Ini Sebabnya Mengapa Penting Melakukan Servis Berkala Sepeda Motor

momotor.id - Sebagai salah satu kendaraan berbahan bakar minyak, sepeda motor juga perlu mendapatkan perawatan berkala. Servis berkala motor bisa dilakukan dengan mengikuti panduan yang ada di buku servis guna menjaga kinerja mesin tetap optimal.

Menunda servis berkala pada motor menimbulkan risiko meningkatnya biaya perbaikan. Karena komponen yang seharusnya tak perlu rusak karena mendapat perawatan berkala, bisa saja rusak karena tak kunjung dirawat. Tujuan servis sepeda motor adalah untuk memaksimalkan performa mesin dan komponen lainnya. Lalu, apa saja manfaat dari melakukan servis motor secara berkala?

Menjaga performa mesin

Servis mesin secara berkala dimaksudkan untuk menjaga performa mesin itu sendiri. Selain penggunaannya, beberapa komponen yang dikandungnya mungkin bukan bilangan prima. Perawatan mesin secara teratur membersihkan komponen-komponen ini dan menyetel ulang saat suku cadang diganti. Tentu saja hal ini memaksimalkan performa mesin sehingga tetap nyaman digunakan sehari-hari.

Berkendara lebih nyaman

Perawatan sepeda motor secara teratur memberikan gambaran kepada pengguna tentang kondisi sepeda motor mereka secara keseluruhan. Tidak hanya keadaan sepeda motor yang terlihat dari luar, tetapi juga suku cadang mesinnya. Dengan mengidentifikasi masalah sepeda motor sejak dini, pengendara sepeda motor dapat berkendara dengan lebih nyaman dan terhindar dari kecelakaan.

Hemat

Perawatan rutin dapat membantu mendeteksi kerusakan mesin sejak dini. Tentu saja ini mempengaruhi biaya perawatan mesin dan lebih murah. Jika kamu menunda, kerusakan mesin akan semakin parah, mempengaruhi kerusakan pada bagian lain dan meningkatkan biaya.

Baca juga: Selain Lumuri Pelumas, Simak Cara Merawat Rantai Roda Sepeda Motor

Menjaga performa mesin

Dengan perawatan rutin, mesin kamu akan terjaga performanya. Dengan perawatan yang maksimal, performa mesin tetap prima dan bisa digunakan bertahun-tahun. Tentu saja perawatan sepeda motor ini jauh lebih murah daripada membeli motor baru. Jika ada gejala masalah pada mesin, juga bisa langsung diketahui ketika servis berkala. Hal ini bisa membantu pemilik motor terhindar dari mengeluarkan biaya yang lebih besar lantaran gejala kerusakan tak kunjung ditindaklanjuti.

Info Otomotif Service Berkala Motor Service Motor Servis Berkala Motor Servis Motor

Rekomendasi Motor Bekas