Intip Spesifikasi dan Harga BMW S1000RR 2023, Makin Menarik buat Dipinang

momotor.id - BMW merupakan singkatan yang diambil dari bahasa German, yaitu Bayerische Motoren Werke merupakan perusahaan terkenal dari German yang bergerak dibidang otomotif. Perusahaan ini menghasilkan banyak produk otomotif premium dikelasnya, mulai dari sepeda motor hingga mobil. 

Pada saat ini kita akan membahas mengenai sepeda motor yang dikeluarkan dari pabrikan German ini, namun perlu diketahui bahwa BMW setiap memiliki cara masing-masing untuk menamai produknya. Salah satu caranya dengan menggabungkan angka dan huruf.

Salah satu contohnya adalah BMW S1000RR, nama motor ini merupakan gabungan dari huruf dan angka yang memiliki arti tersendiri. Kode S pada awal kata menandakan bahwa motor ini menggunakan mesin dengan konfigurasi 4-silinder segaris. 

Selanjutnya angka 1000 yang menandakan kapasitas dari mesin motor tersebut adalah 1000cc, dan dua huruf terakhir yang menandakan peruntukan motor tersebut. Huruf RR merupakan singkatan dari Road Racing, hanya motor BMW dengan performa tinggi yang menggunakan kode ini.

Baca Juga : Intip Spesifikasi dan Harga Yamaha R6, Motor Sport Jawara dari Yamaha

Spesifikasi BMW S1000RR

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa sepeda motor keluaran BMW yang memiliki kode RR merupakan sepeda motor yang memiliki performa yang tinggi contohnya adalah BMW S1000RR. BMW S1000RR merupakan perwujudan dari gabungan teknologi dan performa yang tinggi dalam dunia motor sport. Berikut adalah spesifikasi dari BMW S1000RR. Simak penjelasan berikut. 

1. Mesin 

BMW S1000RR sudah dilengkapi dengan mesin yang memiliki performa tinggi yaitu mesin 4-Stroke, DOHC, sitem pendingin cairan dengan kapastias 999cc. Motor ini juga sudah dilengkapi dengan Electronic Intake Pipe Injection sehingga dapat menghasilan performa yang maksimal. Motor ini dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 207 horse power pada 13.500 rpm, serta dapat menghasilkan torsi maksimum sebesar 113 Nm pada 11.000 rpm.

2. Desain

Perihal desain motor ini menghabiskan waktu yang cukup panjang untuk menguji desain fairing generasi baru superbike. Desain ini membuat motor ini tampak lebih gagah dan lebih keren dibandingkan motor sport pada umumnya, ditambah lagi motor ini memiliki sayap plastik komposit yang menyebabkan downforce aerodinamis hingga 17,1 kg. 

Selain itu motor ini juga dapat menampung sekitar 17,5 liter bahan bakar, memiliki desain tangki yang sudah dikombinasikan dengan tempat duduk pengendara, sehingga dapat melakukan handling lebih nyaman. Selain itu motor ini sudah menggunakan headlamp LED ganda yang dibuat terpisah pada fairing depan. 

3. Transmisi dan Rem

Sedangkan untuk transmisinya motor ini menggunakan transmisi manual dengan 6 percepatan, selain itu motor ini sudah dilengkapi dengan kopling Hydraulic Multi-Plate dengan sistem slipper clutch. Sedangkan untuk jenis penggerak menggunakan chain drive

Perihal keamanan berkendara motor ini sudah dilengkapi dengan rem depan bercakram ganda dengan diameter 320mm sedangkan untuk rem belakang sudah menggunakan cakram tunggal dengan diameter 220mm. Kedua rem ini sudah dilengkapi dengan sistem ABS (Anti Lock Braking System).  

4. Rangka dan Suspensi

BMW S1000RR sudah dilengkapi dengan rangka Twin-spar dari bahan alumunium, dengan travel suspensi depan belakang berjarak 120mm. Suspensi depan menggunakan telescopic dan suspensi belakang menggunakan swing arm. Selain suspensi konvensional ini juga dilengkapi dengan suspensi elektronik yang menggunakan sistem Dynamic Damping Control (DDC). 

5. Dimensi dan Berat

Untuk dimensi dan berat motor ini memiliki berat kotor sebesar 407 kg, berat kosong sebesar 179,5 kg dan bobot sebesar 208 kg. Motor ini memiliki kapasitas 2 tempat duduk dengan ketingggian jok setinggi 815 mm, tinggi motor 1140 mm serta ground clearance setinggi 140 mm. Sedangkan untuk panjang dan lebar motor ini memiliki panjang 2070 mm dan lebar 826 mm. 

6. Fitur Tambahan

Berbicara mengenai fitur, motor ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur terbaru dari BMW yang akan membuat performa motor sport ini menjadi lebih optimal, sehingga dapat memberikan pengalaman berkendara yang maksimal bagi pemiliknya.

Motor ini dilengkapi dengan panel instrumen dengan jenis digital dan analog, Dynamic Traction Control (DTC) 6 tingkat dengan brake slide assist untuk deselariasai dan slide control untuk akselerasi. Berikut beberapa fitur yang ada pada BMW S1000RR 2023. 

  • Dynamic Traction Control (DTC), dengan New Slide Control 
  • Throttle Mapping dengan mode Rain, Road, Dynamic, Race Pro 1 to 3
  • Hill Start Control dan Hill Start Control Pro
  • Advanced Shift Assistant Pro
  • Launch Control 
  • Pit Lane Limited
  • Advanced Flex Frame
  • Improved chassis geometry
  • Easier removal of rear wheel
  • Fully adjustable up side down 45 mm telescopic fork
  • Dynamic Damping Contorl (DDC)
  • ABS Pro with New Brake Slid Assist anda ABS Pro Slick Setting
  • New Winglets

Harga BMW S1000RR

Motor ini di Indonesia dibanderol dengan harga senilai Rp 767 juta. Selain itu BMW Motorrad Indonesia menyediakan tiga varian warna untuk motor ini, yakni Black Storm Metallic, Light White/Racing Blue Metallic/Racing Red, dan Hockenheim Silver Metallic. Semua warna ini memiliki ciri khas masing-masing dan tentu saja tetap memberikan kesan yang sporty untuk motor ini.

Baca Juga : Harga dan Spek BMW G 310 GS, Moge yang Dikendarai Ariel Noah Pas Balik ke Jakarta

Setelah penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa BMW S1000RR merupakan perwujudan teknologi dan performa yang tinggi dalam dunia sepeda motor. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat membantu anda menentukan motor sport mana yang cocok untuk anda. Kunjungi momotor.id untuk mendapatkan penawaran menarik mengenai trade in, motor baru, motor bekas, hingga electronic vehicle.

BMW S1000RR Info Otomotif Motor BMW Motor Sport motor sport fairing Tips Otomotif

Rekomendasi Motor Bekas