Tak Hanya Pada Smartphone, Baterai Motor Listrik Juga Bisa Kembung, Gini Cara Mencegahnya

momotor.id - Problem baterai kembung tak hanya bisa terjadi pada perangkat gadget seperti smartphone. Masalah serupa juga bisa terjadi pada motor listrik. Lalu, gimana cara mencegah baterai motor listrik menjadi kembung ?

Baterai yang kembung menandakan ada penurunan performa pada komponen tersebut. Kembungnya baterai merupakan gejala awal dari kerusakan, yang berpotensi menimbulkan kebakaran bila terus didiamkan.

Agar baterai tidak cepat kembung, hal yang perlu diketahui oleh pemilik motor listrik adalah cara merawat baterai. Salah satunya yakni kebiasaan mengecas atau mengisi ulang daya baterai.

Tips pertama untuk mencegah baterai motor listrik cepat kembung adalah jangan menunggu mengisi ulang daya sampai baterai benar-benar habis. Idealnya, baterai motor listrik lebih baik sudah dicas ketika dalam kondisi tiga perempat atau setengah.

Ini lebih baik ketimbang baru dicas saat daya baterai sudah benar-benar habis. Istilah baterai benar-benar habis ini juga biasa disebut overdischarging. Pemilik motor listrik disarankan mengecas baterai saat indikator belum menunjukkan angka 20 persen.

Terkadang, bila daya baterai benar-benar habis, tidak bisa dicas menggunakan charger bawaan dan harus menggunakan alat bantu seperti jumper. Ini malah membuat repot karena pemilik motor listrik perlu membawanya ke bengkel.

Tips kedua, jangan mengecas baterai terlalu lama. Baterai motor listrik juga sebaiknya jangan sering-sering dicas sampai penuh. Pasalnya, overcharging juga bisa menjadi penyebab baterai kembung.

Pemilik motor listrik bisa menyudahi proses pengecasan bila indikator baterai sudah mencapai angka 80-90 persen. Kedua tips ini bisa dicoba untuk menjaga usia baterai lebih awet.

Adapun selain dua tips di atas, sebenarnya masih ada beberapa tips lain dalam rangka merawat baterai motor listrik. Berikut beberapa tips lainnya:

  • Bila motor listrik tak digunakan dalam waktu lama, putuskan aliran listrik dengan cara buka penutup baterai atau keluarkan baterai dari dock-nya
  • Pastikan baterai terhindar dari paparan air dan debu saat penutup dibuka atau saat baterai dikeluarkan dari tempatnya
  • Saat disimpan, pastikan kapasitas baterai berada pada kisaran 40-60 persen dan tidak di bawah 40 persen
  • Suhu tempat penyimpanan baterai dari -200C sampai dengan 250C dengan kelembaban <60% RH

baterai kembung baterai motor listrik cas baterai

Rekomendasi Motor Bekas