Tips Merawat Motor Biar Pas Dijual Gak Rugi-rugi Amat: Nomor Dua Suka Lupa

momotor.id - Merawat motor merupakan suatu keharusan bagi pemiliknya agar kendaraannya tetap prima. Selain itu, perawatan berkala juga menjadi salah satu tips ketika ingin menjual motor bekas.

Seiring masa pemakaian, beberapa pemilik motor mungkin ada yang sudah mulai bosan dengan tunggangannya dan ingin menggantinya dengan model terbaru.

Beberapa pemilik ada yang memilih menjual motor lamanya untuk menambah biaya membeli motor baru.

Ketika menjual motor lama, pemilik motor tentu berharap nilai jual kendaraannya masih lumayan tinggi. Nah, perawatan berkala ini berhubungan dengan tips menjual motor bekas.

Supaya nilai jual motor bekas bisa tetap tinggi, pemilik motor setidaknya perlu melakukan empat hal berikut. Berikut penjelasan selengkapnya.

Rutin service berkala

Ini merupakan tips yang umum dilakukan oleh banyak pengendara motor. Rutin melakukan service berkala akan berdampak pada performa motor itu sendiri yang bisa tetap nyaman digunakan meski sudah berumur.

Calon konsumen atau pedagang motor bekas cukup jeli melihat riwayat service berkala seperti ganti oli, filter oli, busi, dan part lain yang rutin diganti.

Riwayat service berkala ini menjadi salah satu penilaian bagaimana pemilik motor memperlakukan motornya dan mengetahui seperti apa kesehatan mesinnya.

Riwayat service berkala bisa terkumpul di kwitansi service. Namun ada juga yang tersimpan secara digital lewat aplikasi masing-masing pabrikan.

Perlakukan motor dengan baik

Perlakuan yang dimaksud di sini seperti rajin mencuci motor bila kondisinya sudah kotor, hingga menerapkan gaya berkendara yang tidak ugal-ugalan.

Malas mencuci motor lama kelamaan akan menimbulkan kerak hingga karat pada bagian-bagian tertentu. Sedangkan gaya berkendara yang ugal-ugalan membuat usia beberapa komponen menjadi lebih pendek.

Parahnya, komponen yang usianya menjadi lebih pendek ini tak kunjung diganti ketika sudah waktunya.

Perlakuan lain yang perlu diperhatikan pemilik adalah simpan motor di tempat yang teduh dan tidak terpapar sinar matahari atau hujan secara langsung.

Pastikan kelengkapan surat

Ini juga menjadi faktor penting ketika ingin menjual motor bekas. Calon konsumen akan berpikir ulang bila mengetahui motor seken yang ingin dibelinya tak memiliki surat yang lengkap.

Misalnya, STNK hilang atau BPKB hilang. Calon pembeli bisa saja berpikir motor tersebut adalah motor curian.

Baca juga: Tampil Lebih Premium, Yamaha Ganti Warna Matte Blue dengan Metallic Blue Pada All New NMax Varian Standard

Selain memastikan kelengkapan surat, pastikan juga pajak tahunan motor tersebut masih aktif. Bila belum bayar pajak tahunan, entah telat setahun, dua tahun, atau lebih, tentu ini juga akan mempengaruhi harga jual motor bekas tersebut.

Pilih brand yang disukai banyak orang

Tips ini sebenarnya bisa diterapkan saat baru memilih-milih motor yang akan dibeli. Bila ingin cepat laku dengan harga yang lumayan tinggi, maka beli lah model motor yang disukai banyak orang.

Di Indonesia sendiri, brand Honda dan Yamaha menjadi penguasa pasar untuk beberapa model motornya. Misalnya Honda BeAT yang unit sekennya tetap memiliki banyak penggemar, demikian juga dengan Yamaha NMax yang unit sekennya masih dicari banyak orang.

motor bekas motor seken perawatan motor Service Berkala

Rekomendasi Motor Bekas