  • Klik tombol Kirim

Berikut langkah-langkahnya:

  • Pada halaman Home, klik Login di sudut kanan atas
  • Pilih Login menggunakan Google atau Login menggunakan Facebook

  • Email yang Anda gunakan untuk mendaftar sudah pernah didaftarkan di momotor.id
  • Nomor telepon yang Anda gunakan sudah pernah didaftarkan di momotor.id
  • Akun Facebook/Google Anda sudah pernah didaftarkan di momotor.id

Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka browser di smartphone dan ketik URL momotor.id
  • Klik ikon Login di bagian kanan atas halaman Home
  • Masukkan email dan password jika sudah pernah melakukan registrasi. Atau pilih Login menggunakan akun Facebook/Google Anda
  • Klik Register bagi yang belum pernah melakukan registrasi di momotor.id

Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka browser di smartphone dan ketik URL momotor.id
  • Klik ikon Login di bagian kanan atas halaman Home
  • Masukkan email dan password jika sudah pernah melakukan registrasi. Atau pilih Login menggunakan akun Facebook/Google Anda
  • Klik Register bagi yang belum pernah melakukan registrasi di momotor.id

Berikut langkah-langkahnya:

  • Perangkat Anda tidak terhubung dengan internet
  • Jika sudah terhubung dengan internet namun tetap tidak bisa Login, bersihkan cache and cookies dengan memilih opsi clear cache and cookies di browser Anda
  • Jika masih ada kendala terkait Login, hubungi 021-3190 2000

Berikut langkah-langkahnya:

  • Login ke akun Anda
  • Di halaman Home, klik Account
  • Pada halaman Dashboard, scroll ke bawah dan pilih Ubah Password
  • Masukkan password lama
  • Masukkan password baru
  • Konfirmasi password baru
  • Klik Kirim

Berikut langkah-langkahnya:

  • Pada halaman Login, klik opsi Lupa Password yang terletak di bawah tombol Masuk
  • Masukkan email yang sudah pernah Anda daftarkan di momotor.id
  • Ikuti petunjuk yang dikirimkan momotor.id ke email Anda untuk mengatur ulang password

Berikut langkah-langkahnya:

  • Pastikan nomor yang Anda daftarkan untuk menerima kode OTP tetap aktif
  • Pilih Kirim Ulang jika Anda belum menerima kode OTP di nomor ponsel yang telah Anda daftarkan.
  • Ikuti petunjuk yang dikirimkan momotor.id ke email Anda untuk mengatur ulang password

Berikut langkah-langkahnya:

  • Login ke akun Anda
  • Di halaman Home, klik Account
  • Pada halaman Dashboard, klik Profil
  • Ubah informasi yang ingin Anda perbarui
  • Klik Simpan

Saat ini email yang sudah pernah didaftarkan tidak bisa diubah. Silakan membuat akun baru dengan mendaftarkan email baru.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Login ke akun Anda
  • Di halaman Home, klik Account
  • Pada halaman Dashboard, klik Profil
  • Ubah nomor ponsel Anda di bagian Informasi Diri
  • Klik Simpan

sesuai dengan yang ada di website momotor.id

Istilah Kredit

Istilah - istilah yang perlu kamu ketahui jika kamu ingin mengajukan.

Biasanya di simulasi tabel cicilan dan pricelist terdapat harga On The Road yang biasa disebut OTR. Harga OTR ini merupakan harga kendaraan yang sudah layak jalan, dilengkapi surat-surat seperti STNK dan BPKB. Jadi nominal harga OTR tersebut sudah termasuk harga beli plus biaya pengurus pengurusan surat-surat kendaraan, termasuk bea balik nama. Sedangkan harga Off The Road adalah harga beli kendaraannya saja, tidak termasuk dengan dokumen-dokumen yang sebutkan di atas dan belum layak jalan.

DP adalah singkatan dari Down Payment atau uang muka. DP merupakan biaya yang harus dibayar awal sebagai tanda jadi pembelian. Biasanya DP untuk kredit motor umumnya sebesar 25-30% dari harga beli motor. Sedangkan Total Down Payment (TDP), adalah penjumlahan dari DP, biaya provisi (jasa kredit), asuransi, dan angsuran kredit pertama.

Tenor merupakan jangka waktu pinjaman yang ditentukan dalam satuan bulan atau tahun. Tenor kredit yang ditawarkan cukup bervariasi.

ADDM adalah singkatan dari Angsuran Dibayar Di Muka, yang memiliki arti angsuran pertama dibayarkan bersama DP. ADDM membuat TDP lebih tinggi, tapi tenor pinjaman akan berkurang satu kali. Misalnya, jika Anda mengambil tenor pinjaman selama satu tahun, maka cukup membayar angsuran sebanyak 11 kali lagi, jika dua tahun berarti 23 kali lagi, dan seterusnya. Jika dirasa cukup berat, bisa menggunakan pembayaran dengan skema ADDB, yaitu Angsuran Dibayar Di Belakang. TDP-nya sedikit lebih ringan, tapi tenor pinjamannya tetap. Angsuran pertama akan dibayarkan pada bulan berikutnya.

Pembayaran premi asuransi ketika membeli motor bisa dimasukkan ke dalam simulasi kredit. Jenis asuransi pertama yang bisa dipilih adalah Comprehensive/All Risk. Asuransi Comprehensive/All Risk dapat meng-cover semua jenis kerusakan sesuai yang tertera pada polis. Preminya berkisar antara 1,5-3% dari harga OTR motor per tahun. Sedangkan asuransi Total Loss Only (TLO), hanya melindungi kendaraan dari kerusakan di atas 70% atau kehilangan. Premi per tahunnya sekitar 1% dari harga OTR.

Fidusia merupakan perjanjian hutang piutang antara kreditur dan debitur dengan menghadirkan jaminan. Pada perjanjian fidusia, barang yang dijadikan jaminan (dalam hal ini adalah motor), masih dikuasai oleh debitur atau pihak yang mengajukan pinjaman. Namun jika debitur gagal memenuhi kewajiban pembayaran angsuran, pihak kreditur (leasing) memiliki hak untuk mengeksekusi langsung jaminan tersebut. Besaran biaya jaminan fidusia berkisar antara Rp25 ribu hingga Rp100 ribu, tergantung dari harga kendaraan yang Anda beli.

