11 Tips Menghilangkan Kantuk Saat Mengendarai Motor, Di Bulan Ramadan

momotor.id - Berkembangnya zaman dan alat transportasi membuat kehidupan sehari-hari kita tidak terlepaskan dari kendaraan, karena dengan menggunakan kendaraan memudahkan kita untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. 

Salah satunya berkendara dengan sepeda motor, mengendarai sepeda motor dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan memacu adrenalin, namun terkadang ketika berkendara rasa kantuk menghampiri kita.

Ketika rasa kantuk menghampiri, reaksi dan konsentrasi kita ketika berkendara akan terganggu, hal ini dapat membuat kita lebih rentan kecelakaan.Mengantuk ketika berkendara dapat disebabkan oleh banyak hal, namun berdasarkan hal ilmiah mengantuk itu disebabkan karena kelelahan dan kekurangan oksigen di kepala. 

Oleh karena itu ulasan ini dibuat untuk memberikan tips atau beberapa cara untuk menghilangkan rasa kantuk ketika mengendarai sepeda motor, apalagi di bulan ramadan yang dimana banyak pengendara melakukan puasa namun harus tetap menjaga stamina hingga sore hari.

Baca Juga : Jangan Asal Pilih, Berikut Tips Memilih Sarung Tangan Motor yang Tepat

Tips Menghilangkan Ngantuk Ketika Berkendara

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, rasa kantuk saat berkendara seringkali muncul ketika melakukan perjalanan jauh, hal ini dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas yang berbahaya. Oleh karena itu sebagai pengendara yang bertanggung jawab, kita harus memastikan keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya. 

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara-cara mengatasi rasa kantuk ketika berkendara dengan benar dan efektif serta mengaplikasikannya ketika kita merasakan kantuk ketika berkendara. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi rasa kantuk saat mengendarai sepeda motor. 

1. Tidur Sebelum Berkendara

Untuk menghindari rasa kantuk ketika mengendarai sepeda motor, pastikan bawah kita telah tidur dengan waktu yang cukup, karena apabila kita kurang tidur dapat menyebabkan gangguan mental yang hampir mirip dengan efek mabuk. 

Bahkan apabila kita kurang tidur selama 24 jam dapat menyebabkan risiko yang setara dengan kadar alkohol dalam darah sebesar 0,1 persen. Oleh karena itu pastikan kita tidur terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan yang jauh. 

Namun apabila anda tidak dapat tidur sebelum berkendara, anda dapat melakukan tidur siang selama 15 hingga 30 menit seperti power nap. Hal ini dapat membantu menjaga tubuh agar tetap segar dan waspada ketika berkendara.

2. Meminum Kopi atau Minuman Berkafein Sebelum Berkendara

Apabila ketika berkendara kita merasa sangat lelah dan ngantuk, anda dapat mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi untuk membantu agar tetap terjaga ketika berkendara. Seperti yang kita ketahui bahwa kafein dapat memberikan efek meningkatkan kewaspadaan dan fokus. 

Namun untuk merasakan efeknya, kita perlu menunggu sekitar 30 menit setelah meminum kopi. Apabila sudah terbiasa meminum kopi mungkin hanya dengan satu cangkir sudah dapat membantu anda tetap terjaga, namun apabila belum terbiasa pastikan bahwa anda tidak meminum empat cangkir kopi dalam satu hari. 

3. Melakukan Peregangan Ringan

Apabila ketika berkendara mulai merasakan rasa kantuk yang akan datang, ada salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk mengurangi rasa kantuk dan menghindari adanya resiko kecelakaan karena mengantuk ketika berkendara, yaitu dengan melakukan pergengan otot. Sebaiknya kita menepi sebentar dan melakukan peregangan otot sambil berjalan-jalan kurang lebih selama 10 menit. Hal ini bertujuan agar badan kita bergerak secara aktif dan pikiran tetap terjaga. 

4. Menepi dan Tidur Sejenak

Jika kita sedang berkendara dan merasakan rasa kantuk yang tidak terhindarkan atau sulit untuk menghilangkan rasa kantuk tersebut, alangkah baiknya kita mencari tempat untuk menepi dan melakukan tidur sejenak. 

Segeralah melakukan power nap atau tidur selama 15 hingga 20 menit, tidaur singkat ini dapat memulihkan energi anda, sehingga ketika bangun menjadi lebih segar. Walaupun akan memakan waktu lebih lama namun kita harus tetap mengutamakan keselamatan berkendara untuk kita dan orang lain. 

