Bukan Pakai Velg Racing, Ini Sebabnya Motor Trail Pakai Velg Jari-jari

momotor.id - Selain ground clearance yang lebih tinggi, ciri khas motor trail adalah penggunaan velg jari-jari. Ada alasan tertentu mengapa semua motor trail menggunakan velg jari-jari dan bukan velg racing berbentuk palang.

Alasan mengapa motor trail menggunakan velg jari-jari karena mempertimbangkan rasa berkendara ketika motor dipakai menerabas medan off road. Menurut Trainer Yamaha Riding Academy, Muhammad Arief, pemilihan velg pada motor trail sangat berpengaruh pada rasa berkendaranya ketika dipakai off road.

"Enggak ada motor off road itu pakai velg racing, karena rigid jadi gampang patah," ujar Arief seperti dilansir Komaps.com. Pemilihan velg jari-jari pada motor trail, kata Arief, karena lebih fleksibel dan ada karakter layaknya suspensi. Suspensi di sini maksudnya bisa meredam dengan baik medan jalan yang dilewati, terutama ketika di jalur off road.

"Jadi dari ban bisa berfungsi sebagai suspensi, lalu ada suspensi itu sendiri, velg jari-jari juga seperti suspensi. Ditambah posisi berkendara. Jadi memang off road itu perlu banyak suspensi," paparnya.

Baca juga: Performa Mesin Menurun dan Boros Konsumsi BBM? Bisa Jadi Ruang Bakar Motor Kamu Bermasalah

Pemakaian velg jari-jari memang lebih kuat dan fleksibel dibanding velg racing jika penggunaannya untuk off road. Menurut Manager Riset dan Pengembangan RCB Indonesia, Robby Ganie, velg palang memang lebih rigid namun velg jari-jari lebih kuat. "Kalau Anda perhatikan motor off road pasti pakai pelek jari-jari, itu sebagai yang paling mudah, tidak ada produsen motor mengeluarkan trail pakai pelek palang," katanya seperti dilansir Kompas.com.

Secara garis besar, kata Robby, dari sisi konsumen keunggulan pelek jadi-jari ialah kuat, maun kekurangannya ialah mesti sering setel jadi-jadi dan lebih sulit dalam perawatan semisal mencuci. "Sedangkan pelek palang ialah perawatannya lebih mudah dibersihkan, lebih stabil di kecepatan tinggi, model pelek cukup bervariasi dan bisa menggunakan ban tubeless," kata Robby.

Info Otomotif Motor Trail Velg Jari-jari Velg Racing

Rekomendasi Motor Bekas