Pembelian

Bagaimana cara mengecek status pesanan saya?

Berikut langkah-langkahnya:

  • Login ke akun Anda
  • Di halaman Home, klik Account
  • Pada halaman Dashboard, akan tampil daftar detail pembelian beserta status order

Berikut langkah-langkahnya:

  • Di halaman Home, klik Mo Beli
  • Pilih Brand, Model, Harga Motor, Warna, dan Provinsi
  • Klik Terapkan

Berikut langkah-langkahnya:

  • Klik motor baru/bekas yang Anda minati
  • Pada bagian sebelah kanan, klik opsi Saya Tertarik untuk mengajukan penawaran harga, atau Ajukan Pembiayaan untuk langsung mengajukan permohonan kredit

Ya, Anda bisa menghubungi penjual melalui nomor yang tertera di bawah harga motor

Penjualan

Bagaimana caranya jika saya ingin membuka toko?

Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka website atau aplikasi momotor.id
  • Klik menu MO JUAL? pada bagian atas
  • Klik Daftar Sekarang (pilih akun personal atau bisnis)
  • Isi data pada form Pendaftaran Seller
  • Tunggu approval via e-mail

Berikut langkah-langkahnya:

  • Register/Login lewat website momotor.id
  • Pilih menu Account
  • Pilih menu Buka Toko
  • Isi data
  • Toko Anda sudah aktif

Dealer:

  • Copy Surat Keterangan Usaha.
  • Copy KTP pemilik usaha.
  • Copy NPWP.
  • Copy Cover Buku Rekening Tabungan.

Penjual pribadi:

  • Copy KTP
  • Copy NPWP.
  • Copy Cover Buku Rekening Tabungan.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Register/Login di website momotor.id
  • Pilih menu “account”
  • Pilih menu “profile”
  • Pilih menu “penjual”
  • Klik ikon tambah motor
  • Isi data motormu
  • Motormu siap untuk diiklankan

Berikut langkah-langkahnya:

  • Register/Login di website momotor.id
  • Pilih menu “account”
  • Pilih menu “profile”
  • Pilih menu “penjual”
  • Pada bagian produk list, pilh menu “non-aktifkan”

Berikut langkah-langkahnya:

  • Register/Login di website momotor.id
  • Pilih menu “account”
  • Pilih menu “profile”
  • Pilih menu “penjual”
  • Pada bagian produk list, pilih menu “edit data” untuk edit data kendaraan
  • Pada bagian produk list, pilih menu “edit gambar” untuk edit gambar kendaraan

Pengajuan Kredit

Bagaimana mengajukan pembiayaan ADIRA FINANCE melalui momotor.id?

Cara mengajukan pembiayaan melalui momotor.id, adalah sebagai berikut :

  • Pembeli mengujungi website momotor.id
  • Pembeli dapat mencari produk yang diinginkan dengan cara:
  • Mengetik merek atau tipe motor pada field/kolom search.
  • Mengklik icon merek motor pada homepage/beranda.
  • Akan muncul halaman tampilan “Katalog momotor.id” yang berisi produk-produk yang dicari berdasarkan merek ataupun tipe motor yang di-input pada halaman sebelumnya.
  • Pilih produk yang Anda inginkan lalu klik "Lihat Selengkapnya" untuk melihat detail produk.
  • Jika ingin membeli produk tersebut maka calon pembeli wajib untuk log in dengan mengklik “Log in untuk Membeli”.
  • Calon pembeli akan diarahkan ke halaman "sign up" apabila merupakan pelanggan baru. Untuk pelanggan yang sudah terdaftar, Anda hanya perlu melakukan log in ke akun Anda.
  • Setelah log in akun, maka calon pembeli dapat mengklik ”Pilih Kendaraan Ini”
  • Halaman “Informasi Pribadi”, calon pembeli mengisi fields/kolom isian data pribadi; Nama, Alamat Lengkap, No Telp, dan No. HP. Lalu klik “Lanjutkan”.
  • Page “Informasi Pembayaran” Simulasi Angsuran, calon pembeli menentukan tenor dan uang muka atau Down Payment (DP) yang diinginkan sehingga akan muncul “Cicilan per Bulan” yang harus dibayarkan.
  • Page “Informasi Pembayaran” mengisi data Kartu Identitas dan Informasi Pekerjaan, Klik “Lanjutkan”.
  • Nomor Aplikasi pembeli akan muncul dan rekap order Anda akan dikirimkan langsung ke e-mail yang terdaftar.

Berikut proses pengajuan pembiayaan:

  • Pembeli akan dihubungi oleh Personal Assistant (PA) Adira Finance di hari Senin s/d Sabtu di jam 08.00 – 17.30 WIB, untuk membantu menghubungkan dengan penjual dan mengatur pertemuan antara pembeli, penjual dan petugas sertifikasi Adira Finance.
  • Mister Auto (representative certifier dari momotor.id) akan melakukan proses sertifikasi kendaraan di hadapan pembeli dan penjual, kemudian akan menginformasikan secara langsung hasil sertifikasi kepada pembeli dan penjual.
  • Pembeli akan memutuskan kelanjutan proses pengajuaan pembiayannya (deal or no deal) berdasarkan hasil sertifikasi kendaraan.
  • Data permohonan pembiayaan pembeli diproses analisa kredit oleh petugas Adira Finance
  • Petugas Personal Assistant menghubungi pembeli untuk menginformasikan hasil analisis kredit.
  • Pembeli mendapatkan informasi nomor virtual account melalui SMS untuk pembayaran DP.
  • Pembeli melakukan pembayaran DP melalui virtual account dan menandatangani dokumen perjanjian pembiayaan.
  • Personal Assistant momotor.id akan menghubungi penjual untuk proses serah terima kendaraan.
  • Penjual mengirimkan dokumen tagihan dan BPKB ke Adira Finance.
  • Adira Finance melakuka pembayaran kepada Penjual.

