Cara Mudah Merawat Rantai Motor, Cukup Rutin Lakukan Ini di Rumah

momotor.id - Bagi pemilik motor sport atau motor bebek, rantai menjadi salah satu komponen penting. Perawatan rantai motor pun bisa dilakukan secara rutin dengan cara yang cukup mudah.

Rantai menjadi komponen penting pada motor bebek dan motor sport lantaran berperan meneruskan tenaga yang dihasilkan mesin ke roda belakang agar kendaraan bisa berjalan.

Bila dirawat secara rutin, usia pakai komponen ini juga bisa lebih panjang dan kondisinya tetap optimal. Nah, cara perawatan rantai motor yang paling mudah adalah memberikan pelumas secara teratur.

Aktivitas ini bisa melindungi rantai dari keausan bila dilakukan secara rutin dan akan berpengaruh pada performa serta usia pakai komponen.

Karena cukup mudah, pemberian pelumas pada rantai motor ini bisa dilakukan secara mandiri di rumah. Pemilik motor bisa mengecek sendiri kondisi rantainya. Bila terlihat kering, boleh langsung dilumasi.

Saat melumasi rantai motor, upayakan menggunakan oli baru. Pasalnya viskositas pada oli baru lebih optimal dan kandungan aditif yang dimiliki masih baik sehingga membuat pelumasan lebih efektif.

Hal ini juga menghadirkan perlindungan yang lebih maksimal dan meminimalisir risiko keausan pada rantai.

Oli yang masih baru juga dinilai lebih mampu menahan beban dan tekanan pada rantai sehingga menjadi pilihan yang tepat untuk pemeliharaan motor secara menyeluruh.

Baca juga: Harganya Masih Rp40 Jutaan Setelah Subsidi, Seperti Apa Spek Motor Listrik Termahal United TX3000?

Adapun sebelum melumasi rantai, ada baiknya komponen ini dicuci terlebih dahulu agar kotoran dan debu yang menyebabkan gesekan berlebih hilang.

Cara membersihkan rantai bisa dengan cara dicuci, termasuk mengggunakan sabun apa saja.

Oli pelumas perawatan rantai motor Rantai Motor

Rekomendasi Motor Bekas