Mau Ganti Spion Pabrikan dengan Spion Aftermarket? Simak Tips Memilih Spion Motor yang Tepat

momotor.id - Spion memiliki peran penting pada sebuah sepeda motor. Selain meningkatkan tampilan motor, spion juga sangat fungsional ketika berkendara di jalan. Karena perannya yang cukup penting, pemilik motor perlu mengetahui tips memilih spion jika ingin mengganti spion standar bawaan pabrik.

Bagi yang membeli motor baru dari dealer, motor yang diberikan biasanya sudah dilengkapi spion standar dari pabrikan. Namun beberapa konsumen mungkin tidak sreg dengan model dan bentuk spion yang diberikan pabrikan.

Baca juga: Begini Cara Merawat Motor Bebek Supaya Tetap Awet dan Bandel

Itu sebabnya, beberapa pemilik motor mencari aksesoris spion aftermarket yang lebih sesuai seleranya. Hal ini tidak salah, hanya saja memilihnya perlu memperhatikan beberapa hal. Termasuk melihat apakah spion tersebut memenuhi ketentuan peraturan dalam berkendara di jalan raya. Berikut tips memilih spion yang bisa dipertimbangkan oleh pemilik motor.

Pilih desain yang sesuai

Aspek tampilan dalam memilih spion tentu perlu dipertimbangkan. Jika menggunakan motor bergaya retro seperti Honda Super Cub 125 atau Honda Scoopy, maka pasangan yang pas tentu menggunakan spion model vintage. Jika menggunakan motor sport, maka bisa memilih spion model lipat.

Spion cermin cembung

Beberapa pemilik motor ada yang menggunakan kaca spion dengan cermin datar. Padahal, sifat bayangan pada cermin datar adalah maya, tegak, dan sama besar.

Hal tersebut akan membuat pengendara tidak leluasa melihat kondisi di belakang motor. Karena itu, gunakan kaca spion dengan cermin cembung sehingga pengendara akan melihat bayangan yang tidak terbalik dan bisa menampilkan tampilan belakang lebih luas.

Pilih tangkai yang sesuai

Tangkai spion ada beberapa macam ukuran. Mulai dari yang pendek, sedang, sampai panjang. Lalu, harus pilih yang mana? Tentu harus melihat dulu motor apa yang digunakan.

Upayakan memilih tangkai spion yang mampu membantu memberikan visibilitas maksimal di belakang motor. Tangkai spion berukuran pendek memang terlihat keren untuk beberapa model motor. Namun perlu diperhatikan apakah tangkai tersebut mampu membantu memberikan visibilitas maksimal. Pilihlah tangkai motor yang ukurannya dirasa pas dan mampu memberikan visibilitas maksimal.

spion motor tips memilih spion motor tips perawatan motor

Rekomendasi Motor Bekas