Berikut dokumen yang harus dipersiapkan:

  • KTP (termasuk KTP pasangan/penjamin)
  • KK
  • Bukti Tempat Tinggal (hanya diminta jika pengecekan GPS Track tidak sesuai)
  • Bukti bekerja/usaha dan penghasilan
  • NPWP
  • Note: terdapat kemungkinan penambahan dokumen apabila terdapat deviasi

Uang Muka atau DP menjadi bagian dari proses pembiayaan di momotor.id. Anda akan diinformasikan untuk melakukan pembayaran DP melalui Virtual Account Bank Danamon setelah proses sertifikasi kendaraan dan proses administrasi lainnya selesai dilakukan.

Ya betul, untuk seluruh produk yang terdapat di momotor.id diasuransikan menggunakan produk Asuransi Adira Insurance yaitu tahun pertama comprehensive dan sisa tahun tenor selanjutnya adalah TLO (Total Lost Only). Selain itu, kami juga menyediakan produk asuransi tambahan Free Warranty Insurance senilai Rp500.000 untuk 6 bulan pertama masa tenor.

DP yang harus dibayar tergantung dari besarnya nilai kendaraan yang dibiayai, Pembeli dapat melakukan pengecekan langsung di website momotor.id pada saat melakukan pengajuan pembiayaan, pembeli juga akan mendapatkan informasi mengenai nilai angsuran per bulan.

Setelah dilakukannya pengajuan order, maka calon pembeli akan dihubungi oleh Personal Assistant dalam kurun waktu 3x24. Namun, jika belum dihubungi, maka calon pembeli dapat menghubungi momotor.id melalui : Call Center (021) 3190 2000 atau melalui layanan live chat di website momotor.id atau melalui fasilitas e-mail di halo@momotor.id

Masa waktu standard proses pengajuan aplikasi kredit di momotor.id, hingga adanya hasil assessment (approved/reject) adalah 1 hari. *setelah pembeli memberikan data yang lengkap (dibutuhkan).

Ketentuan Pribadi

Jenis-jenis informasi pribadi apa saja yang kami butuhkan dari Anda?

Hal umum

MOMOTOR.ID sebagai penjualan www.momotor.id, berkomitmen untuk melindungi privasi Anda sesuai dengan hukum privasi yang berlaku di Indonesia. Kebijakan ini menjelaskan berbagai tipe informasi personal yang kami kumpulkan tentang Anda, tujuan yang kami capai adalah informasi dan keadaan dimana kita dapat berbagi informasi dan langkah-langkah yang kami ambil untuk menjaga dan melindungi informasi privasi Anda.

Apa itu informasi personal?

Informasi personal berarti informasi atau pendapat, apakah itu benar atau tidak dan apakah itu tertulis di atas kertas atau tidak, tentang diri sendiri yang teridentifikasi atau cukup diidentifikasi.

Catatan karyawan

MOMOTOR.ID umumnya dibebaskan dari tindakan privasi ketika itu terkumpul dan terkendali dari catatan karyawan dan kebijakan privasi tidak berlaku untuk informasi tersebut. Dimana daerah tempat tinggal berlaku undang-undang privasi kesehatan, kami membutuhkan untuk menjaga privasi setiap informasi kesehatan karyawan. Kebijakan privasi ini akan berlaku dalam situasi seperti itu.

Hal umum

Jenis-jenis informasi pribadi yang kami butuhkan dari Anda tergantung dari jenis transaksi yang Anda ajukan kepada kami. Sebagai contoh, jika Anda: Mengajukan survei online melalui website kami menggunakan berkas pengajuan penilaian: informasi yang kami kumpulkan meliputi nama lengkap, nomor telepon aktif, alamat email, dan kode pos Mengajukan survei penilaian secara langsung: informasi yang kami butuhkan adalah nama lengkap, alamat tinggal terbaru, kode pos, nomor telepon aktif, alamat email, nomor fax (bila ada), dan foto ID terbaru (foto dari SIM) Melakukan kontrak pembelian dengan kami untuk membeli motor pilihan Anda: informasi yang kami butuhkan sama dengan informasi poin kedua dan berkas identifikasi diri (seperti tempat dan tanggal lahir) yang meliputi dokumen untuk memverifikasi 100 poin identifikasi personal (seperti RTA/foto di kartu ktp, akte kelahiran atau passport). Kami juga akan mengumpulkan informasi pribadi tentang jabatan dan tanggung jawab Anda bila mewakilkan sebuah klien bisnis. Kami juga akan mengumpulkan detail akun bank Anda untuk proses pembayaran Mengatur pembayaran tagihan yang dibayarkan oleh orang lain, kami juga akan mengumpulkan berkas-berkas yang sama seperti di atas untuk orang yang akan melakukan pembayaran Mengirmkan kami pertanyaan atau memberikan masukan, kami akan mengumpulkan informasi dari nama lengkap, kontak yang bisa dihubungi, detail dari pertanyaan atau masukan, dan informasi tentang jawaban kami Mendaftarkan diri Anda untuk bekerja di MOMOTOR.ID, kami akan mengumpulkan informasi yang tertera pada aplikasi pelamar pekerjaan, termasuk berkas surat pengantar/cover letter, resum, detail kontak, dan surat rekomendasi.

Informasi Sensitif

Informasi sensitive merupakan bagian dari informasi personal yang menawarkan perlindungan privasi lebih tinggi, seperti informasi tentang kesehatan. MOMOTOR.ID hanya mengumpulkan informasi yang sensitive di mana berguna untuk kami: Individu telah setuju; atau Kami membutuhkan atau memiliki wenang di bawah hokum (termasuk undang-undang privasi yang berlaku) untuk melakukannya. Sebagai contoh, kami dapat mengumpulkan informasi personal Anda sebagai direktur atau pimpinan atau sebuah perusahaan atau sebuah bisnis.

Mengumpulkan informasi selain informasi pribadi melalui website kami

Setelah Anda mengunjungi website momotor.id, beberapa informasi yang dikumpulkan bukan merupakan informasi pribadi, karena Anda tidak memberikan informasi pribadi.

