Kunci Motor Macet Susah Diputar, Jangan Dipaksa dan Lakukan Ini Sebagai Solusinya

momotor.id - Pemilik motor mungkin pernah mengalami situasi ketika sulit memutar kunci pada lubang kunci. Biasanya, kunci motor macet ketika ingin memutar ke kondisi ON atau hendak mengunci setang.

Sebelum membahas bagaimana cara mengatasinya, pemilik motor perlu mengetahui dulu apa saja yang menyebabkan kunci motor menjadi macet sehingga sulit diputar.

Hal pertama, karena adanya penumpukan kotoran dan debu dalam mekanisme kunci sehingga menjadi sulit diputar. Kedua, motor jarang digunakan sehingga terjadi kekakuan karena kurangnya pelumasan dan pergerakan mekanisme.

Penyebab ketiga, bisa karena penggunaannya yang kasar sehingga menyebabkan kekakuan dan keausan. Penyebab keempat, karena memang mengalami penuaan komponen alias mulai habis masa pakainya. Dan kelima, adanya kerusakan internal pada mekanisme kunci.

Misalnya seperti patah atau terdapat keausan pada bagian-bagian tertentu sehingga menyebabkan kunci macet.

Lalu, bagaimana cara mengatasi problem ini? Tentunya, jangan dipaksa memutar sekuat tenaga bila macet karena bisa rusak bagian internalnya atau malah patah kuncinya.

Solusi pertama, pengguna bisa melumasi kunci motor menggunakan pelumas kunci atau WD-40. Masukkan kunci ke lubang kunci dan biarkan pelumas meresap selama beberapa menit.

Bila tak ada masalah pada mekanisme internalnya, biasanya kunci sudah tidak lagi macet ketika diputar setelah dilumasi. Namun bila masih macet, pemilik motor perlu memeriksa mekanisme internal kunci.

Jika tak begitu paham, sebaiknya bawa motor ke bengkel agar ditangani oleh teknisi profesional. Adapun cara mencegah kunci motor macet bisa dengan melumasi bagian ini dengan pelumas secara berkala.

Baca juga: Daftar Kebiasaan Buruk yang Bikin Motor Jadi Turun Mesin: Jarang Ganti Oli hingga Riding Ugal-ugalan

Terutama jika motor sudah beberapa hari atau beberapa pekan digunakan untuk berkendara saat hujan. Karena biasanya, pengendara motor langsung memasukkan kunci meski kondisinya masih basah.

Air di dalam mekanisme internal ini yang juga bisa membuat kunci menjadi macet nantinya. Selain dilumasi, usahakan bagian ini tetap kering dan hindari penggunaan yang kasar.

Kunci Motor kunci motor macet pelumas

Rekomendasi Motor Bekas