Teknik Pengereman Motor Ketika Hujan, Biasakan Pakai Empat Jari

momotor.id - Mengendarai motor ketika turun hujan perlu kewaspadaan ekstra. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah teknik pengereman motor ketika hujan. Karena jika salah langkah, bukan tak mungkin motor menjadi tergelincir dan pengendara pun bisa terjatuh.

Cara berkendara ditambah teknik pengereman motor yang kurang tepat ketika hujan merupakan hal yang menyebabkan potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas. Menggunakan rem motor ketika hujan harus hati-hati agar ban tidak selip sehingga pengendara kehilangan keseimbangan karena tak bisa mengendalikan motornya. Seperti dilansir laman Astra Motor, ada beberapa tips terkait teknik pengereman motor ketika hujan.

Gunakan empat jari

Gunakan empat jari kanan untuk melakukan pengereman ban depan. Teknik ini disebut membuat pengendara bisa lebih maksimal menghentikan laju motornya. Teknik menggunakan empat jari disebut bisa membantu pengendara menghindari risiko terpeleset ketika melewati jalanan yang licin.

Lepas handle gas motor

Tujuan melepas handle gas motor agar kendaraan bisa berhenti dengan cepat. Karena jika melakukan pengereman namun tetap menarik gas motor, hal ini akan percuma lantaran proses pengereman tak terjadi secara optimal.

Pegang erat stang motor

Saat berkendara di tengah hujan, pegang stang motor dengan kuat. Hal ini untuk mencegah terjadinya ban selip di tengah jalan. Pengendara juga bisa refleks dan menopang motor tersebut dengan kaki dan bagian tubuh.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Kiprok dan Fungsinya Pada Kelistrikan Sepeda Motor

Kurangi kecepatan secara bertahap

Untuk menghindari terjadinya ban selip, pengendara bisa melakukan pengereman secara bertahap. Perhatikan terlebih dahulu kondisi jalanan sekitar. Jika jalanan sepi, maka bisa lebih leluasa untuk melakukan pengereman secara bertahap. Namun jika jalanan sedang ramai dan macet, opsi terbaiknya adalah menurunkan kecepatan dan berkendara lebih pelan.

Info Otomotif Mengendarai Motor Hujan rem motor Teknik Pengereman Motor

Rekomendasi Motor Bekas