  • Cookies adalah sebuah file teks kecil yang dapat ditempatkan pada Web browser Anda ketika Anda mengunjungi website kami atau ketika Anda melihat iklan kami yang telah ditempatkan pada situs-situs lain. Cookie yang memungkinkan browser Anda untuk mengingat beberapa informasi tertentu yang server Web kemudian dapat mengambil dan menggunakan. Kami tidak menggunakan cookies untuk menyimpan informasi pribadi apapun yang bisa dibaca atau dimengerti oleh orang lain. Cookie yang digunakan oleh MOMOTOR.ID tidak mengidentifikasi pengguna perorangan, meskipun mereka mengidentifikasi browser internet pengguna. Cookies digunakan untuk tujuan administratif dan statistik untuk mengembangkan kenyamanan Anda di website kami. Website momotor.id menggunakan kedua session dan persitent cookies, sehingga kami akan menjadikan Anda sebagai seorang registrator dengan halaman anggota dan memberi pernyataan pada Anda "saat Anda masuk ke website kami, pastikan Anda akan setuju dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Kami juga menggunakan Cookies untuk melakukan penelitian dan analisis statistik untuk meningkatkan performa website dan produk serta servis kami. Hal ini dilakukan secara anonim dan kami tidak menganalisis kebiasaan perorangan. Kebanyakan internet browsers telah diatur untuk menerima Cookies. Jika Anda lebih suka tidak menerima mereka, Anda bisa mengatur internet browsers Anda untuk menolak cookies, atau memberitahu Anda ketika mereka sedang menggunakan. Namun hal itu akan berarti bahwa Anda telah mengaktifkan untuk mengambil keuntungan penuh dari fitur website.
  • Momotor.id menggunakan iklan program yang meletakkan cookies di komputer Anda untuk mengumpulkan infromasi tentang riwatay browsing Anda (termasuk pada website eksternal). Informasi ini, yang tidak akan mengidentifikasi Anda secara personal, dikumpulkan untuk mengembangkan kenyamanan belanja online Anda dengan mengubah iklan sesuai dengan yang Anda inginkan (termasuk display yang relevan dengan website eksternal). Anda dapat mengeluarkan program-program ini kapanpun dengan membuat kontrak langsung dengan para penyedia tersebut. Informasi ini tidak akan dikombinasikan dengan informasi pribadi Anda dan akan tetap aman. Informasi yang kami kumpulkan termasuk area Anda ketika mengunjungi website kami dan kami akan menggunakan alamat ini untuk menargetkan iklan yang sesuai dengan kesenangan Anda. Kami mengulas kebiasaan konsumen untuk perseorangan atau grup, dan menggunakan marketing mesin pencari di website yang lain. Jika ada iklan yang muncul tidak dari komputer melainkan dari banner browser.
  • Informasi kunjungan website. Contohnya, penyedia hostingan website akan merekam dan memberikan alamat IP Anda pada kami, nama domain Anda (sebagi contoh, .com, .gov, .au, .nz etc), tanggal dan jam Anda berkunjung, halaman yang Anda kunjungi, dokumen yang Anda unduh, website yang Anda kunjungi sebelumnya, dan sistem operasi yang digunakan pada browser Anda. Informasi ini akan digunakan oleh momotor.id sebagai anonymous, terhubung ke formulir, untuk analisis statistik dan untuk tujuan momotor.id mengembangkan fungsi dan penggunaan website. Anda secara individu tidak akan teridentifikasi, walaupun momotor.id mempunyai hak untuk menggunakan informasi Anda ketika ada aktivitas pelanggaran hukum dalam website momotor.id yang telah sesuai dengan hukum yang berlaku.
  • Pengaturan Pembagian Data. Data dikumpulkan, diproses, dan disimpang menggunakan perangkat analitik web pihak ketika yang aman dan rahasia. Data analisis digunakan untuk memahami perilaku pengguna, menjalankan operasi sistim kritikal, dan keadaan-keadaan mendesak untuk alasan hukum. Data pengguna anonym disebarkan diantara jasa pihak ketiga untuk memahami dan mengagregasi perilaku pengguna. Fitur analisis dijalankan berdasarkan Display Advertising (Remarketing, Display Network Impression, dan Demographics dan Interest Reporting). Dengan menggunakan pengaturan iklan, para pengunjung bisa memilih untuk tidak menggunakan Google Analytics untuk Display Advertising dan mengubah jaringan tampilan dari iklan yang terpampang. Kesempatan untuk tidak memakai Google Analytics tersedia di sini. Kami memanfaatkan pemasaran ulang untuk pengiklanan online. Vendor pihak ketiga, termasuk namun tidak terbatas pada Google, bisa memerlihatkan iklan-iklan kami di berbagai situs di internet. Kami dengan vendor pihak ketiga, termasuk namun tidak terbatas pada Google, menggunakan cookies pihak pertama dan pihak ketiga secara bersamaan untuk menginformasikan, mengoptimasi, dan menyajikan iklan berdasarkan kunjungan yang lampau pada sebuah website. Kami dengan vendor pihak ketiga, termasuk namun tidak terbatas pada Google, menggunakan cookies pihak pertama dan pihak ketiga secara bersamaan untuk melaporkan total iklan ditayangkan, penggunaan jasa iklan lainnya, dan interaksi antara total iklan ditayangkan dengan jasa perikalanan yang berhubungan dengan pengunjung website kami. Kami menggunakan data demografis (seperti umur, jenis kelamin, dan minat) yang didapatkan melalui perangkat pihak ketiga untuk (namun tidak terbatas pada): memengaruhi pengeluaran pemasaran dan mengomunikasikan perilaku agregat secara internal dan eksternal. Kami tidak akan memfasilitasi penyatuan informasi personal dengan informasi non-personal tanpa persetujuan pengguna terhadap penyatuan tersebut untuk mengoptiasi website kami dan website pemasaran; contohnya kami dapat menyusun informasi personal dan mengagregasi data untuk membandingkan biaya pemasaran dengan pendapatan pada basis transaksional. Informasi personal dikumpulkan, diproses, dan disimpan oleh MOMOTOR.ID yang kami sajikan secara eksplisit dengan mencatat secara manual atau dengan membagikan informasi personal melalui Facebook Connect atau koneksi OpenId
  • Menghubungkan demografis dan laporan tambahan. Demografis termasuk dan tidak terbatas umur dan jenis kelamin dan data dibuat tersedia untuk kami oleh pihak ketiga (eg.Google and Facebook) sehingga kami bisa lebih paham dengan para pengunjung.
  • Metode Pengumpulan Informasi

