Begini Spesifikasi dan Harga Honda C70, Motor Legendaris Honda

momotor.id - Motor klasik menjadi sebuah ikonik yang legendaris, salah satu contohnya adalah motor klasik dari brand Honda yaitu Honda C70. Sepeda motor yang diperkenalkan pada tahun 1979 ini memenangkan hati para pengendara dengan desainnya yang ikonik, selain itu hal tersebut juga didukung oleh kehandalan yang luar biasa serta kenyamanan berkendara. 

Walaupun sudah berhenti diproduksi sejak tahun 1986, motor ini masih cukup ramai diperbincangkan.Kepopuleran Honda C70 pada masanya membuat motor bebek ini memiliki julukan tersendiri, yaitu “Si Pitung” yang memiliki kepanjangan adalah “Pitung Puluh” yang dalam bahasa Jawa artinya tujuh puluh.

Tujuh puluh ini menandakan bahwa sepeda motor ini hanya dibekali dengan mesin yang berkapasitas 70cc, walaupun hanya segitu motor ini dapat digeber hingga kecepatan maksimumnya. Sehingga tidak heran masih banyak yang mencari sepeda motor ini.

Tampilan ikonik klasik dari Honda C70 menjadikan motor ini memiliki ciri khas sepeda motor tahun 70-an yang sangat menarik. Tidak sedikit juga yang memodifikasi motor ini menjadi sedemikian rupa. Berikut penjelasan mengenai spesifikasi dan harga untuk Honda C70.

Baca Juga : Spesifikasi dan Fitur Honda CT 125, Motor Kapcai Cub dari Honda

Desain dan Dimensi

Honda C70 memiliki desain yang khas dan ikonik sehingga masih dikenal hingga saat ini. Dengan bentukan bodi yang klasik, lampu bulat serta jok yang memiliki desain khusus, membuat Honda C70 memancarkan cerita nostalgia tahun 70an. 

Desain yang sederhana namun elegan membuat sepeda motor ini tak lekang oleh waktu. Motor ini memiliki dimensi 1805mm x 685mm x 995mm dengan berat kosong sekitar 83,5kg. Jarak sumbu roda 1180 mm, tinggi jok 760mm, dan ground clearance 130mm, sehingga tidak perlu khawatir melibas polisi tidur. 

Performa Mesin

Walaupun memiliki ukuran yang cukup compact, Honda C70 memiliki performa yang tangguh. Motor ini sudah dilengkapi dengan mesin berkapasitas 72cc dengan tipes mesin 4-langkah, OHC dengan sistem pendingin udara. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 4,5kW pada 9000rpm dan torsi maksimum 5,2Nm pada 7000 rpm.

Mesin Honda C70 menunjukkan ketangguhannya karena dapat menggunakan rasio kompresi mesin sebesar 8.8 banding 1. Selain itu motor ini juga memiliki ukuran diameter bore dan stroke sebesar 47 mm x 41,4 mm. Honda C70 juga dilengkapi dengan sistem kopling sentrifugal basah, multiple, semi-otomatis yang memudahkan pengendara dalam mengoperasikan gigi rasio pada sepeda motor ini.

Kenyamanan dan Keamanan

Perihal kenyamanan, motor ini sudah menawarkan kenyamanan yang tak tertandingi dalam kelasnya pada tahun 70an. Memiliki posisi duduk yang tegak serta jok motor yang lebar membuat Honda C70 memberikan pengalaman berkendara yang nyaman walaupun menempuh jarak yang cukup jauh.

Selain itu motor ini juga sudah dilengkapi dengan suspensi swing arm dan double shock breaker sehingga dapat meredam getaran dengan sempurna.

Perihal keamanan, Honda C70 80% terbuat dari bahan besi, sehingga tidak heran memiliki kekuatan yang lebih besar dibandingkan dengan motor dengan body plastik. 

Selain itu untuk sistem pengereman sudah dilengkapi dengan rem tromol yang memiliki daya cengkram yang cukup tangguh. 

Kemudahan Penggunaan dan Pemeliharaan

Semua sepeda motor tentu saja dirancang untuk membantu pekerjaan utama dari konsumen, begitu juga dengan Honda C70 yang dirancang sangat ramah pengguna dan pemeliharaan. Motor ini sudah dilengkapi dnegan fitur sistem electric start dan kickstarter, sehingga pengendara dapat dengan mudah menghidupkan mesin.

Untuk sistem kelistrikan motor ini cukup unggul untuk sekelas sepeda motor pada tahun 70an. Motor ini sudah menggunakna busi dengan jenis NGK C7HS / ND U22FS dan sudah memakai sistem pengapian CDI. 

Selain itu, aksesibilitas komponen mesin dan bagian-bagian lainnya memudahkan pemilik untuk melakukan perawatan rutin dan pemeliharaan mandiri, menghemat waktu dan biaya servis. Namun untuk mencari sparepart yang masih asli cukup sulit ditemukan. 

Harga Honda C70

Karena merupakan sepeda motor antik, sehingga tidak heran harag Honda C70 dipatok dengan harga yang cukup tinggi, walaupun ada juga yang memasarkan motor ini dengan harga yang masih ramah kantong. Hal tersebut tergantung dengan kondisi sepeda motor. Berikut adalah harga Honda C70 bekas.

Harga diatas tidak sepenuhnya sesuai dengan harga aslinya, karena banyak faktor yang memengaruhi dari harga sebuah sepeda motor, contohnya kilometer hingga keaslian sparepart.

Baca Juga : Sederet Promo Menarik Pembelian Motor di PRJ 2023: Diskon Angsuran Hingga 4 Kali, Ada Cashback Sampai 1 Juta

Berikut ulasna mengenai spesifikasi dan harga untuk Honda C70, motor klasik legendaris dari Honda. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat membantu anda memilih motor klasik yang sesuai dengan kebutuhan. Kunjungi momotor.id untuk mendapatkan penawaran menarik mengenai trade in, motor baru, motor bekas, hingga electronic vehicle.

Honda C70 Info Otomotif Motor Bebek Motor Honda motor klasik Tips Otomotif

Rekomendasi Motor Bekas