Selain SNI, Perhatikan Hal Berikut ketika Memilih Helm untuk Riding Harian

momotor.id - Helm menjadi perlengkapan yang wajib dikenakan pengendara motor ketika riding. Karena perlengkapan yang wajib digunakan, pengendara motor perlu memperhatikan beberapa hal ketika memilih helm.

Fungsi utama helm adalah untuk mengurangi risiko cedera parah jika pengendara motor mengalami kecelakaan. Selain memperhatikan faktor keamanan, pengendara motor juga bisa mempertimbangkan faktor kenyamanan ketika memakai helm tersebut.

Ketua Bidang Road Safety & Motorsport Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Victor Assani, mengungkapkan beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika memilih helm motor untuk penggunaan harian.

Victor mengatakan yang pertama adalah pilihlah helm yang sudah mengantongi sertifikasi Standar Nasional Indonesia atau SNI. "Jangan sampai memilih helm yang tidak berkualitas atau asal, karena helm itu komponen pelindung yang sangat vital. Lebih baik mahal tapi aman, daripada murah tapi berisiko," ujarnya seperti dilansir kumparan.

Soal kualitas, Victor melanjutkan, dapat dilihat dari struktur material batok helm, busa pelindung, tali pengikat lengkap dengan pengunci dan tentunya kaca helm.

"Kalau kualitas batok biasanya dilihat dari jenis materialnya. Setahu saya ada yang model plastik, fiber, campuran antara plastik/fiber dengan komponen lain seperti carbon dan carbon sendiri. Semakin kesini semakin kuat melindunginya. Busa pelindung lebih ke kenyamanan, keempukan tapi yang paling penting adalah rasa seret (pas) tapi tidak terasa tertekan. Sedangkan ikat tali jangan yang terlalu ketat dan keras di kulit," tuturnya.

Ia menambahkan, pemilihan helm juga sebaiknya menimbang faktor kenyamanan ketika dikenakan nantinya. "Kemudian yang selanjutnya adalah tetap memperhatikan faktor kenyamanan ketika digunakan. Kenyamanan bisa dilihat dari pasnya ukuran helm dengan kepala (tidak terlalu longgar dan tidak terlalu ketat) serta kenyamanan busa dan pengikat juga menjadi faktor," ujarnya.

Baca juga: Lakukan 4 Hal Berikut ketika Belajar Motor Kopling

Mengenakan helm yang terlalu sempit tentu membuat tidak nyaman ketika dikenakan, sementara jika terlalu longgar berpotensi menimbulkan bahaya, seperti helm terlepas atau helm tidak dapat melindungi kepala dengan maksimal.

Untuk pemilihan jenis helm, Victor menuturkan pemilihan helm half face tetap aman digunakan, meski memang sebaiknya menggunakan jenis full face meski jarak perjalanan tidak terlalu jauh sekalipun. "Pesan saya, pakailah helm setiap berkendara, walau itu jarak dekat, walau itu cuma di sekitar perumahan, walau itu hanya sekadar ke warung misalnya. Karena kita tidak pernah tahu kapan dan di mana accident itu terjadi," kata Victor.

Helm Full Face Helm Half Face Helm Motor Memilih Helm Motor Tips Otomotif

Rekomendasi Motor Bekas