Rem Motor Matic Mendadak Blong di Jalan Menurun, Pengendara Mesti Gimana?

momotor.id - Situasi ketika rem motor matic mendadak blong pada jalan menurun merupakan kondisi yang tak diinginkan. Namun bila tiba-tiba mengalami situasi tersebut, apa yang harus dilakukan pengendara motor?

Tips yang umumnya diberikan ketika menghadapi situasi seperti ini adalah tetap tenang. Memang bukan perkara mudah supaya bisa tetap tenang menghadapi situasi yang berpotensi besar menimbulkan kecelakaan bagi pengendaranya.

Meski begitu, pengendara perlu mengupayakan sebisa mungkin agar tidak panik, atau setidaknya tak terlalu panik. Bila sudah mampu mengendalikan diri, maka usahakan tak menambah putaran mesin dengan tidak menarik tuas gas.

Jika kedua hal tersebut sudah bisa dikuasai oleh pengendara, maka selanjutnya bisa memperhitungkan kapan momen yang tepat untuk melepaskan diri dari kendaraan.

Pada situasi seperti itu, sudah saatnya mengutamakan keselamatan diri sendiri ketimbang motor yang dibawanya. Ketika hendak melepaskan diri dari motor, usahakan motor berada di sebelah kiri guna mencegah potensi terjadinya tabrakan dari arah berlawanan.

Selain itu, bunyikan klakson sebagai sinyal bagi pengguna jalan lain untuk memberitahukan kondisi darurat yang sedang dialami. Kalaupun sampai terjatuh, akan lebih aman di sebelah kiri dan lebih mudah dievakuasi.

Baca juga: Apa Itu Brush Motor Starter? Komponen Mungil yang Punya Peran Penting, Bisa Bikin Motor Ngadat Kalo Lagi Rusak

Sedangkan mengenai tempat berhenti untuk menabrakkan motor, memang tak ada yang ideal. Namun bila situasi darurat, bisa memilih tempat yang banyak rerumputan atau semak-semak tebal guna menghentikan laju motor.

Ada juga yang berpendapat agar menabrakkan motor ke pohon pisang bila ada. Ini karena pohon pisang relatif tak terlalu keras dan dinilai lebih aman ketika terjadi benturan.

Namun yang paling penting, pengendara motor sebaiknya menggunakan perangkat keselamatan berkendara lengkap guna meminimalisir risiko cedera saat terjadi kecelakaan.

Adapun guna mengantisipasi terjadinya rem blong pada motor matic saat melintasi turunan, pemilik kendaraan sebaiknya rutin mengecek kondisi sistem pengereman baik pada rem depan maupun rem belakang.

Jika menemukan gejala yang menunjukkan kinerja rem bakal terganggu, sebaiknya berhenti dulu dan dicek lebih detil di bengkel sebelum melanjutkan perjalanan.

jalan menurun Motor Matic Rem blong

Rekomendasi Motor Bekas