Soket USB Charger Motor Kena Air, Gak Bahaya Ta?

momotor.id - Pada beberapa model motor kekinian, ada yang telah dilengkapi fitur soket USB charger untuk mengisi daya smartphone. Lalu, bagaimana jika soket USB charger ini terkena air?

Beberapa pemilik motor mungkin ada yang merasa khawatir sistem kelistrikan tunggangannya akan mengalami korsleting jika komponen ini sampai terkena air.

Potensi soket USB charger terkena air bisa terjadi ketika sedang mencuci motor, terutama jika tak sengaja tersiram saat kondisinya sedang terbuka.

Jadi, apakah komponen ini masih aman bila terkena air? Jawabannya mesti mencari tahu lebih dulu sebanyak apa air yang masuk ke soketnya. Apakah air yang masuk hanya sebatas cipratan atau sampai merendam soket charger.

Jika hanya cipratan air, maka umumnya tak menyebabkan terjadinya korsleting listrik. Namun jika soketnya sampai terendam air, besar kemungkinan akan terjadi korsleting.

Meski begitu, pemilik motor tak perlu terlalu khawatir. Karena korslet yang terjadi jika soket USB charger terendam air hanya terjadi di bagian ini.

Sedangkan komponen kelistrikan motor lainnya tetap aman. Apalagi jika soket charger tersebut merupakan bawaan pabrik. Korsleting yang terjadi akibat terendam air biasanya hanya menyebabkan putusnya sekring pada komponen ini.

Solusinya, pemilik motor hanya perlu mengganti sekring ini dengan yang baru dan soket charger USB sudah bisa digunakan kembali.

Baca juga: Belum Ada Pada Motor Jadul, Ini Lima Fitur Kekinian yang Mulai Umum Ditemui Pada Motor Modern

Adapun bagi pengendara motor yang sering menggunakan fitur ini untuk mengisi ulang daya baterai smartphone, pastikan penggunaannya saat mesin motor sudah menyala agar aki motor tidak melemah. Mengecas smartphone hanya dengan memposisikan kontak di posisi ON, bisa membuat kinerja aki motor tak optimal.

Kemudian, penggunaan port charger pararel yang menyediakan lebih dari satu port USB bisa menimbulkan masalah karena aki motor akan bekerja lebih keras bila kedua port tersebut digunakan.

Bila sampai terjadi, suhu di dalam kompartemen akan lebih panas dan berpotensi menimbulkan masalah pada sisi safety.

Temukan motor favorit kamu gak pake ribet, download aplikasi adiraku sekarang!

air Motor USB charger

Rekomendasi Motor Bekas