Yamaha Vino Punya Tampang Retro dan Imut, Tapi Baru Mengaspal di Jepang

momotor.id - Yamaha belum lama ini memperkenalkan Vino model 2022 yang memiliki desain imut dan retro untuk pasar Jepang. Seperti apa spesifikasi skutik yang dibanderol Rp25 jutaan tersebut?

Yamaha Vino 2022 memiliki dimensi cukup mungil dengan panjang 1.650 mm, lebar 670 mm, dan tinggi 1.015 mm. Meski mungil, bagasi di bawah jok skutik Vino 2022 cukup besar dengan volume tampung 20 liter.

Fitur lain yang ada di motor ini meliputi parking brake lock, sistem kunci SKS (Secure Key Shutter), Idling Stop System (ISS), Combi Brake System (CBS), dan panel instrumen kombinasi analog dan digital yang disertai penunjuk jam.

Khusus untuk fitur ISS dan CBS di Yamaha Vino 2022, ternyata dipasok oleh pabrikan Honda. Kedua fitur itu memang milik Honda, sebab kalau di Yamaha, fitur ISS namanya SSS (Start Stop System). Sementara untuk CBS, Yamaha diketahui tidak memiliki fitur ini.

Bicara fitur, skutik ini dibekali kompartemen penyimpanan terbuka dan tertutup di bagian depan, lalu ada cantelan yang bisa dilipat. Di salah satu bagian kompartemen juga disematkan soket charger 12V untuk mengisi ulang daya gawai pengendara.

Geser ke bagian mesin, Yamaha Vino 2022 dibekali jantung pacu yang cukup minimalis, yakni hanya sekitar 49 cc atau kalau dibulatkan jadi 50 cc. Mesin tersebut punya konfigurasi 4 tak, SOHC, 2 katup, satu silinder dengan bore x stroke 39,5 mm x 40,2 mm.

Dengan mesin sekecil itu, tak ayal tenaga dan torsinya pun kecil. Motor ini memiliki tenaga 3,3 kW pada 8.000 rpm dan torsi 41 Nm di 6.000 rpm. Adapun rasio kompresi mesin ini adalah 12.0:1.

Baca juga: Suzuki Saluto Mengaspal di Taiwan dengan Banderol Rp40 Jutaan, Gimana Spesifikasinya?

Dengan mesin yang kecil, dimensi yang mungil, dan bobot yang tergolong ringan (81 kg), Yamaha Vino 2022 mampu menghasilkan konsumsi bahan bakar rata-rata yang sangat efisien. Yamaha mengklaim motor ini sanggup berjalan 80 km untuk setiap 1 liter bensin yang dihabiskan, dengan kecepatan rata-rata 30 km/jam dan pengendara dalam posisi tidak membawa penumpang.

Adapun Vino 2022 ditawarkan dalam beberapa pilihan warna, mulai bonnie blue, matt armored green metallic, fighting red, graphite black, mahogany brown metallic, hingga virgin beige. Soal harga, Vino 2022 dibanderol 203.500 yen atau setara Rp25,4 juta.

Berita Otomotif Motor Yamaha Skutik Retro yamaha Yamaha Vino

Rekomendasi Motor Bekas