Mau Menang Banyak Beli Motor Listrik Subsidi Terus Dijual Lagi? Oh Tidak Bisa, Gini Kata Pak Menteri

momotor.id - Pemerintah telah mengumumkan rencana pemberian bantuan pembelian motor listrik. Dengan bantuan ini, pembelian motor listrik brand tertentu yang memenuhi syarat akan mendapat subsidi sebesar Rp7 juta mulai 20 Maret 2023.

Bila subsidi motor listrik ini mulai diterapkan pada 20 Maret 2023, maka harga beberapa model listrik akan lebih murah. Saat ini ada tiga brand yang dipastikan bisa mengklaim subsidi tersebut yakni Volta, Selis, dan Gesits.

Pemberian bantuan ini membuat harga motor listrik lebih terjangkau. Misalnya pada salah satu model motor listrik dari brand Selis, ada yang harga normalnya Rp10 jutaan menjadi hanya Rp3 jutaan saja setelah mendapat subsidi tersebut.

Lantaran selisih harganya cukup lumayan, mungkin ada pihak tertentu yang ingin memanfaatkan momen ini. Misalnya membeli motor listrik dengan harga subsidi, dan menjualnya lagi dengan harga normal.

Hal ini ternyata tak bisa dilakukan. Karena pemerintah telah menyusun skema agar bantuan pembelian motor listrik ini tepat sasaran.

Target penerima bantuan ini sendiri diutamakan pelaku UMKM, khususnya penerima KUR dan penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM). Selain itu, sasaran bantuan tersebut juga diutamakan untuk pelanggan listrik 450 VA sampai 900 VA.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang juga menyebut bantuan itu sifatnya terbatas. Dimaksudkan agar sasaran bantuan tersebut dapat diterima bagi yang berhak.

"Kita ditunjuk sebagai kuasa pengguna anggaran, verifikator kami sudah siap itu. Sehingga kami memastikan yang belanja motor atau mobil (listrik) itu adalah orang-orang yang kami anggap berhak," ujar Agus.

Pemotongan harga baru didapat setelah pihak diler atau dealership verificator memeriksa KTP dan NIK calon pembeli untuk dinyatakan layak atau tidak mendapat bantuan.

"Tidak bisa (buat) dua kali belanja, satu orang harus dengan satu NIK yang sama. Kemudian jika mau dijual lagi, itu tidak boleh. Kami sudah siapkan skemanya dalam waktu dekat mudah-mudahan sudah selesai," jelasnya.

Baca juga: Daftar Harga Motor Listrik Setelah Dapat Subsidi Rp7 Juta: Model Ini Jadi Rp3 Jutaan Aja

Adapun, syarat motor listrik yang bisa mendapat bantuan adalah yang sudah diproduksi di dalam negeri dengan tingkat kandungan lokal atau TKDN mencapai 40 persen atau lebih. Kemenperin sendiri menargetkan pembelian motor listrik sebanyak 200 ribu unit sampai Desember 2023.

Gesits Motor Listrik Selis subsidi motor listrik 2023 Volta

Rekomendasi Motor Bekas