momotor.id - Suzuki GSX R150 merupakan model motor sport yang menawarkan performa menggiurkan di kelasnya. Performa tersebut masih bisa ditingkatkan dengan melakukan sedikit modif pada Suzuki GSX R150.
Sebaga informasi, motor ini dibekali mesin DOHC 147,3 cc 4 katup. Dalam kondisi standar tanpa modif, Suzuki GSX R150 mampu menyemburkan tenaga hingga 18,9 hp pada 10.500 rpm dan torsi 14 NM pada 9.000 rpm.
Bagi pengguna yang ingin meningkatkan performanya, ada tiga komponen yang bisa menjadi sasaran modif pada Suzuki GSX R150. Apa saja itu? Berikut penjelasan selengkapnya seperti dikutip dari laman resmi Suzuki.
Knalpot dan ECU racing
Cara sederhana agar performa Suzuki GSX R150 semakin meningkat adalah mengganti knalpot standar dengan knalpot racing aftermarket agar supply bahan bakar semakin meningkat.
Mengganti knalpot bisa menambah tenaga mesin yang otomatis membuat motor berlari lebih cepat. Pilih knalpot racing yang terjamin keasliannya agar tidak mengalami kendala.
Selain mengganti knalpot, pemilik motor juga bisa melakukan penggantian ECU racing dengan spesifikasi yang lebih tinggi dari ECU bawaan pabrikan. Suzuki mengklaim tenaga Suzuki GSX R150 bisa naik hingga dua tingkat hanya dengan mengganti dua bagian ini.
Silinder dan piston
Cara lain untuk mendongkrak performa motor ini adalah dengan memperbesar isi silinder agar power mesin semakin meningkat. Kemudian lakukan penggantian piston dengan ukuran 66 mm dari sebelumnya yang hanya 62 mm.
Gunakan liner mesin diesel yang terkenal kuat dan tahan panas. Untuk diameter luar liner 72 mm masih cocok dengan ukuran bawaan GSX R150. Sementara itu, piston yang digunakan memiliki dome 1,5 mm mendem 0,2 mm tanpa paking.
Baca juga: Yamaha Kembangkan Teknologi Motor Anti Jatuh, Bisa Tetap Seimbang saat Kecepatan Rendah
Untuk paking head digunakan bahan tembaga tebal 0,5 mm. Jadi total mendem piston 0,7 mm, sehingga aman dari benturan dengan head silinder.
Guna menjaga agar tidak mudah bocor dan air radiator nyebrang ke ruang bakar, bisa memodifikasinya dengan membuat blok tipe close deck. Tipe ini menutup semua lubang water jacket dengan cara dilas aluminium TIG dan dilubangi kembali mengikuti lubang paking head silinder.
Filter udara racing
Filter udara racing mampu membantu meningkatkan debit aliran udara ke ruang bakar. Dengan demikian efisiensi volumetrik udara yang terhisap masuk ke ruang bakar meningkat, dan langsung berdampak signifikan pada kenaikan performa.
Beberapa orang meyakini dengan mengganti filter racing akan mampu meningkatkan performa mencapai 4 persen (tanpa mengganti komponen yang lain), dibandingkan filter udara original.