Penyebab Transmisi Motor Kopling Berasa Keras Pas Mau Pindah Gigi ke Netral, Biasanya Gara-gara Ini

momotor.id - Pengguna motor kopling mungkin pernah mengalami merasa kesulitan mengoper gigi transmisi ke posisi netral karena pedal transmisi terasa keras. Lantas, apa yang jadi penyebabnya?

Gigi transmisi terasa keras saat ingin dipindahkan ke posisi netral memang menjadi masalah umum yang biasa terjadi pada motor kopling.

Pada dasarnya, ada beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan gigi transmisi terasa keras dioper ke netral. Pertama, karena penggunaan oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan. Atau memang oli sudah waktunya ganti.

Penyebab lainnya, bisa karena kampas kopling yang bermasalah seperti aus atau masa pakai yang sudah melewati batas. Pengaruh dari komponen kopling lainnya seperti arm pendorong dan bagian dalam mesin seperti girboks dan lainnya juga turut mempengaruhi.

Selain itu, kondisi rantai yang sudah kendor juga menjadi salah satu penyebabnya. Penyebab lainnya, transmisi gigi motor kopling menjadi keras saat dioper ke posisi netral juga bisa disebabkan faktor komponen tuas kopling.

Pada sebab tersebut, jarak main tuas kopling sangat berpengaruh. Jika tuas kopling dibuat terlalu renggang, perpindahan gigi akan lambat dan menjadi salah satu faktor penyebab sulitnya memindahkan gigi terutama ke posisi netral.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kondisi kabel kopling. Bagi motor yang pemindahan giginya menggunakan kabel alias mekanis, akan sulit melakukan perpindahan gigi bila kondisi kabel sudah tidak bagus.

Baca juga: Fungsi Teknologi eSP dan Bedanya dengan eSP+ Pada Skutik Honda, Katanya Bikin Mesin Jadi Begini

Bagi yang menggunakan sistem hidrolik, bila komponen dan olinya sudah tidka bagus, maka ini juga akan berpengaruh pada pengoperasian gigi. Bagi motor tipe cub, sulitnya berpindah gigi juga bisa disebabkan proses penyetelan yang kurang tepat.

Sebagai informasi, jika setelan tuas kopling jaraknya terlalu pendek memang akan membuat kopling terasa lebih ringan. Namun hasilnya akselerasi akan berkurang. Sebaiknya gunakan jarak main tuas kopling yang ideal dengan jarak main bebas kopling sekitar 10-20 mm.

gigi transmisi Motor Kopling netral

Rekomendasi Motor Bekas