    Kami mengumpulkan informasi dalam beberapa cara, termasuk : Secara personal sebagai contoh, ketika Anda menghadiri tempat kami untuk memperoleh survey onsite atau untuk menjual motor melalui website momotor.id (sebagai contoh, jika Anda menyerahkan permintaan online survey), melalui telepon dari koresponded tertulis (seperti surat, fax, dan email), formulir cetak (sebagai contoh, formulir kompetoso dan survey), dari pihak ketiga Kami menggunakan berbagai penyedia database untuk ragam tujuan, seperti software kevalidan alamat untuk informasi pribadi yang kami perbaiki dan akan memverifikasi informasi pribadi Anda terhadap sumber-sumber momotor.id yang tidak akan bisa mengakses data Anda.

    Tujuan utama yang kami kumpulkan, tahan, menggunakan dan mengungkapkan informasi pribadi ditetapkan di bawah ini: Mengidentifikasi siapa yang menjual motor kepada kita Mengidentifikasi siapa yang mengajukan dan menerima evaluasi dari kita Mengkonfirmasi apakah ada masalah keamanan yang tercatat yang berkaitan dengan motor Menyerahkan dana ke penjual dan (jika ada) pemodal mempromosikan momotor.id dan produk tersebut dan layanan, termasuk melalui pemasaran langsung, acara dan kompetisi. melindungi keamanan kantor kami, staf, pelanggan dan properti tempat diadakannya acara kami. menjawab pertanyaan dan menyelesaikan keluhan merekrut staff dan kontraktor general account management, perencanaan and administrasi kita juga mengumpulkan, menahan, menggunakan dan mengungkapkan informasi pribadi untuk menjelaskan tujuan lain pada saat pengumpulan atau yang : diperlukan atau diizinkan oleh atau dibawah hukum (termasuk, tanpa batasan, undang-undah privasi) dan yang dimana anda telah memberikan persetujuan anda.

    Pemasaran Secara Langsung

    dimana kita memiliki surat atau persetujuan yang menyiratkan atau dimana kita diizinkan oleh hukum, kita dapat: mengirimkan Anda informasi tentang produk dan layanan, termasuk promosi penjualan, penawaran khusus dan acara. mengungkapkan informasi pribadi Anda untuk penyedia keuangan pihak ketiga, asuransi, garansi dan produk yang berhubungan dan layanan yang kami pikir dapat membuat anda tertarik (dimana kita telah menandatangani perjanjian dengan pihak ketiga yang memungkinkan mereka ke tempat Anda). Anda mungkin akan dihubungi dengan informasi ini dalam berbagai cara, termasuk melalui surat, email, SMS, faksimili, telepon atau sarana elektronik lainnya.

  • Opting out. Memilih untuk keluar Dimana anda telah setuju untuk menerima komunikasi pemasaran dari kami, persetujuan yang akan tetap berjalan sampai anda memberitahu kamu sebaliknya. Namun, anda dapat memilih keluar setiap saat: menghubungi petugas memberi tahu kami jika anda menerima panggilan pemasaran yang anda tidak ingin lagi menerima panggilan tersebut. menggunakan fasilitas berhenti berlangganan yang kami sediakan dalam pesan elektronik komersial (seperti email dan sms) untuk memilih keluar dari penerimaan pesan tersebut. memilih keluar untuk menerima informasi marketing dari penyedia pihak ketiga, silahkan melakukan kontak langsung dengan penyedia.
  • Kami dapat membagikan informasi pribadi Anda dengan pihak-pihak ketiga: Jika Anda menjual sebuah barang kepada kami, kami akan memberitahukan informasi pribadi Anda kepada pihak yang membeli barang kepada kami-contohnya buku-buku servis dapat memuat informasi prbadi Anda. Informasi pribadi penjual akan diberitahukan kepada pihak ketiga untuk diasosiasikan dengan proses penyelesaian transaksi (seperti institusi finansial untuk proses pembayaran) Pihak otoritas negara atau pemerintah (contohnya badan asuransi atau badan keuangan negara) Pihak ketiga yang informasinya diberikan oleh pelamar pekerjaan Penyedia jasa kontrak MOMOTOR.ID, termasuk: Penyedia jasa transport dan pengirimian Pihak Asuransi Penyedia informasi teknologi dan penyimpanan data Penyelenggara fungsi dan acara Ahensi pemasaran dan komunikasi Penyedia penelitian dan analisis statistik call center Pengirim surat Konsultan bisnis eksternal (seperti konsultan perekrutan, auditor, dan pengacara) Kami dapat memberitahukan informasi personal kepada penyedia jasa atau sebaliknya yang didapatkan dari Anda untuk memberikan informasi yang relevan terhadap sebuah produk atau jasa. Perusahaan-perusahaan tak berafiliasi yang membantu MOMOTOR.ID dalam memberikan jasa kepada Anda diperlukan untuk menjaga kerahasiaan informasi Anda dan memastikan bahwa informasi pribadi Anda hanya dipakai untuk kepentingan penjualan dan jika diperbolehkan oleh pihak MOMOTOR.ID

    MOMOTOR.ID tidak akan mengungkapkan informasi personal kepada pihak ketiga yang bertempat di luar pulau/negara. Apabila ada perubahan di masa yang akan datang MOMOTOR.ID akan memenuhi segala persyaratan Privacy Act tentang penyikapan informasi personal yang berlaku di lintas area/batas/region/negara dan kebijakan privasi akan disesuaikan.

