Berikut Tips Cara Merawat Kiprok Pada Sepeda Motor, Jangan Keliru

momotor.id - Merawat komponen pada sepeda motor sudah menjadi tanggung jawab sebagai pemilik kendaraan, karena dengan merawat komponen tersebut dapat memperpanjang umur komponen tersebut bahkan umur sepeda motor kita juga.

Salah satu komponen yang penting untuk dirawat adalah kipok, karena kiprok merupakan komponen yang memiliki peran yang sangat penting, yaitu pada sistem kelistrikan sepeda motor. 

Selain aki yang memiliki peran pada sistem kelistrikan, kiprok juga tidak kalah penting karena memiliki dua fungsi yaitu sebagai pengubah arus dari arus bolak-balik (AC) menjadi arus listrik searah (DC) dan sebagai regulator yang memiliki fungsi untuk mengatur kelistrikan.

Apabila kiprok pada sepeda motor mengalami kerusakan, tentu saja dapat menyebabkan komponen lainnya mengalami kerusakan. Selain itu apabila komponen ini rusak maka aki motor tidak mendapatkan suplai listrik, sehingga aki akan soak dan motor tidak dapat menyala.

Baca Juga : Mengetahui Perbedaan Kiprok Yamaha, Honda, Suzuki dan Kawasaki

Untuk mengetahui kiprok motor apakah rusak atau tidak, dapat diketahui dengan adanya gejala yang terjadi pada sepeda motor, gejela kiprok motor rusak diantaranya yaitu:

  • Aki Motor Tekor
  • Lampu Motor Mati Beberapa Kali
  • Lampu Terlihat Redup
  • Sepeda Motor Mati Secara Spontan
  • Lampu Motor Sering Putus

Untuk penjelasan lebih dalam mengenai penyebab kiprok motor rusak serta cara memperbaikinya, anda dapat mengunjungi laman disini

Apabila sepeda motor kita merupakan keluaran terbaru yang sudah menggunakan sistem injeksi, yang dimana kebanyakan komponen dari motor tersebut bekerja dengan bantuan listrik. Sudah pastinya apabila kiprok motor rusak maka motor tersebut tidak dapat digunakan karena mati total.

Oleh karena itu sebagai pengendara sepeda motor kita disarankan untuk memerhatikan kondisi dari komponen ini serta merawat secara rutin agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan pada sepeda motor kita.

Tips Merawat Kiprok Sepeda Motor

Setelah kita mengetahui tentang fungsi kiprok pada sepeda motor, gejala kerusakan, alangkah baiknya kita mengetahui cara merawat kiprok motor, karena mencegah lebih baik dibandingkan memperbaiki kerusakan, karena mencegah lebih sedikit menghabiskan biaya dibandingkan dengan memperbaiki. Selain itu dengan dilakukannya perawatan yang tepat dapat menghindari kita dari kejadian fatal pada kiprok motor. Berikut tips untuk melakukan perawatan pada kiprok motor. 

1. Cek Rutin Sistem Kelistrikan

Hal pertama yang dapat kita lakukan adalah dengan cara melakukan pengecekan sistem kelistrikan pada sepeda motor dengan rutin. Biasanya pengecekan rutin ini dilakukan ketika kita melakukan service atau pergantian oli di bengkel-bengkel. Karenda dengan adanya pengecekan rutin kita dapat mengetahui lebih awal apabila terjadi masalah pada sistem kelistrikan motor. Hal ini sangat penting untuk mencegah kerusakan pada kiprok.

2. Mendiagnosa Sendiri Komponen Sistem Kelistrikan

Cara mendiagnosa kiprok apakah rusak ata tidak dapat dilakukan sendiri dengan cara mengecek tegangan komponen. Pada umumnya komponen yang sehat memiliki tegangan yakni 13,5 volt dan pemeriksaan perlu dilakukan pada kabel ground yang menempel pada body motor. 

Selain itu kita juga dapat memegang bagian kiprok motor, apabila merasakan panas maka komponen ini bisa jadi sudah mulai rusak, lalu apabila terasa dingin bisa jadi komponen kiprok sudah tidak bekerja sebagai mestinya, karena kondisi kiprok yang normal yaitu hangat, apabila dipegang. 

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Kiprok dan Fungsinya Pada Kelistrikan Sepeda Motor

Berikut penjelasan secara singkat mengenai tips merawat kiprok sepeda motor, semoga dengan adanya ulasan ini dapat menambah wawasan kita dalam dunia otomotif, dan dapat membuat kita dapat merawat kiprok sepeda motor.

Info Otomotif Kiprok Kiprok Motor Tips and Trick Tips Merawat Kiprok Motor Tips Otomotif

Rekomendasi Motor Bekas