Dua Moge Honda Jajal Teknologi E-Clutch, Gak Perlu Lagi Tarik Tuas Kopling Pas Ganti Gigi

momotor.id - Honda kabarnya telah menerapkan teknologi E-Clutch alias sistem elektronik kopling otomatis pada dua model mogenya yakni CBR650R dan CB650R model 2024.

Dua moge tersebut menjadi motor Honda yang pertama kali ditanamkan teknologi kopling otomatis. Teknologi ini sendiri baru diperkenalkan Honda pada awal Oktober 2023.

Menurut Honda, teknologi kopling otomatis ini merupakan buatan pabrik pertama di dunia yang memungkinkan pengendara untuk berakselerasi, berhenti, dan mengganti gigi tanpa harus menggunakan tuas kopling.

Ketika motor sudah berjalan, kopling otomatis akan berfungsi seperti quickshifter yang membuat tuas kopling tak perlu lagi digunakan saat melakukan perpindahan gigi ke atas atau ke bawah.

Bedanya, kopling otomatis memungkinkan pengendara tak perlu menarik tuas kopling saat posisi diam atau berhenti. Meski begitu, sistem pengoperasian dengan cara menarik tuas kopling juga masih bisa digunakan.

Dengan penerapan teknologi ini, pengendara motor kopling hanya perlu mengoperasikan pedal persneling seperti pada motor bebek.

Teknologi kopling otomatis ini sendiri awalnya akan ditawarkan sebagai opsi, mirip dengan sistem transmisi kopling ganda pabrikan sayap kepak ini pada beberapa sepeda motornya.

Kontrol kopling diatur melalui unit aktuator yang menambah bobot sekitar 2 kg seperti yang ada di DCT, dan ditempatkan pada bak kopling atau penutup mesin sebelah kanan.

Adapun fitur kopling otomatis ini diklaim mengakomodasi berbagai pengalaman dan keterampilan berkendara pengendara. Hal ini memungkinkan pengendara lebih nyaman berkonsentrasi pada kesenangan berkendara.

Sistem E-Clutch ini memungkinkan untuk digunakan oleh lebih banyak pengendara dengan pengalaman dan keterampilan berkendara yang beragam. Jadi, pengendaranya dapat berkonsentrasi pada kesenangan berkendara dengan lebih nyaman.

Baca juga: Pelihara Suzuki V-Strom 250SX di Garasi, Berapa Duit Biaya Perawatannya?

Sebagai informasi, di luar penambahan E-Clutch, CBR560R dan CB650R juga mendapat ubahan dari sisi tampilan dan dashboard TFT penuh warna berukuran 5 inci baru dengan konektivitas RoadSync Honda yang dinavigasi melalui switch pod di sebelah kiri.

Dari sisi mesin, tak ada perubahan. Kedua moge ini masih menggendong mesin 649 cc 4-silinder yang mampu menyemburkan tenaga 92 Tk pada 12.000 rpm.

E-Clutch Honda CB650R Honda CBR650R kopling otomatis kopling otomatis Honda

Rekomendasi Motor Bekas