    Umum

    momotor.id akan membatasi akses informasi anda kepada karyawan momotor.id atau agen dan penyedia layanan kami yang diadakan untuk standar privasi yang ketat. Kami juga menjaga pengamanan fisik, elektronik, dan prosedural untuk melindungi informasi terhadap kerugian, penyalahgunaan, kerusakan atau memodifikasi dan akses yang tidak sah atau pengungkapan. Beberapa fitur kami yaitu program keamanan informasi meliputi: grup keamanan informasi berdedikasi dalam departmen IT yang mendesain, menerapkan dan memberikan pengawasan untuk program keamanan informasi kami. penggunaan teknologi khusus seperti firewall dan cloudflare untuk penolakan layanan. pengujian kemanan dan keandalan produk dan jasa sebelum mereka diperkenalkan ke internet, serta pemindaian yang sedan berlangsung untuk mengetahui kelemahan dalam teknologi. ulasan internal dan eksternal dari situs dan layanan internet kami memantau sistem infrastruktur kamu untuk mendeteksi kelemahan dan instruksi potensial menerapkan kontrol untuk mengidentifikasi, otentifikasi dan otoritas akses ke berbagai sistem dan situs. menjaga informasi selama siaran melalui berbagai cara kebutuhan spesifik untuk membuat cadangan database dan penyimpanan menyediakan personil momotor.id dengan pelatuhan yang relevan dan terus menerus memperbarui praktek kemanan kami mengingat resiko baru dan perkembangan teknologi. kami menyimpan informasi pribadi dalam sejumlah cara, termasuk dalam dokumen hard copy, database, daftar kontak email, dan file-file kertas dengan cara yang aman. File-file kertasi juga dapat diarsipkan dalam kotak dan disimpan ditempat fasilitas yang aman. Kami mengambil langkah-langkah yang wajar untuk:

    memastikan bahwa informasi pribadi yang kami kumpulkan, gunakan dan ungkapkan adalah akurat, tepat waktu dan lengkap dan ( dalam kasus penggunaan dan pengungkapan) yang relevan.

    melindungi informasi pribadi yang kami pegang dari penyalahgunaan, gangguan, dan kerugian dan dari akses yang tidak sah, modifikasi atau pengungkapan. menghancurkan atau menghapus informasi pribadi yang tidak diperlukan secara permanen untuk tujuan apapun yang diizinkan oleh APP. Anda dapat membantu kami dengan menjaga informasi terbaru dengan memberitahu kami tentang perubahan rincian anda, seperti alamat, alamat email atau nomor telepon.

    Jika Anda ingin mengakses atau memperbaiki informasi pribadi yang kami miliki tentang Anda, silakan hubungi Privacy Officer kami. Kami akan meminta Anda untuk memverifikasi identitas Anda sebelum memproses setiap akses atau koreksi permintaan, untuk memastikan bahwa informasi pribadi yang kami pegang benar-benar dilindungi.

    Kami akan berusaha untuk mengindahkan berkas komplain privasi dalam 7 hari kerja semenjak hari komplain diterima. Di banyak kasus respon untuk sebuah komplain akan disediakan dalam 30 hari semenjak berkas komplain privasi diterima. Kami akan memberitahu kepada Anda bila terjadi keterlambatan dalam penanganan komplain. Kami akan menemani Anda sepanjang penyelesaian sengketa, memastikan tersedianya kesempatan bagi Anda untuk berkomunikasi dengan kami dan bernegosiasi dan kami akan berusaha untuk menyelesaikan komplain Anda dengan adil dan baik.

    Jika Anda mempunyai pertanyaan tentang MOMOTOR.ID silakan kontak Privacy Officer kami ke detail kontak yang ada di bawah ini:
    Email: legal@momotor.id

    Kebijakan ini sewaktu-waktu mungkin akan berubah dalam praktek kami mengenai pengumpulan dan penggunaan informasi pribadi. Kebijakan yang direvisi akan segera efektif setelah diposting ke website kami.

    Tata Cara Pembayaran

    Bagaimana caranya jika saya ingin melakukan pembayaran cicilan?

    Berikut langkah-langkahnya:

    • Pihak Adira Finance akan langsung membuatkan rekening Danamon pada saat pengajuan pembiayaan disetujui/direalisasikan untuk digunakan sebagai autodebet pembayaran angsuran nasabah
    • Adira Finance akan mengirimkan nomor rekening Danamon tersebut kepada nasabah melalui SMS
    • Pastikan ketersediaan saldo di rekening cukup untuk dilakukan autodebet pembayaran angsuran setiap bulannya sesuai tanggal jatuh tempo

    Berikut langkah-langkahnya:

    • Masukkan kartu ATM Anda
    • Pilih bahasa yang Anda inginkan
    • Masukkan PIN Anda
    • Pilih “PEMBAYARAN”
    • Pilih “ANGSURAN”
    • Pilih “ADIRA FINANCE”
    • Masukkan 12 digit nomor Perjanjian Kredit Anda
    • Pilih “Benar” jika nomor Perjanjian Kredit yang dimasukkan telah sesuai
    • Pilih sumber rekening Anda: “TABUNGAN”
    • Periksa kembali data Anda, jika benar, pilih “YA”

    Berikut langkah-langkahnya:

    • Nasabah menyebutkan nomor Perjanjian Kredit atau menunjukkan kartu Adira Finance Club kepada kasir/teller Kantor Pos/Alfamart/Indomart
    • Pastikan kebenaran datanya saat kasir/teller Kantor Pos/Alfamart/Indomart melakukan verifikasi data nasabah
    • Kwitansi pembayaran angsuran dari Kantor Pos/Alfamart/Indomart merupakan bukti pembayaran yang sah
    • Pembayaran melalui Kantor Pos/Alfamart/Indomart tidak dapat dilakukan jika nasabah terlambat melakukan pembayaran angsuran lebih dari 30 hari

    Cara melakukan pembayaran angsuran kredit di kantor cabang Adira Finance yakni cukup menyebutkan nomor kontrak nasabah yang terdiri dari 12 digit/angka kepada teller/kasir kantor cabang terkait.

