Tips Meninggalkan Motor Listrik di Rumah Selama Mudik Lebaran: Matikan MCB dan Lakukan Ini

momotor.id - Menjelang momen mudik Lebaran 2024, sejumlah masyarakat mungkin sudah mulai bersiap-siap menuju kampung halaman. Bagi yang memiliki motor listrik, ada sejumlah tips yang bisa dipraktikkan sebelum meninggalkan kendaraan ini di rumah selama mudik Lebaran.

Durasi seseorang pulang mudik cukup bervariasi. Namun rata-rata dua minggu jika memiliki pekerjaan tetap di area Jabodetabek. Bila meninggalkan motor listrik di rumah selama mudik Lebaran, ada beberapa tips yang perlu diketahui.

Meninggalkan motor listrik dalam waktu lama sebenarnya tak begitu berbeda prosedurnya dengan motor bensin. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyimpan motor listrik di tempat teduh dan tidak lembab serta jauh dari sorot sinar matahari.

Tujuannya untuk mencegah baterai mengalami overheating akibat terpapar panas dan terjadi penurunan kualitas. Sehingga perlu dipastikan baterai tetap adem dengan menyimpannya di lingkungan yang sejuk.

Setelah motor listrik terparkir di tempat teduh, langkah berikutnya adalah mematikan MCB alias Miniature Circuit Breaker. Hal ini untuk memutus arus listrik pada motor. Biasanya, komponen ini terletak di dekat baterai atau di dalam jok.

Kemudian untuk kondisi baterai, sebaiknya diisi hingga 80 persen ke atas sebelum ditinggal mudik. Salah satu tujuan mengisi baterai sampai penuh sebelum pergi mudik adalah memastikan daya listrik tetap tersimpan di dalam sel.

Komponen sel baterai yang masih menyimpan daya listrik akan terhindar dari bahaya drop yang mengakibatkan sulit dinyalakan kembali.

Baca juga: Wahana Siagakan Tujuh Bengkel AHASS Khusus untuk Pemudik Motor Selama Momen Lebaran 2024

Karena jika baterai sudah drop, maka perlu dilakukan jumpstart agar bisa menyala lagi. Namun ini juga tergantung jenis baterainya karena caranya berbeda-beda.

Adapun sebagai tambahan, pemilik motor listrik juga bisa menyemprotkan komponen dinamo dengan anti karat. Ini merupakan langkah opsional untuk mencegah munculnya karat di sekitar magnet dinamo yang mungkin terjadi jika kondisi ruangan terlalu lembab.

Lebaran Motor Listrik Mudik

Rekomendasi Motor Bekas