Tiga Langkah Aman Bagi Motor Lewati Banjir: Pertama, Sediakan Plastik Buat Bungkus Komponen Ini

momotor.id - Ada kalanya seorang pengendara motor terpaksa harus lewat jalan yang tergenang banjir karena itu merupakan akses satu-satunya. Bila dalam keadaan seperti ini, apa yang harus dilakukan ketika motor harus menerobos banjir yang cukup dalam?

Memaksakan motor lewat jalan yang tergenang banjir memang tak disarankan. Sebab, air banjir mengandung banyak kotoran dan bercampur dengan pasir serta kerikil. Air banjir ini bahkan juga tercampur dengan luapan gorong-gorong.

Kotoran-kotoran ini dikhawatirkan masuk ke dalam komponen mesin bila motor dipaksakan melewati banjir. Lalu, bagaimana bila dalam keadaan terpaksa harus melewati jalan yang tergenang banjir?

Tips pertama melewati banjir, jangan hidupkan mesin dan matikan motor. Selanjutnya, bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

Bungkus komponen tertentu menggunakan plastik

Plastik kerap berguna bagi pengendara motor saat harus melewati medan tertentu. Termasuk saat harus melewati jalanan yang tergenang banjir.

Sebelum melewati banjir, ada beberapa komponen motor yang wajib dibungkus rapat menggunakan plastik. Komponen tersebut yakni air filter, selang hawa mesin, dan lubang knalpot.

Tiga komponen tersebut merupakan komponen vital yang terhubung langsung dengan mesin motor. Pastikan lilitan bungkus plastik rapat dan kedap agar air tidak bisa masuk ke dalam komponen.

Dorong motor

Saat melewati banjir, mesin harus dalam keadaan mati dan pengendara harus mendorongnya melewati genangan banjir. Jika mesin dalam posisi hidup, air dikhawatirkan akan tersedot masuk ke dalam mesin dan memenuhi rongga bagian dalam motor.

Bagi pengendara, menuntun motor juga lebih aman karena kondisi jalan tidak terlihat lantaran tertutup banjir. Bila ada lubang, pengendara bisa lebih dulu merabanya dengan kaki.

Segera service motor

Setelah berhasil melewati banjir, jangan tunda untuk segera melakukan service motor. Sebisa mungkin jangan lebih dari 24 jam usai melewati banjir. Nantinya, motor akan mendapat perawatan wajib agar komponennya terjaga.

Misalnya pada motor matic, wajib dilakukan penggantian oli gardan. Kemudian, komponen vital lain yang perlu diperiksa pada motor matic usai melewati banjir seperti CVT, filter udara, cangklong busi, dan throttle body.

Baca juga: Penyebab Busi Motor Basah Berlumur Oli, Gegara Pemiliknya Males Lakukan Ini

Dan bila air sampai masuk ke mesin, maka mesin harus dibersihkan. Jika jumlah air tidak banyak, maka mesin bisa dicuci dengan mengurasnya berulang-ulang menggunakan oli hingga kandungan air hilang.

Jika jumlah air yang masuk cukup banyak dan sudah bercampur dengan oli, maka perlu turun mesin yang artinya membongkar dan membersihkan seluruh bagian mesin. Bila sampai masih ada sisa air, mesin bisa mengalami water hammer dan dampaknya batang piston bisa bengkok.

Banjir Motor motor lewat banjir Service Motor

Rekomendasi Motor Bekas