    Tanya Jawab Tukar Tambah

    Temukan semua jawaban dari pertanyaan seputar Tukar Tambah momotor.id

    1. Apakah yang dimaksud dengan Program Tukar Tambah?

    Program Tukar Tambah adalah program tukar tambah kendaraan motor melalui website www.momotor.id yang diberikan kepada Konsumen dengan fasilitas pembiayaan motor barunya menggunakan pembiayaan Adira Finance.

    Proses Tukar Tambah ini menggunakan mekanisme lelang oleh pihak ketiga untuk proses penjualan kendaraan lama Konsumen.

    2. Kapankah periode program Tukar Tambah ini?

    Periode program mulai 11 Mei 2020.

    3. Jenis Kendaraan apa saja yang bisa mengikuti Program Tukar Tambah ini?

    Semua jenis kendaraan roda dua, dengan ketentuan disesuaikan dengan daftar unit kendaraan yang ada pada momotor.id.

    Ketentuan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

    4. Cicilan kendaraan yang saya ingin Tukar Tambah belum lunas, apakah bisa diproses?

    Tidak bisa, untuk saat ini kendaraan yang akan ditukar tidak dalam proses sedang diagunkan/dijaminkan.

    5. Bagaimana cara nya saya mengikuti program Tukar Tambah ini?

    Cara mengikuti program Tukar Tambah adalah sbb :

    1. Konsumen wajib mempunyai akun pada momotor.id, klik tombol “Daftar” atau pada saat pengajuan unit kendaraan Konsumen akan di arahkan terlebih dahulu untuk melakukan pendaftaran akun di momotor.id.
    2. Setelah itu, Konsumen memilih kendaraan unit baru yang diinginkan, klik “Tukar Tambah”.
    3. Isi data konsumen pada kolom yang disediakan, seperti :
      • NIK
      • Nama Lengkap
      • Tempat Lahir
      • Tanggal Lahir
      • Jenis Kelamin
      • Dan seterusnya sampai dengan proses upload :
        • Foto E-KTP
        • Foto Kartu Keluarga
        • Bukti Penghasilan (bisa berupa slip gaji, mutasi rekening koran, dsb)
        • Bukti Tempat Tinggal (bisa berupa bukti pembayaran listrik, surat keterangan domisili, dsb).
    4. Setelah penginputan data Konsumen selesai, selanjutnya Konsumen akan diarahkan untuk mengisi data kendaraan lamanya, seperti :
      • Merek
      • Tipe
      • Tahun Produksi
      • Jarak Tempuh (KM)
      • Lokasi Unit (Kota)
      • Nama Pemilik Motor
      • Nomor Polisi
      • Kapasitas Mesin (CC)
      • Warna
      • Bahan Bakar
      • Nomor Rangka
      • Nomor Mesin
      • Nomor Rekening
      • Nama Pemilik Rekening
      • Nama Bank
    5. Setelah data lengkap, klik “Lanjut”.

    6. Apa saja dokumen persyaratan untuk mengikuti program Tukar Tambah ini?

    Dokumen persyaratan untuk mengikuti program Tukar Tambah adalah sbb :

    1. BPKB Asli
    2. STNK Asli, dan
    3. Surat Pernyataan Lelang (dapat di download pada website momotor.id).

    Konsumen menyiapkan dan membawa dokumen-dokumen tersebut untuk melakukan pengecekan unit kendaraan di bengkel-bengkel yang ditunjuk momotor.id.

    Pihak bengkel akan memberikan surat tanda terima penerimaan unit dan dokumen kepada Konsumen.

    7. Kendaraan yang saya ingin Tukar Tambah belum diservis atau dalam kondisi tidak optimal, apakah bisa diproses?

    Bisa.

    Untuk proses pengecekan kondisi kendaraan baik fisik maupun administrasi akan dilakukan oleh bengkel-bengkel yang ditunjuk oleh momotor.id, dimana bengkel tersebut berhak menentukan kelayakan unit kendaraan dan harga dasar Tukar Tambah.

    8. Apakah saya dikenakan biaya dalam proses Tukar Tambah?

    Ya, Konsumen akan dikenakan biaya administrasi yang ditentukan lebih lanjut, untuk menjamin proses Tukar Tambah berjalan dengan baik.

    Jika terjadi pembatalan transaksi yang sedang berjalan maka Konsumen akan dikenakan biaya pembatalan.

    9. Apakah kendaraan yang saya akan Tukar Tambah bisa saya bawa pulang selama proses berlangsung?

    Tidak bisa.

    Kendaraan yang sudah dalam proses pengecekan unit secara fisik dan adminisstratif, akan dititipkan pada bengkel yang ditunjuk.

    Konsumen akan mendapatkan dokumen serah terima unit dari bengkel pelaksana inspeksi.

    10. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk proses Tukar Tambah ini secara keseluruhan?

    Waktu untuk proses Tukar Tambah kurang lebih 7 hari setelah dokumen lengkap (dokumen kendaraan dan dokumen pengajuan pembiayaan) dan kondisi kendaraan telah selesai dilakukan pengecekan oleh pihak bengkel.

    11. Apakah uang hasil penjualan motor lama bisa saya ambil?

    Bisa.

    Uang hasil penjualan unit motor sebagian akan dialokasikan untuk uang muka motor baru, jika terdapat sisa uang, maka sisa uang tersebut akan di transfer ke rekening Konsumen

    12. Bagaimana jika hasil penjualan motor lama saya kurang dari uang muka yang diajukan?

    Konsumen dapat melakukan transfer kekurangan uang muka tersebut langsung ke rekening Dealer motor baru yang telah dipilih sebelumnya.

    Informasi kekurangan uang muka dan nomor rekening Dealer akan diinformasikan melalui email dari momotor.id dan notifikasi yang akan masuk/muncul di dashboard akun momotor.id Konsumen

    Pastikan nomor rekening yang melakukan transfer adalah nomor rekening atas nama Konsumen sendiri, sesuai dengan yang diinput pada website momotor.id pada saat pengisian data Konsumen.

