Bolehkah Manasin Motor Sambil Digeber-geber? Ahlinya Bilang Begini

momotor.id - Memanaskan mesin motor merupakan kegiatan rutin yang biasa dilakukan pemilik motor. Biasanya, pemilik motor hanya membiarkan kendaraannya menyala secara stasioner atau langsam saat dipanaskan. Meski begitu, salah satu tips memanaskan mesin motor ternyata boleh sambil digeber-geber.

Menurut Slamet Kasianom selaku Senior Technical Advisor PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), untuk mencapai suhu ideal pada mesin tak ada salahnya untuk menggeber atau memainkan bukaan gas.

Slamet menjelaskan, tujuan utama memanaskan motor agar komponen dalam mesin bisa presisi. Saat dipanaskan, oli akan naik melumasi part dalam mesin. Ketika motor digeber, distribusi oli akan lebih cepat.

Walaupun motor boleh sambil digeber ketika dipanaskan, pemilik motor juga harus memperhatikan bukaan gas. Slamet menuturkan, jika menggeber dengan RPM tinggi maka berpotensi terjadinya komponen piston yang macet. Problem ini biasa disebut anak bengkel dengan istilah ngejim.

"Ketika menggeber gas jangan terlalu keras, paling maksimum seperempat tuas gas. Atau mudahnya jika memiliki tachometer tak lebih dari 2.200 rpm," jelas Slamet seperti dilansir kumparan.

Sekadar informasi, ciri-ciri motor yang mengalami masalah ngejim ditandai munculnya suara menggelitik, lalu terdengar suara seperti tumpukan besi beradu, dan akhirnya mesin akan mati. Setelah mesin mati biasanya motor tidak akan merespons jika ingin dihidupkan kembali.

Lalu, berapa lama waktu ideal memanaskan motor dengan menggeber gas? Tips memanaskan mesin motor sambil memainkan bukaan gas disarankan tak lebih dari dua menit. Lebih dari itu dikatakan mubazir karena suhu mesin sudah berada di angka ideal. "Ideal suhu mesin motor adalah 82 derajat celsius. Ketika memanaskan dan digeber-geber cukup dua menit saja, itu sudah cukup," katanya.

Baca juga: Bagaimana Cara Merawat CVT Motor Matic? Lakukan 4 Hal Ini

Meski begitu, jika Anda lebih memilih memanaskan motor dengan keadaan mesin stasioner sebenarnya juga tak masalah. Dikatakan Slamet, motor sudah memiliki komponen pompa oli yang berfungsi mendistribusikan pelumas ke mesin.

Tapi perlu dicatat, durasi memanaskan mesin motor akan lebih lama sedikit ketimbang dengan cara digeber. Nah untuk mencapai suhu ideal umumnya sekitar 3,5 sampai 5 menit.

memanaskan mesin motor mesin motor Tips memanaskan mesin motor Tips Motor

Rekomendasi Motor Bekas