Yamaha Kembangkan Teknologi Motor Anti Jatuh, Bisa Tetap Seimbang saat Kecepatan Rendah

momotor.id - Yamaha kabarnya sedang mengembangkan teknologi bernama Advanced Motorcycle Stability Assist System (AMSAS) yang disebut bisa mencegah motor terjatuh dan tetap seimbang dalam kecepatan rendah.

Menurut Presiden Yamaha Motor, Yoshihiro Hidaka, AMSAS diciptatakn guna mewujudkan masyarakat bebas kecelakaan atau zero accident ketika berkendara dengan sepeda motor di tahun 2050.

Kecelakaan saat mengendarai sepeda motor dalam kecepatan rendah memang bisa terjadi. Kurang seimbang bisa membuat pengendaranya terjatuh dan menyebabkan cedera. Maka dari itu, Yamaha menciptakan teknologi ini agar pengendara motor lebih nyaman dan tidak khawatir terjatuh saat mengendarai motor dalam kecepatan rendah.

"Sistem pendukung stabilisasi sepeda motor ini dikembangkan dengan tujuan agar setiap orang dapat menikmati rasa kesatuan dengan mesin dengan ketenangan pikiran dan kenyamanan," ujar Director and Senior Executive Officer, General Manager of Yamaha’s Technology and Research Division, Heiji Maruyama.

Teknologi AMSAS dapat memenuhi tuntutan stabilisasi motor pada kecepatan kurang dari 5 km/jam. Pengembangannya mengambil teknologi Inertial Measuruments Unit (IMU) 6-axle yang dipakai pada Yamaha R1.

Bila melihat demonstrasi yang ditampilkan oleh Yamaha melalui kanal Youtube-nya, motor Yamaha R25/3 tampak dipasangi peralatan berupa drive dan steering actuator. Ada besi tambahan juga di bagian tengah motor yang mengarah ke luar bodi.

Motor yang dipasangi teknologi ini tampak bisa berbelok maupun berjalan dengan kecepatan rendah ketika pengemudinya tidak memegang setang kemudi. Kestabilannya juga ditampakkan ketika motor berjalan sendiri tanpa pengemudi.

Baca juga: Ini yang Berubah dari New Honda Scoopy Selain Dapat Warna Baru, Bikin Penggunanya Bilang Wow Begitu Sadar

"Teknologi ini membantu untuk menstabilkan postur kendaraan dalam situasi di mana keterampilan mengemudi pengendara yang tinggi diperlukan pada kecepatan rendah," tuturnya.

AMSAS akan dikembangkan sebagai fitur keselamatan tambahan pada sepeda motor Yamaha. Meski demikian, produsen asal Jepang ini belum mau menginformasikan lebih lanjut kapan teknologi ini akan dikomersialisasikan.

Motor Motor Yamaha teknologi terjatuh yamaha

Rekomendasi Motor Bekas