Tips Berkendara Sepeda Motor Aman dan Nyaman saat Malam Hari, Jangan Sampai Salah

momotor.id - Sebagai pengendara sepeda motor, sudah pasti kita pernah berkendara di malam hari. Tentu saja terdapat perbedaan yang akan kita rasakan ketika berkendara siang hari dan malam hari. Berkendara pada malam hari lebih membutuhkan fokus berlebih dibandingkan siang hari. 

Banyak pengendara yang lebih memilih mengendarai sepeda motor pada malam hari karena situasi lalu lintas cenderung lebih tenang dan tidak padat. Berkendara sepeda motor di malam hari memang bisa memberikan kepuasan tersendiri bagi sebagian orang, terutama saat perjalanan jauh.

Kelebihan dari berkendara di malam hari adalah tidak merasakan panas terik matahari, sehingga terasa lebih nyaman tanpa harus kepanasan. Selain itu, jalan yang sepi juga menjadi alasan bagi beberapa orang untuk memilih berkendara di malam hari.

Namun, perlu diingat bahwa berkendara di malam hari juga memiliki risiko yang lebih tinggi dibanding saat siang hari, karena berkendara di malam hari membutuhkan tingkat kewaspadaan yang lebih tinggi karena jarak pandang yang terbatas dan tubuh yang sudah seharusnya beristirahat pada malam hari.

Baca Juga : 13 Tips Mudik dengan Motor, Biar Aman sampai Kampung Halaman

Persiapan Berkendara Malam Hari

Berikut beberapa persiapan yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan berkendara pada malam hari, mulai dari kondisi sepeda motor, peralatan keselamatan, hingga kondisi fisik pengendara sepeda motor.

1. Pastikan Kondisi Lampu Pada Motor

Terdapat banyak lampu pada sepeda motor, hal ini meliputi lampu utama, lampu senja, lampu rem, hingga lampu sein. Lampu utama pada sepeda motor memiliki peran penting ketika berkendara pada malam hari. Oleh karena itu kita harus memastikan lampu utama pada sepeda motor kamu berfungsi dengan baik dan cukup terang.

Selain lampu utama, lampu senja juga perlu dipersiapkan. Lampu senja membantu pengendara dan pengguna jalan lain untuk melihat keberadaan sepeda motor kita ketika berkendara. Lampu sein yang membantu kita ketika akan belok. Hingga lampu rem yang memberikan info ke pengendara dibelakang kita bahwa kita melakukan pengereman. 

2. Perlengkapan Keselamatan 

Persiapkan perlengkapan keselamatan seperti helm yang sesuai, jaket, sepatu, sarung tangan, dan perlengkapan keselamatan lainnya yang dibutuhkan. Walaupun pakaian yang berwarna gelap lebih memberikan kesan fashion keren, namun akan sulit terlihat ketika malam hari. 

Oleh karena itu pastikan perlengkapan keselamatan yang kita gunakan cukup terang atau memiliki reflector yang dapat memantulkan cahaya. Hal ini bertujuan agar pengguna jalan lain bisa melihat keberadaan kita di jalan.

3. Persiapkan Kondisi Fisik

Sebelum berkendara pada malam hari tentu saja kita harus mempersiapkan kondisi fisik yang prima. Karena dengan kondisi fisik yang prima tentu saja akan membuat kita lebih fokus ketika berkendara. Cobalah untuk beristirahat dan tidur yang cukup sebelumnya.

4. Melewati Jalura yang Diketahui

Karena kita akan berkendara pada malam hari, tentu saja terdapat perbedaan jalan ketika siang dan malam hari. Oleh karena itu, pastikan bahwa kita mengetahui jalur yang akan kita lewati. Mulai dari kondisi jalan, kemacetan, dan sebagainya.

5. Menggunakan Helm dengan Visor Jelas

Seperti yang kita ketahui tidak semua visor pada helm sepeda motor memiliki warna yang jelas dan bersih, terkadang sengaja dibuat lebih gelap untuk menahan cahaya matahari. Namun hal ini tidak cocok untuk digunakan pada malam hari, karena membuat pandangan ke jalan semakin gelap.

Oleh karena itu, apabila ingin berkendara dengan sepeda motor pada malam hari kita menggunakan helm yang memiliki visor yang jelas dan bersih, sehingga kita dapat tetap terlindung dari angin dan dapat melihat jalan dengan jelas.

Tips Berkendara di Malam Hari

Setelah kita sudah mempersiapkan dan memastikan beberapa hal untuk berkendara sepeda motor pada malam hari. Berikut beberapa tips yang dapat membantu kita berkendara sepeda motor di malam hari dengan lebih aman dan nyaman.

  • Pastikan kondisi sepeda motor Anda dalam keadaan baik, termasuk lampu depan dan belakang, rem, ban, dan lainnya.
  • Kenakan pakaian yang mencolok atau terang agar lebih mudah terlihat oleh pengguna jalan lain.
  • Hindari mengenakan kacamata hitam atau lensa yang membuat pandangan Anda menjadi terbatas.
  • Selalu gunakan lampu utama saat berkendara di malam hari, dan pastikan lampu tersebut dalam keadaan baik dan terang.
  • Jaga jarak dengan kendaraan lain agar Anda memiliki waktu yang cukup untuk bereaksi jika terjadi sesuatu di depan Anda.
  • Perhatikan kondisi jalan, terutama jika sedang hujan atau ada genangan air. Hal ini dapat mempengaruhi keseimbangan sepeda motor Anda.
  • Istirahat yang cukup sebelum berkendara di malam hari, karena kurangnya istirahat dapat mempengaruhi kemampuan fokus dan reaksi Anda saat berkendara.

Baca Juga : 10 Barang yang Wajib dibawa Saat Mudik Naik Motor, Jangan Sampai Ketinggalan!

Berikut ulasan mengenai tips berkendara sepeda motor pada malam hari. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat membantu anda ketika berkendara pada malam hari. Kunjungi momotor.id untuk mendapatkan penawaran menarik mengenai trade in, motor baru, motor bekas, hingga electronic vehicle.

Info Otomotif Lebaran 2023 Mudik 2023 mudik naik motor Ramadan 2023 Tips berkendara motor malam hari Tips Otomotif

Rekomendasi Motor Bekas