Selain Hindari Penggunaan Sabun Cuci Piring, Ini Beberapa Tips Merawat Cat Motor

momotor.id - Warna cat termasuk salah satu faktor yang menjadi daya tarik pada sebuah motor. Jika warna cat tidak kusam, motor menjadi lebih sedap dipandang. Itu sebabnya, pemilik motor sebaiknya perlu mengetahui beberapa tips merawat cat motor agar tetap mengkilap.

Warna cat motor bisa berubah menjadi pudar atau kusam seiring waktu pemakaian. Karenanya, penting bagi pemilik motor melakukan perawatan pada cat motor agar warnanya tetap sedap dipandang. Berikut beberapa tips merawat cat motor yang bisa dilakukan seperti dilansir situs Astra Motor.

Rutin cuci motor

Mencuci motor seharusnya menjadi rutinitas bagi para pemilik kendaraan. Pasalnya, setelah digunakan berkendara dalam keseharian, sangat wajar apabila bodi motor terlihat lebih kusam dan berdebu.

Tak perlu mencuci motor setiap hari. Pemilik motor bisa melakukannya setiap tiga hari atau bahkan satu minggu sekali. Hal ini akan membuat motor terlihat lebih mengkilap saat digunakan berkendara.

Parkir di tempat teduh

Memarkirkan motor di tempat yang panas dan terkena langsung paparan sinar matahari bukanlah ide yang bagus. Ketimbang memarkirkannya di tempat yang terik, lebih baik parkirkan motor di tempat yang sedikit lebih teduh. Misalnya di bawah pohon atau tempat di bawah bangunan. Karena panasnya sinar matahari dapat membuat warna cat kendaraan cepat pudar.

Gunakan cairan pengkilap khusus

Cara lain yang bisa dicoba sendiri di rumah adalah dengan menggunakan cairan pengkilap khusus kendaraan. Cairan ini pun harus disesuaikan dengan jenis cat yang digunakan oleh motor Anda, ya. Apakah cat motor tersebut termasuk jenis doff atau glossy? Penggunaan cairan yang tepat akan membuat warna cat motor terlihat lebih segar dan tentunya lebih awet.

Gunakan kain lap halus

Untuk membersihkan bagian bodi motor agar tetap kinclong, maka direkomendasikan menggunakan kain lap yang berserat halus. Hal ini untuk menghindari terjadinya goresan yang dapat merusak keindahan dari cat di bodi motor.

Baca juga: Beda Rp2,7 Juta, Ini Fitur yang Membedakan Honda Vario 160 Tipe CBS dan ABS

Hindari bahan kimia yang tak sesuai

Pemilik motor juga perlu memilah penggunaan bahan kimia yang akan digunakan untuk membersihkan bodi motor. Tak disarankan menggunakan bahan kimia yang tak sesuai peruntukannya, misalnya menggunakan sabun cuci piring untuk mencuci motor. Karena tak ditujukan untuk mencuci motor, penggunaan sabun cuci piring justru bisa membuat warna cat menjadi pudar.

Solusinya, gunakan bahan kimia yang memang diperuntukkan untuk motor. Misalnya, sampo khusus untuk mencuci motor yang memang didesain aman untuk cat motor.

Cat Motor cuci motor Merawat Cat Motor Tips Otomotif

Rekomendasi Motor Bekas