momotor.id - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) belum lama ini telah memperkenalkan generasi terbaru NMax yang memiliki varian turbo. Lantas, dari mana inspirasi menyematkan turbo pada Yamaha NMax terbaru?
Dyonisius Beti selaku President Director and CEO PT YIMM mengungkapkan bahwa inspirasi turbo tersebut berawal saat dirinya bermain game balap di konsol PlayStation.
"Kalau balapan itu kan ada tombol Turbo, langsung kencang gitu. Dari situ kita membuat ide bagaimana kalau bisa membuat mtoor yang ada turbonya. Artinya, cc gak usah besar-besar, tapi kalau diperlukan, dipecet Turbo-nya, yang lain lewat," jelas Dyon.
Itu sebabnya, NMax Turbo kemudian dibekali Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT). Pada YECVT ini, Yamaha menambahkan semacam modul motor listrik penggerak yang tersambung dengan primary pulley atau puli utama pada gearbox CVT. Fungsinya sebagai pengganti peran roller untuk mengatur rasio putaran puli utama.
Untuk mengatur putaran puli ini, bisa dilakukan melalui riding mode yang terdapat pada tombol sebelah kiri setang. Ada dua pilihan mode berkendara yakni T Mode dan S Mode.
T Mode untuk berkendara dalam kota alias commuting mode, dan S Mode untuk membantu akselerasi sehingga lebih terasa tenaga dan sensasi turbonya.
Setiap riding mode ini juga bisa diatur tingkat levelnya menggunakan tombol Y-Shift. Ada tiga tingkatan yakni Low (1), Medium (2), dan High (3). Jadi, ini yang dimaksud teknologi Turbo pada Yamaha NMax terbaru yang mengaspal tahun 2024 ini.
"Kalau kita lagi selap-selip begitu mau motong, itu sering tenaganya kurang. Bagaimana kita membuat motor dengan Turbo powernya lebih kencang," kata Dyon.
"Begitu nanjak yang tinggi itu powernya hilang, tinggal mencet turbo, jess! Lewat. Saya pikir ide Play Station ini kita terapkan di motor baru. Inilah background lahirnya Nmax Turbo," tambahnya.
Berdasarkan pengetesan internal Yamaha, fitur Turbo ini bisa berakselerasi dari titik nol ke 100 meter bisa diraih dalam waktu 7,2 detik. Sedangkan Nmax versi sebelumnya memakan waktu 7,43 detik.
Baca juga: Kawasaki Luncurkan W175L di PRJ 2024: Mesin Sudah Injeksi
Nmax Turbo mampu berakselerasi lebih cepat untuk menempuh jarak 200 meter dibandingkan dengan Nmax generasi sebelumnya, dengan selisih jarak terpaut 9,2 meter.
Kemudian pengetesan menanjak dengan kemiringan 10 derajat dengan jarak 150 meter. Nmax Turbo bisa mencapai 11,73 detik, sedangkan Nmax generasi sebelumnya memakan waktu 12,33 detik.
Adapun dari sisi desain, Yamaha NMax Turbo tetap mempertahankan posisi berkendara yang dinilai menawarkan kenyamanan. "Motor itu Nmax terkenal karena riding position, sangat comfortable, itu kita pertahankan," ujarnya.