Ini Teknologi yang Bikin Motor Listrik Bisa Ngecas Sendiri Meski Masih Menempuh Perjalanan

momotor.id - Pengisian daya baterai motor bertenaga setrum tak hanya bisa dilakukan dengan menyambungkannya ke sumber listrik. Beberapa model motor listrik ada yang sudah dibekali teknologi self charging sehingga bisa mengisi otomatis daya baterainya.

Salah satu kekhawatiran calon konsumen motor listrik adalah fasilitas pengisian daya bila baterai sudah mau habis di tengah perjalanan.

Seperti diketahui, jumlah SPKLU saat ini belum merata di beberapa daerah dan hal ini menjadi satu di antara hal yang dipertimbangkan calon konsumen sebelum meminang motor listrik.

Bagi yang daerahnya belum terlalu banyak terdapat SPKLU, mungkin bisa mempertimbangkan model motor listrik yang sudah dibekali teknologi self charging.

Teknologi ini memungkinkan baterai motor listrik terisi secara otomatis dengan memanfaatkan gaya putar roda saat deselerasi. Daya yang dihasilkan lewat self charging ini memang tidak begitu besar.

Namun secara teknis, bisa menempuh jarak yang lebih jauh ketimbang motor listrik dengan kapasitas baterai serupa tanpa teknologi ini.

Saat pengendara melakukan deselerasi, maka roda yang masih berputar akan dimanfaatkan menjadi gaya putar penghasil daya listrik untuk mengisi baterai.

Sederhananya, saat pengendara motor listrik melepas tuas gas atau menguranginya, maka baterai secara otomatis akan mendapat asupan daya. Meski daya yang dimasukkan cukup kecil, namun karena dilakukan berulang membuat jarak tempuhnya menjadi lebih jauh.

Baca juga: Kenali Penyebab Baterai Motor Listrik Meledak: Kebiasaan Ini Bikin Sel Jadi Panas

Adapun problem lain yang membuat motor listrik masih kurang diminati adalah lamanya durasi pengisian daya baterai. Guna menjawab masalah ini, maka dihadirkan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU). Jadi, pengguna yang baterainya habis, bisa langsung menukarkan dengan baterai yang terisi penuh sehingga tak memakan waktu lama.

PLN pun telah berencana menerapkan standarisasi untuk baterai swap motor listrik. Pada Mei 2023 lalu, SPBKLU milik PLN hanya menyediakan baterai motor listrik dari pabrikan Viar dan Volta. Meski begitu, PLN menyatakan akan terus bekerjasama menggandeng pabrikan lainnya, dan akan berakhir pada terwujudnya standardisasi baterai motor listrik.

baterai deselerasi Motor Listrik self charging

Rekomendasi Motor Bekas