Tips Membuat Standar Samping Motor Lebih Aman agar Tidak Mendadak Jatuh Gedebug

momotor.id - Sepeda motor umumnya dilengkapi dua buah standar yakni standar samping dan standar tengah. Standar samping biasanya paling sering digunakan karena lebih praktis. Meski begitu, pemilik motor perlu mengetahui cara penggunaan standar samping yang aman agar kendaraan roda duanya tidak tiba-tiba jatuh.

Standar samping memang lebih ringkih dibanding standar tengah. Karena jika posisinya tidak pas, ada risiko motor terjatuh. Bisa juga pijakannya sudah pas namun motor tetap jatuh lantaran motor sambil diduduki sehingga membuat bobotnya lebih berat ke samping. Itu sebabnya pemilik motor perlu jeli melihat situasi agar motor tidak tiba-tiba terjatuh karena penggunaan standar samping yang kurang tepat.

Lalu, bagaimana penggunaan standar samping motor yang aman? Berikut beberapa tips membuat standar samping motor lebih aman seperti dilansir CNN Indonesia yang mengutip Astra Motor.

Ganti ban

Penggantian ban dengan ukuran lebih besar dapat menyebabkan standar samping lebih tegak dan mengurangi potensi motor jatuh.

Ganti shockbreaker

Mengganti shockbreaker dengan ukuran yang lebih tinggi juga bisa menjadi solusi. Perubahan ini membuat standar samping menjadi lebih tegak dan mengurangi potensi motor jatuh.

Pasang kickstand shoe

Tips selanjutnya memasang kickstand shoe sebagai alas tambahan yang dapat mendistribusikan berat motor lebih menyebar. Dengan cara ini, pijakan motor lebih kuat meski ditopang standar samping. Penggunaan kickstand shoe membuat tapak standar samping menjadi lebih lebar sekaligus semakin kuat ketika menopang berat motor.

Baca juga: Bukan Hanya Beda Huruf, Ini Perbedaan Fitur ABS dan CBS

Adapun kebiasaan parkir motor dengan standar samping menyebabkan suspensi bagian kiri lebih terbebani, apalagi jika diduduki seseorang. Hal ini juga mempengaruhi kekuatan suspensi dalam waktu lama.

Bukan hanya itu, ban juga disebut akan mengalami penurunan kualitas apabila sering menggunakan standar samping ketika parkir. Hal itu disebabkan ban belakang dan ban depan lebih condong ke satu sisi ketika menahan beban berlebih. Karenanya, sebaiknya menggunakan standar tengah ketika memarkirkan motor dalam jangka waktu yang cukup lama.

standar samping motor tips aman standar samping motor tips perawatan motor

Rekomendasi Motor Bekas