6 Bahan yang Bisa Bikin Karat Pada Motor Jadi Rontok: Pakai Baking Soda Hingga Cuka

momotor.id - Kemunculan karat pada komponen motor bukan sesuatu yang bisa diabaikan. Pemilik motor bisa mencoba menggunakan beberapa bahan ini untuk menghilangkan karat pada motor.

Karat pada motor memang tak boleh dibiarkan terlalu lama. Jika dibiarkan seperti itu, komponen motor yang berkarat lama kelamaan akan keropos. Jika sudah keropos, maka komponen tersebut bisa bolong atau bahkan patah.

Contohnya knalpot. Bila knalpot sampai bolong atau bahkan patah, tentu ini akan menimbulkan kerugian bagi pemilik motor karena kendaraannya menjadi tak bisa digunakan dan harus mengeluarkan biaya lebih besar untuk memperbaikinya.

Nah, bila sudah mendapati ada komponen tertentu pada motor yang berkarat, pemilik kendaraan sebenarnya bisa mencoba beberapa bahan guna menghilangkan karat pada motor.

Apa saja bahan-bahan yang bisa menghilangkan karat? Berikut penjelasan selengkapnya.

Oli bekas

Pelumas ini dapat mengatasi karat pada motor setelah oli dioleskan kepada bagian yang berkarat. Bahan ini juga bisa digunakan untuk membersihkan lubang knalpot yang kotor.

Pembersih keramik

Alat pembersih rumah tangga ini rupanya juga bisa digunakan untuk menghilangkan karat motor dengan cepat.

Cukup mengoleskan pembersih pada bagian motor yang berkarat sampai terkelupas. Setelah itu, sikat di area yang berkarat, kemudian bersihkan dengan air dan lap bersih.

Bubuk asam sitrat

Asam sitrat merupakan bahan kimia yang memiliki kandungan asam sehingga dapat membersihkan karat motor secara efektif. Cukup dengan mencampurkan air hangat saja, karat pada motor dapat hilang setelah didiamkan beberapa lama. Cara ini terbilang sangat mudah karena tidak perlu bahan berbahaya saat membersihkan karat motor.

Baca juga: Ketahui Empat Penyebab Oli Mesin Motor Bocor, Biar Gak Ada Lagi Ceceran Oli di Garasi

Cuka

Kandungan asam tinggi pada cuka mampu menghilangkan karat pada material logam atau besi termasuk motor. Cara menggunakannya adalah dengan merendam bagian motor yang terkena karat dengan cuka semalaman, kemudian sikat hingga sisa karat menghilang.

Baking soda

Bahan ini cukup mudah ditemukan di toko kelontong maupun warung. Baking soda bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan karat pada motor. Kandungan bahan di dalamnya juga berguna untuk mencegah korosi pada besi.

bahan menghilangkan karat karat motor menghilangkan karat motor

Rekomendasi Motor Bekas