    13. Bagaimana Jika saya tidak menyetujui harga yang direkomendasikan?

    Konsumen dapat menolak harga yang direkomendasikan oleh teknisi penilai, dan dapat memasukkan harga yang diinginkan sebagai harga dasar.

    14. Siapa yang menyelenggarakan proses lelang dalam program Tukar Tambah ini?

    Proses lelang ini bekerjasama dengan pihak ketiga yaitu PT. Digital Sarana Legoas, sebagai pemegang lisensi lelang.

    15. Saya belum menerima transfer uang dari hasil lelang nya, kemana saya harus tanya hal ini?

    Konsumen dapat menghubungi :

    1. Call Center momotor.id 021-31902000
    2. Chat Personal Assistant pada website momotor.id

    1. Apakah saya bisa mendapatkan promo khusus dalam program Tukar Tambah ini?

    momotor.id menyediakan program-program khusus baik bersakala nasional ataupun dalam periode dan area tertentu. Silahkan melakukan pengecekan pada website momotor.id untuk keterangan lebih lanjut.

    Tanya Jawab Motor Baru

    Temukan semua jawaban dari pertanyaan seputar Motor Baru di momotor.id

    Merupakan salah satu channel digital Adira Finance dalam memberikan fasilitas pembiayaan kendaraan Motor Baru / Bekas dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Melalui website momotor.id calon pembeli dapat melihat estimasi perhitungan nilai pembiayaan dan nilai angsuran kredit yang harus dibayarkan.

    Merk dan Type Motor tersedia pada momotor.id adalah sbb :

    • Yamaha
    • Kawasaki
    • Suzuki, dan
    • Piaggio

    Konsumen akan mendapatkan promo cashback saldo Gopay sebesar 1 Juta Rupiah.

    Periode program mulai bulan 1 Juni s/d 31 Desember 2020.

    Dokumen persyaratan mengajuan pembiayaan Adira Finance melalui momotor.id, adalah sbb :

    • KTP Pemohon
    • Kartu Keluarga (KK)
    • Bukti Kepemilikan Rumah (BKR) seperti : struk pembayaran listrik/telepon/PAM
    • Bukti Penghasilan seperti : slip gaji/mutasi rekening/surat keterangan gaji

    Cashback saldo Gopay akan diterima Konsumen maksimal 30 hari kerja setelah pengajuan pembiayaan Konsumen di realisasikan.

    Iya betul, Konsumen harus membuat akun pada momotor.id terlebih dahulu jika ingin mengajukan pembiayaan.

    Cara Login pada desktop atau mobile Website momotor.id :

    • Setelah masuk pada Website momotor.id, klik menu “Login”
    • Isi kolom email dengan email yang telah Anda daftarkan sebelumnya (pada saat pendaftaran)
    • Isi kolom password yang telah Anda daftarkan pada saat pendaftaran klik "Masuk”
    • Jika Konsumen belum melakukan pendaftaran maka klik “Daftar disini” masukan alamat email, nomor ponsel dan kata sandi pada menu Login tersebut, centang "Saya bukan robot" lalu klik "Daftar".

    Cara mengajukan pembiayaan melalui website momotor.id, adalah sebagai berikut :

    • Pembeli dapat mencari produk (motor baru) di website momotor.id dengan cara:
      • Setelah masuk pada halaman website momotor.id
      • Pembeli dapat mencari motor baru yang diinginkan dengan klik banner "Motor Baru" yang ada pada website momotor.id
      • Selanjutnya akan muncul produk-produk motor baru.
      • Kemudian klik icon (gambar) merek motor yang ingin dipilih.
    • Jika calon pembeli tertarik membeli kendaraan tersebut, klik ”Ajukan Pembiayaan”
    • Selanjutnya akan muncul pop-up berisi "Alamat dan Varian Motor yang dipilih" , calon pembeli mengisi fields / kolom yang tersedia, lalu klik "Lanjut"
    • Setelah itu akan muncul Dealer sesuai dengan lokasi yang dipilih oleh Konsumen dan Konsumen bisa memilih Dealer terdekat kemudian klik "Lanjut"
    • Selanjutnya Konsumen diarahkan untuk login.

    Untuk melihat simulasi angsuran pembeli tidak perlu log in terlebih dahulu, pembeli dapat langsung melihat simulasi dengan cara sbb :

    Jika melalui desktop atau mobile website www.momotor.id :

    • Setelah masuk pada website Momotor.id klik “Motor Baru”, kemudian pilih unit yang di inginkan.
    • Klik "Lihat Detail" , maka angsuran akan langsung muncul pada halaman.

    Ya betul, untuk seluruh produk yang terdapat di Momotor.id diasuransikan menggunakan produk Asuransi Adira Insurance dengan tipe asuransi adalah TLO (Total Lost Only).

    Uang Muka / DP menjadi bagian dari proses pembiayaan di Momotor.id. Anda akan diinformasikan untuk melakukan penginputan pembayaran DP ke rekening Dealer yang telah disediakan / melakukan pembayaran secara cash datang langsung ke Dealer.

    DP yang harus dibayar tergantung dari besarnya nilai kendaraan yang dibiayai, Pembeli dapat melakukan pengecekan DP yang diinginkan langsung di web momotor.id pada saat melakukan pengajuan pembiayaan sekaligus juga informasi mengenai nilai angsuran per bulan.

    Pelanggan dapat menghubungi kontak person momotor.id melalui layanan :

    • LiveChat – Mona : Dapat langsung berinteraksi pada halaman website momotor.id
    • Call Center Momotor.id : 021 - 3190 2000
    • Email : halo@momotor.id

    Butuh Bantuan Lainnya? Hubungi Customer Care Kami!

    Tanya Mona

    Masih bingung gimana caranya ngajuin cicilan di momotor.id? Hubungi Mona, Personal Assistan.

    (021) 3190 2000

    Kami akan siap selalu melayani anda dalam waktu 24 jam. Hubungi nomor kami

    halo@momotor.id

    Kirim keluhanmu melalui email dengan alamat email ini, kami akan membalas email anda