Spek Motor Listrik Rakata S9 dan X5, Harga Mulai dari Rp10 Juta Usai Dapat Subsidi

momotor.id - Ada dua model motor listrik Rakata yang memenuhi syarat untuk mendapat subsidi sebesar Rp7 juta yakni X5 dan S9. Seperti apa spesifikasi Rakata X5 dan S9 yang mendapat subsidi Rp7 juta?

Dari sekian model motor listrik, Rakata termasuk brand yang memenuhi syarat mendapat subsidi sebesar Rp7 juta. Seperti disebutkan di atas, ada dua model Rakata yang berhak mendapat subsidi yakni X5 dan S9.

Selain sudah diproduksi di Indonesia, Rakata X5 juga memiliki nilai Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 54,17 persen.

Sedangkan nilai TKDN Rakata S9 sebesar 55,78 persen. Kedua model ini kin idijual dengan harga lebih terjangkau setelah mendapat subsidi sebesar Rp7 juta.

Rakata S9 yang normalnya dibanderol Rp17 juta, harganya kini menjadi Rp10 juta setelah dipotong subsidi. Sementara Rakata X5, harganya kini menjadi Rp15,1 jta dari harga normalnya Rp22,1 juta.

Lalu, seperti apa spesifikasi motor listrik Rakata S9 dan X5 ini?

Rakata S9 merupakan motor listrik dengan dimensi 1.750 x 720 x 1.050 mm. Motor itu mengusung baterai jel berkapasitas 60V20Ah. Sedangkan untuk menggerakan motor digunakan High Power Motor Variable Frequency 800W. Berkat kombinasi keduanya, Rakata S9 mampu menempuh kecepatan 45 km/jam dengan jarak tempuh 50-60 km.

Soal fitur, dengan harga Rp 10 jutaan Rakata S9 sudah dibekali dengan Lampu LED, layar LCD, suspensi teleskopik di depan, serta suspensi belakang double. Ban sudah menggunakan tubeless berukuran 10 inchi. Sistem pengereman menggunakan cakram di depan dan belakang.

Beralih ke Rakata X5, motor listrik ini dibanderol lebih mahal dari S9. Rakata X5 memiliki dimensi panjang 1.720 mm, lebar 650 mm, dan tinggi 1.100 mm. Rakata X5 bisa menempuh jarak hingga 70 km dengan kecepatan 50 km/jam.

Untuk baterainya, sama seperti S9 yaitu 60 V 20 Ah. Namun penggeraknya mengusung motor listrik Bosch 1.750 W. Rakata X5 mampu memuat dua slot baterai lithium. Namun setiap pembelian hanya mendapatkan satu baterai.

Sementara soal fitur, Rakata X5 tak berbeda jauh dengan S9 yaitu menggunakan lampu depan LED, layar LCD, suspensi depan teleskopik, hingga ban tubeless berukuran 10 inchi untuk menjaga grip.

Adapun motor listrik Rakata bersubsidi tak bisa dibeli oleh semua masyarakat. Ada empat syarat yang harus dipenuhi untuk meminang motor listrik ini.

Calon konsumen yang ingin membeli motor listrik tersebut harus memenuhi syarat seperti terdaftar sebagai penerima KUR (Kredit Usaha Rakyat), penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BUPM), penerima bantuan subsidi upah, dan penerima subsidi listrik sampai dengan 900 VA.

Baca juga: Simulasi DP dan Cicilan Motor Listrik Gesits G1 Setelah Dapat Subsidi Rp7 Juta: Serba Rp1 Jutaan

Untuk penerima KUR, datanya akan diperoleh dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang keuangan. Kemudian data penerima bantuan UMKM disediakan kementerian di bidang koperasi dan UMKM.

Selanjutnya, data penerima bantuan subsidi upah akan diperoleh dari kementerian yang mengurus bidang tenaga kerja. Sementara data penerima subsidi listrik sampai dengan 900 VA diperoleh dari kementerian ESDM.

Motor Listrik Rakata S9 Rakata X5 subsidi motor listrik

Rekomendasi Motor Bekas