Begini Spesifikasi dan Harga Yamaha All New R1M, Makin Langka!

momotor.id - Yamaha merupakan brand otomotif yang menyediakan sepeda motor untuk berbagai tipe, mulai dari motor bebek, matic, naked, sport, hingga super sport. Salah satu motor super sport keluaran dari Yamaha adalah All New R1M. 

Yamaha All New R1M merupakan sepeda motor super sport terbaru yang menwarkan performa yang maksimal, selain itu motor ini juga memiliki desain futuristik ditambah dengan teknologi terbaharukan dari Yamaha.

Motor ini pertama kali diluncurkna oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pada tahun 2015 di event Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Seiring berjalannya waktu motor ini terus mengalami pembaharuan mengikuti perkembangan zaman hingga All New R1M tahun 2023. 

Dengan mesin yang powerful ditambah lagi dengan desain fairing yang aerodinamis yang terbuat dari bahan carbon fiber, memberikan pengalaman balap MotoGP bagi pengendara. Oleh karena itu, artikel ini dibuat untuk mengulas spesifikasi, desain, dimensi, perfomra hingga harga dari Yamaha All New R1M. Simak ulasan lengkapnya dibawah.

Baca Juga : Spesifikasi, Harga dan Cicilan Kawasaki Ninja ZX-10R di PRJ 2023

Performa dan Mesin

Yamaha All New R1M ini sudah dilengkapi dengan mesin berkapasitas 998cc, 4-silinder, 4-stroke, 4-valves, dengan pendingin cairan. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 147,1kW pada 13500RPM dan torsi maksimum 112,4Nm pada 11500RPM. Dalam uji berkendara, motor ini dapat mecapai TopSpeed mencapai 293km/jam.

Sepeda motor ini juga sudah menggunakan sistem bahan bakar fuel injection dan sistem pelumasan force-speed lubricant. Selain itu juga kedua hal ini sudah menggunakan teknologi terbaru dari Yamaha yaitu, YCC-T dan YCC-I yang dapat meningkatkan efisiensi dan memberikan performa yang optimal. 

Desain dan Dimensi

Untuk desain, motor ini menggabungkan elemen estetika yang futuristik dengan aerodinamis yang sempurna, sehingga dapat memberikan pengalaman berkendara terbaik bagi pengendara. Perpaduan garis-garis tajam dengan lampu LED didepan serta penempatan bodywork membuat motor ini semakin mengesankan.

Selain itu terdapat tambahan sayap dan winglets dibagian depan membuat downforce bertambah, membuat stabilitas meningkat ketika berkecepatan tinggi. Motor ini memiliki dimensi 2055mm x 790mm x 1150mm, dengan bobot berat basah sebesar 199kg, lalu ground clearnace setinggi 130mm. 

Kenyamanan dan Keamanan

Sedangkan untuk kenyamana dan keamanan berkendara tentu saja Yamaha memikirkan hal tersebut. Perihal kenyamanan motor ini memiliki posisi berkendara yang ergonomis sehingga tidak akan membuat pengendara pegal ketika berkendara jauh.

Lalu motor ini juga sudah dilengkapi dengan suspensi depan up-side down berdiameter 43mm Ohlins Electronic Racing Suspension NPX dengan stroke 4,7 inci dengan range pengaturan preload, lalu untuk suspensi belakang sudah menggunakan monoshock Ohlins Racing Suspension dengan travel 4,7 ince. Kedua suspensi ini berguna untuk meredam getaran selama berkendara. 

Sedangkan untuk keamanan, motor ini sudah dilengkapi dengan sistem pengereman ABS (Antilock Braking System) sehingga dapat meningkatkan keamanan ketika berkendara. Untuk rem depan motor ini sudah menggunakan Dual hydraulic disc 310 mm, dan rem belakang Single hydraulic 220mm

Fitur All New Yamaha R1M

All New Yamaha R1M selain menjadi motor super sport andalan dari Yamaha, motor ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang dipasang. Salah satu fitur di motor ini adalah LIF (Lift Control System) yang memiliki fungsi untuk mengendalikan motor ketika berakselerasi. LIF mencegah efek wheelie yang berlebihan. 

Selain itu terdapat juga fitur Quick shift system yang berfungsi untuk membantu perpindahan gigi, dan Launch control yang dapat diatur dari Yamaha Control System di stang motor. Selain itu terdapat juga fitur lainnya sebagai berikut.

  •  M1-inspired carbon bodywork
  •  Öhlins Electronic Racing Suspension (ERS)
  •  Öhlins NPX anti-cavitation gas forks
  •  Lightweight carbon tail
  •  Engraved production number
  •  Brake Control (BC) system
  •  Engine Brake Management (EBM) system
  •  998cc crossplane engine
  •  Ride-by-wire APSG throttle
  •  Launch Control (LCS) system
  •  Bridgestone Battlax RS11 tyres – 190 wide rear
  •  Exclusive CCU enables wireless tuning
  •  6-axis Inertial Measurement Unit (IMU)
  • High-tech electronic control features

Harga

Perihal harga Yamaha All New R1M dapat bervariasi tergantung pada negara dan delaer. Namun, sebagai sepeda motor super sport unggulan dari Yamaha serta dilengkapi dengan mesin, hingga fitur yang canggih sudah pasti motor ini memiliki harga yang tinggi. Motor ini hanya memiliki warna Silver Blue Carbon dengan harga Rp 812 juta untuk OTR DKI Jakarta.

Baca Juga : Skema Cicilan Yamaha Grand Filano di PRJ 2023, Cicilan Mulai dari 1 Jutaan

Berikut ulasan mengenai spesifikasi dan harga Yamaha All New R1M. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat membantu anda menentukan sepeda motor super sport yang sesuai dengan kebutuhan anda. Kunjungi booth Adira Finance selama PRJ 2023 berlangsung, dan dapatkan penawaran menarik terkait cicilan motor baru, motor bekas, hingga electric vehicle.

All New R1M Info Otomotif Motor Sport Motor Yamaha Tips Otomotif yamaha

Rekomendasi Motor Bekas