Daftar Komponen yang Jadi Penyebab Timbulnya Suara Berdecit Pada Motor

momotor.id - Suara berdecit yang timbul ketika motor digunakan bisa bersumber dari beberapa hal. Pemilik motor bisa memeriksa beberapa komponen supaya suara berdecit tersebut hilang dan tak mengganggu selama dalam perjalanan.

Suara berdecit pada motor biasanya ditimbulkan dari beberapa komponen pada sistem pengereman. Penyebab timbulnya suara berdecit pada sistem pengereman bermacam-macam. Berikut empat penyebab munculnya suara berdecit pada sistem pengereman motor.

Cakram tidak rata

Salah satu alasan timbulnya bunyi berdecit saat melakukan pengereman adalah karena masalah pada cakram rem motor. Jika ini terjadi, sebaiknya periksa permukaan cakram apakah masih rata atau tidak.

Jika cakram sudah tidak rata, bisa jadi ini merupakan penyebab bunyi berdecit tadi. Kalau dibiarkan, permukaan cakram yang tidak rata cukup berbahaya. Semakin tidak rata, semakin berpotensi rem akan bermasalah. Selain itu, suara berdecit yang terus menerus juga mengurangi kenyamanan dalam berkendara.

Kampas rem menipis

Suara berdecit bisa pula disebabkan karena kampas rem yang sudah mulai menipis. Hal ini bisa dirasakan dengan genggaman rem yang sudah tidak sekuat sebelumnya. Jadi, fugsi rem sudah mulai menurun dan yang terdengat hanya suara decitan. Perlu sering-sering memeriksa kondisi kampas rem motor. Jika sudah tidak layak, langsung bawa ke bengkel untuk diganti.

Kampas rem kotor

Kotoran atau debu yang menempel pada cakram atau masuk ke dalam kampas, bisa jadi penyebab munculnya suara berdecit. Kotoran dan debu jika tidak segera dibersihkan akan jadi kerak, sehingga akan muncul bunyi ketika kampas rem terkena kerak yang ada di cakram itu tadi. Itu sebabnya, sebaiknya cuci motor secara berkala.

Baca juga: Aksesoris New Honda Genio Bertabur Aksen Gold Bikin Makin Ganteng, Cek Daftar Harganya

Cakram kena air

Hal ini wajar terjadi. Karena air akan membersihkan kotoran yang ada di cakram, sehingga cakram jadi keset. Ketika cakram keset dan terkena kampas, suara berdecit akan muncul karena saking kesetnya permukaan rem yang ada. Ini sebetulnya bisa hilang dengan sendirinya. Tidak perlu khawatir jika suara berdecit akibat cakram terkena air.

Info Otomotif Kampas Rem Rem Cakram Rem Terkena Air Suara Berdecit Motor

Rekomendasi Motor Bekas