Ngisi Tangki Motor Sampai Luber Juga Punya Dampak Negatif, Bukannya Irit Malah Jadi Mubazir

momotor.id - Mengisi tangki hingga full tank memang tak ada salahnya. Namun jika terbiasa mengisi kepenuhan hingga luber, justru memliki dampak negatif. Apa ruginya bila mengisi tangki motor sampai luber?

Pengendara motor tentu memahami bagaimana proses pengisian ulang bahan bakar di SPBU. Petugas biasanya memasukkan nozzle ke lubang tangki dan mengisi tangki dengan bensin sesuai permintaan konsumen.

Pemilik motor mungkin menyadari bahwa nozzle pernah mendadak berhenti sendiri dan terdengar bunyi 'ctek'. Itu sebenarnya merupakan tanda bahwa tangki bensin sudah penuh.

Beberapa pengendara mungkin ada yang meminta agar pengisian bensin diteruskan karena belum menyentuh nominal yang diminta di awal. Imbasnya, ada yang mengisi tangki hingga meluber.

Padahal, tangki bensin juga memerlukan space atau ruang kosong. Menyisakan space pada tangki bahan bakar ini juga ada hubungannya dengan dampak negatif mengisi tangki motor sampai luber. Apa saja itu?

Bensin terbuang lewat penghisap uap

Bensin yang mengalir dari selang nozzle bisa terhisap lagi ke tangki SPBU. Artinya, bensin yang sudah terisi dan dibayar malah bisa terbuang percuma. Ini karena mesin pengisian bahan bakar telah dilengkapi dengan penghisap uap bensin modern.

Selang ini bisa mendeteksi bensin yang diisikan sudah penuh, sehingga otomatis akan menyedot kembali uap bensin yang luber dari lubang tangki. Alih-alih mengirit, malah jadi membayar percuma bensin yang kepenuhan tadi.

Bensin terbuang lewat selang

Untuk proses pembakaran maksimal, bensin butuh ruang agar bisa mengembang. Ini yang jadi alasan kenapa setiap tangki bensin memiliki lubang. Fungsi lubang ini adalah untuk mengurangi tekanan yang dihasilkan ketika bensin berada di dalam tangki.

Jadi ketika tidak ada ruang sama sekali pada tangki, maka gas yang seharusnya keluar dari lubang tersebut malah akan keluar dari tangki lewat selang. Artinya bensin yang sudah diisi penuh tadi hanya akan terbuang percuma juga dan tidak terpakai.

Baca juga: Bedanya Honda BeAT Varian CBS dan CBS-ISS Ada Empat, Fitur Ini Juga Jadi Pembedanya

Nah, itu tadi dampak negatif mengisi tangki bensin motor hingga luber. Isilah secukupnya. Jangan berlebih atau membiarkan tangki kosong.

Bensin luber nozzle Tangki Motor

Rekomendasi Motor Bekas