5. Jangan Mengkonsumsi Obat atau Alkohol

Perlu diketahui bahwa mengkonsumsi obat atau alkohol sebelum berkendara dapat memengaruhi konsentrasi dan ketajaman perasaan kita saat berkendara. Oleh karena itu apabila kita berniat untuk mengendarai sepeda motor, sebaiknya kita menghindari konsumsi obat yang dapat memberikan efek samping rasa kantuk. 

Selain itu kita juga harus menghindari konsumsi alkohol apabila ingin berkendara, karena apabila kita mengkonsumsi alkohol terlalu banyak dan dalam keadaan diluar sadar dapat membahayakan pengendara lain.

Baca Juga : 20 Deretan Rekomendasi Jaket Motor Terbaik, Pilih Mana?

6. Mendengarkan Musik

Kegiatan selanjutnya yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan rasa kantuk adalah mendengarkan musik. Mendengarkan musik menjadi salah satu cara untuk menghilangkan rasa kantuk yang memang cukup ampuh. Selain itu studi menyebutkan apabila mendengarkan musik dapat meningkatkan kewaspadaan mental sehingga dapat tetap fokus di jalan.

7. Mencari Teman Ngobrol Saat Perjalanan

Apabila anda merasa lelah ketika berkendara sencirian, sebaiknya anda mencari teman atau anggota keluarga untuk menemani anda selama dalam perjalanan. Selama perjalanan, anda dapat mengajak bicara sehingga dapat menghilangkan rasa kantuk. Selain itu teman ngobrol anda juga dapat menggantikan anda untuk berkendara sehingga dapat saling membantu. 

8. Pilih Waktu Berkendara Sesuai Kebiasaan

Kita sebagai pengendara pasti lebih mengetahui tentang diri kita sendiri, oleh karena itu kita harus menentukan waktu yang tepat untuk berkendara sesuai dengan diri kita sendiri. Apabila kita orang yang morning person maka alangkah baiknya berkendara di pagi hari. 

Selain itu apabila kita harus berkendara di waktu kita seharusnya beristirahat, alangkah baiknya kita mempersiapkan hal itu terlebih dahulu dengan beristirahat terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk agar ketika berkendara dalam tetap kondisi yang prima. 

9. Perhatikan Pola Berkendara

Salah satu penyebab mengantuknya ketika berkendara adalah kita berkendara dengan konstan dan membosankan. Oleh karena itu agar perjalanan kita tidak terasa membosankan atau monoton, kita dapat memainkan gas atau memerhatikan pola berkendara kita agar bervariasi dan tidak monoton. Hal ini bertujuan agar ketika berkendara kita tidak merasakan kantuk. 

10. Mengigit Lidah Perlahan

Cara selanjutnya yang dapat menghilangkan rasa kantuk ketika berkendara adalah dengan menggigit lidah secara perlahan. Namun anda harus memastikan agar tidak terlalu keras menggigitnya, karena dapat membuat lidah kita terluka. Hal ini bertujuan agar kesadaran kita tetap kembali fokus dan menghilangkan rasa kantuk. 

11. Berbicara Sendiri atau Bernyanyi

Berbicara sendiri atau menyanyikan sebuah lagu ketika mengendarai sepeda motor tentu saja dapat meningkatkan fokus kita, oleh karena hal ini dapat mengurangi rasa kantuk ketika berkendara. Hal ini dapat anda coba apabila ketika berkendara anda mengalami rasa kantuk, namun pastikan bahwa anda tidak menggunakan headset dengan volume yang besar ketika berkendara agar tidak membahayakan keselamatan anda.

Baca Juga : Deretan Motor Gahar Mirip Harley Davidson, Tapi Harga Terjangkau!

Berikut ulasan mengenai tips untuk menghilangkan rasa kantuk ketika mengendarai sepeda motor di bulan Ramadan. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat membantu anda tetap terjaga ketika berkendara. Kunjungi momotor.id untuk mendapatkan penawaran menarik mengenai trade in, motor baru, motor bekas, hingga electronic vehicle.

Info Otomotif Lebaran 2023 Menghilangkan Rasa Kantuk Motor Ramadan 2023 Tips and Trick Tips Otomotif

Rekomendasi Motor Bekas