Selain Arus Kelistrikan, Perhatikan Hal Ini Sebelum Ganti Lampu Motor

momotor.id - Salah satu komponen sepeda motor yang kerap dimodifikasi adalah pada bagian lampu. Mengganti lampu motor memang tidak salah, namun sebaiknya jangan sembarangan. Ada beberapa tips yang bisa menjadi patokan ketika ingin ganti lampu motor.

Lampu utama pada beberapa model motor ada yang masih menggunakan bohlam biasa berwarna kuning. Beberapa pemilik motor mungkin ada yang ingin menggantinya dengan lampu LED atau HID yang berwarna putih terang. Namun sebelum menggantinya, simak dulu tips ganti lampu motor berikut ini.

Cek kemampuan reflektor

Karena motor lama menggunakan lampu berambiens netral yang tidak terlalu terang, maka reflektor lampu juga biasanya didesain menggunakan bahan yang sesuai lampu standar, sehingga hanya mampu menahan panas pada suhu tertentu.

Berbeda dengan lampu HID atau LED yang biasanya mampu menghasilkan panas berlebih karena tingkat watt dan terang yang jauh lebih tinggi. Bila kamu memilih lampu yang sangat terang dan tidak sesuai dengan kondisi reflektor, biasanya akan berlanjut pada kasus reflektor lampu yang meleleh.

Ada baiknya membeli lampu HID atau LED dengan watt yang tidak terlalu tinggi, juga warna putihnya tidak berlebih agar tingkat panas yang dihasilkan sesuai dengan kondisi motor.

Jenis soket lampu

Bagian ini juga tak kalah pentingnya sehingga harus diperiksa lebih dulu sebelum mengganti lampu. Kalau lampu yang sudah dibeli ternyata tidak cocok dengan soket di motormu, sama saja tidak bisa dipasang, dan akhirnya malah merugi. Itu sebabnya penting memeriksa dulu apa jenis soket lampu yang digunakan pada motor kamu.

Cek arus kelistrikan

Motor tipe lama masih menggunakan arus jenis AC (Alternating Current), yakni arus yang sifatnya masih berubah-ubah tergantung tegangan yang dikeluarkan. Lampu motor dengan arus ini biasanya masih berkedip saat tidak digas, dan baru terang saat digas atau saat dikendarai.

Baca juga: Tips Merawat Motor Berwarna Doff agar Tidak Cepat Kusam

Nah, arus seperti ini tidak cocok menggunakan HID dan LED karena akan memperpendek umur keduanya. Karena itu, pemilik motor yang mau mengganti lampu HID atau LED perlu menggunakan kelistrikan DC (Direct Current) seperti yang terdapat pada motor-motor baru, sehingga lampu motor akan tetap menyala terang dan tidak berkedip meski tidak digas. Hal ini juga akan membuat aki lebih tahan lama karena kelistrikannya sudah sesuai.

Jika bujet cukup terbatas, bisa menggunakan converter. Jadi kamu bisa menggunakan ini daripada harus mengganti jenis arus listrik.

Cara ganti lampu motor lampu motor Tips ganti lampu motor Tips Motor

Rekomendasi Motor Bekas