Honda Punya Skuter Mungil Motocompacto: Bobotnya Setara Galon Air, Bisa Tempuh 19 Km

momotor.id - Pada tahun 80an, Honda pernah menghadirkan skuter listik mungil bernama Motocompo. Sekarang, skuter tersebut telah lahir kembali sebagai Honda Motocompacto dengan tampilan lebih modern.

Honda Motocompacto memiliki dimensi panjang 38,1 inci, tinggi 34 inci, lebar 17,2 inci, serta tinggi tempat duduk 24,5 inci. Bobotnya sekitar 18,7 kg, yang kira-kira setara berat galon air mineral.

Tampak bentuknya lebih langsing bila dibandingkan dengan Motocompo yang cenderung berisi dan melebar. Sebaliknya Motocompacto seperti koper dokumen. Karena sesuai namanya 'compacto' yang berarti ringkas, bila ini dilipat panjangnya jadi 29,1 inci, tinggi 21,1 inci dan lebarnya hanya 3,7 inci.

Makanya saat disimpan tidak memakan banyak ruang. Dari bagian dapur pacu, skuter ini menggendong baterai 6,8 Ah dan bisa dicas selama 3,5 jam. Saat terisi penuh, bisa menempuh jarak 19 kilometer dengan kecepatan puncak 24 km/jam.

Secara utilitas ideal untuk keliling lingkungan perusahaan, kampus, hingga komuter menuju kantor di dalam perkotaan. "Motocompacto merupakan salah satu keunikan Honda dalam hal strategi elektrifikasi kami untuk mendukung tujuan netralitas karbon dengan membantu pelanggan dalam transportasi tanpa emisi secara menyeluruh," ujar Vice President of the R&D Business Unit American Honda Motor, Jane Nakagawa.

Sedangkan Project Lead dan Design Engineering Unit Leader Honda Development & Manufacturing of America, Nick Ziraldo, mengatakan Motocompacto mudah digunakan sekaligus dirancang dengan memperhatikan aspek keselamatan, daya tahan, dan keamanan.

Untuk urusan fitur, telah disematkan kursi berukuran kompak, pijakan kaki yang kuat, speedometer digital, pengukur pengisian daya, rem tromol, dan pegangan untuk dapat dijinjing lebih mudah.

Baca juga: Banyak Calon Konsumen Minta Buka Body, Garansi Rangka Motor Matic Yamaha Kini Sampai 5 Tahun

"Kendaraan ini menggunakan rangka dan roda alumunium yang diberi perlakuan panas yang kuat, lampu depan dan belakang, reflektor samping, dan lingkaran kunci baja yang dilas pada penyangga yang kompatibel dengan sebagian besar kunci sepeda," jelasnya.

Honda Motocompacto Motor Listrik skuter

Rekomendasi Motor Bekas