Ada Fazzio dan Grand Filano, Yamaha Buka Suara Soal Nasib Fino 125 yang Gak Masuk Kategori Classy

momotor.id - Yamaha kini memiliki dua skuter model klasik terbaru yakni Fazzio dan Grand Filano. Lalu, bagaimana nasib Yamaha Fino 125 yang juga mengusung model serupa?

Yamaha Fino sendiri pertama kali diperkenalkan untuk pasar Indonesia pada Januari 2012. Hingga saat ini, sudah ada tiga generasi Yamaha Fino yang mengaspal di Indonesia.

Pada generasi awalnya, Yamaha Fino belum mengusung mesin 125 cc melainkan 113 cc. Namanya saat itu juga masih mendompleng kepopuleran Yamaha Mio dan diberi nama Mio Fino. Sirkulasi bahan bakarnya juga masih menggunakan karburator.

Pada generasi kedua yang rilis tahun 2014, Yamaha Fino sudah menggunakan teknologi injeksi dan tak lagi menggunakan karburator. Tangki bensinnya juga dibuat lebih besar menjadi 4,8 persen.

Baru pada generasi ketiga yang mengaspal sejak 2016, Yamaha Fino sudah mengusung mesin 125 cc. Selain itu, skutik ini juga sudah disematkan teknologi Blue Core dan fitur eco indicator.

Nah, pada Januari 2022 lalu, Yamaha mulai menghadirkan segmen baru yang diberi nama Classy. Dan model pertama pada segmen tersebut adalah Yamaha Fazzio. Dan setahun setelahnya, tepatnya pada Januari 2023, Yamaha menghadirkan model kedua di segmen Classy yakni Grand Filano.

Sedangkan Yamaha Fino tak dimasukkan dalam segmen tersebut. Lalu, bagaimana nasib Yamaha Fino setelah kehadiran Fazzio dan Grand Filano?

Marketing Public Relation Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Antonius Widiantoro menyatakan Fino 125 masih tetap dijual secara normal. Dalam arti tidak ada batasan kuota atau sekadar menghabiskan stok yang ada.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Skotlet Pada Motor: Bisa Lindungi Cat Body, Tapi…

"Yamaha Fino masih dijual. Kita jual sesuai permintaan. Bahkan Fino ini jualannya naik lagi," kata Anton. Menurut Anton, Fino memang sengaja tidak dimasukkan ke kategori Classy. Fino tetap berada di segmen skutik 125 cc Yamaha bersama beberapa model lainnya seperti Gear, FreeGo, X-Ride, maupun Mio.

"Fino ini sebenarnya kami kategorikan di 125 cc, di mana ada Mio, FreeGo. Jadi kita memang nggak memasukkan ke kategori Classy," kata Anton lagi. "Tapi kalau konsumen mau beli Fino masih ada unitnya dan masih banyak," jelasnya.

Dari sisi harga, banderol Fino lebih terjangkau dari Fazzio dan Grand Filano. Yamaha Fino dipasarkan dengan harga mulai dari Rp20.150.000 hingga Rp21.310.000. Tapi dari segi fitur, Fino jelas tertinggal. Fazzio dan Grand Filano sudah dibekali mesin hybrid, termasuk teknologi konektivitas Y-Connect.

Motor Yamaha Yamaha Fazzio Yamaha Fino 125 Yamaha Grand Filano

Rekomendasi Motor Bekas