Begini Syarat Ganti Plat Motor Beserta Biayanya, Jangan Sampai Salah!

momotor.id - Setiap kendaraan diwajibkan untuk memiliki plat, plat tersebut memiliki fungsi sebagai identifikasi atau registrasi kendaraan. Plat nomor ini biasanya terdiri dari kombinasi huruf dan angka yang sifatnya unik dan khusus untuk kendaraan tersebut, jadi setiap kendaraan tidak mungkin memiliki no plat yang sama. 

Pada umumnya, pergantian plat pada kendaraan bermotor dilakukan bersamaan dengan pembayaran pajak lima tahunan. Regulasi ini wajib diikuti bagi pemilik kendaraan agar terhindar dari denda akibat kelalaian pergantian plat dan membayar pajak kendaraan. 

Berdasarkan dengan Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009, pengemudi yang menunda perpanjangan STNK setiap lima tahun akan dikenakan sanksi berupa denda sebesar Rp500 ribu dan kemungkinan penjara hingga 2 bulan.

Selain itu, jika Anda tidak segera mengganti plat nomor kendaraan setelah periode lima tahun berakhir, ada risiko bahwa data kendaraan Anda akan dihapus oleh pihak kepolisian. Akibatnya, kendaraan tersebut akan menjadi ilegal dan sulit untuk dipindah tangankan. Berikut syarat yang perlu dilengkapi.

Baca Juga : Daftar DP dan Cicilan Yamaha NMax 155 Semua Varian 2023: Angsuran Mulai Rp900 Ribuan

Syarat Mengganti Plat Motor

Dokumen yang harus dipersiapkan untuk mengganti plat motor cukup mudah, karena syarat ganti plat motor 5 tahunan hampir sama dengan syarat membayar pajak tahunan namun hanya perlu dilakukan cek fisik kendaraan. Berikut dokumen yang perlu disiapkan untuk mengganti plat motor.

1. e-KTP asli

Pertama harus membawa KTP asli yang masih berlaku sebagai bukti identitas pemilik kendaran. Pastikan nama dan alamat yang tercantum pada STNK dan KTP sama, apabila masih satu keluarga harap dibawa Kartu Keluarga. 

2. STNK asli

Syarat utama yaitu harus membawa STNK asli kendaraan bermotor tersebut. STNK ini merupakan bukti bahwa kendaraan bermotor telah terdaftar di Departemen Perhubungan dan diizinkan untuk beroperasi di jalan umum. 

3. BPKB asli

BPKB merupakan singkatan dari Buku Pemilik Kendaraan Bermotor, dokumen ini dibtuhkan sebagai bukti bahwa kendaraan tersebut dimiliki oleh pengendara yang diterbitkan oleh Departemen Perhubungan, pastikan dokumen ini asli. 

4. Hasil cek fisik kendaraan

Dokumen selanjutnya ada hasil cek fisik kendaraan, biasanya pengendara melakukan cek fisik kendaraan terlebih dahulu sebelum 

5. Surat kuasa

Surat kuasa ini hanya dibutuhkan apabila ketika melakukan pembayaran pajak 5 tahunan dan pergantian plat sepeda motor ini diwakilkan oleh pihak ketiga, pastikan dokumen ini wajib ada dan ditandatangani oleh pihak pertama.

Baca Juga : Simulasi DP dan Cicilan Vespa Sprint 150 ABS 2023, Angsuran Sampai 33 Kali!

Langkah Mengganti Plat Motor Baru

Setelah kita membawa semua dokumen yang menjadi persyaratan untuk melakukan penggantian plat kendaran bermotor, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan. Simak penjelasan berikut. 

1. Melakukan Cek Fisik Kendaraan

Pertama-tama ketika kita datang ke samsat terdekat, selanjutnya sebelum memarkirakan sepeda motor, kita langsung ke area pengecekan fisik kendaraan bermotor. Pengecekan ini tidak ada pemungutan biaya oleh petugas. 

2. Mendaftar dan Melakukan Validasi Cek Fisik

Selanjutnya kita akan mendaftar dan meminta legalisir pada hasil cek fisik kendaraan kita. Pertama-tama kita harus ke bagian loket di cek fisik, lalu memberikan STNK asli, kemudian petugas akan melakukan validasi hasil cek fisik tersebut, lalu tunggu hingga dipanggil.

3. Mengisi Formulir Perpanjangan STNK

Setelah melakukan pengecekan fisik kendaraan bermotor, selanjutnya kita masuk ke dalam samsat untuk mengisi formulir perpanjangan STNK dan penggantian plat nomor baru yang dibutuhkan. Apabila masih bingung, anda dapat bertanya dengan petugas. 

4. Mendaftar Pembayaran Pajak

Setelah mengisi formulir, selanjutnya kita akan diminta untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan. Kita harus menerima nomor antrian terlebih dahulu sebelum melakukan pendaftaran, lalu serahkan semua berkas kepetugas ketika nomor antrian kita dipanggil.

5. Membayar Pajak

Setelah berkas kita diberikan ke petugas, maka kita hanya perlu menunggu kalau nomor atau nama kita dipanggil. Apabila sudah dipanggil maka kita harus melakukan pembayaran pajak serta biaya ganti plat motor. Petugas akan mencetak tagihan pajak yang harus dibayar serta dua lembar bukti pembayaran, yaitu biru dan putih. 

6. Mengambil STNK dan Plat Baru

Dua bukti pembayaran tersebut yang berwarna biru dan putih, berfungsi untuk mengambil STNK dan Plat motor baru. Bukti pembayaran warna putih untuk mengambil plat motor baru, sedangkan bukti pembayaran warna biru untuk mengambil STNK baru. Pengambilan STNK dan plat baru ini dilakukan di loket masing-masing.

Biaya Mengganti Plat Motor

Biaya penggantian plat sepeda motor dan membayar pajak lima tahunan berdasarkan dari jenis sepeda motor tersebut. Sedangkan untuk penggantian plat nomor sepeda motor yatu Rp 60 ribu, sedangkan untuk mobil Rp 100 ribu. Lalu terdapat biaya untuk SWDKLLJ sebesar Rp 35 ribu, dan penerbitan STNK sebesar Rp 100 ribu. Selanjutnya biaya tersebut belum termasuk biaya PKB yang dapat dilihat di STNK atau di aplikasi Cek Pajak.

Baca Juga : Perbedaan Vespa Sprint Standard dan Vespa Sprint S, Pilih Mana?

Berikut ulasan mengenai syarat mengganti plat motor beserta biaya yang perlu dikeluarkan. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat membantu anda ketika ingin mengganti plat motor dan membayar pajak lima tahunan kendaraan bermotor. Kunjungi momotor.id untuk mendapatkan penawaran menarik mengenai trade in, motor baru, motor bekas, hingga electric vehicle.

Bayar Pajak Motor Info Otomotif Plat Nomor STNK Tips and Trick Tips Otomotif

Rekomendasi Motor Bekas