Selain Cuma Pakai Rem Depan, Ini Kesalahan Umum Pengendara Motor Matic Ketika Melakukan Pengereman

momotor.id - Pengendara motor matic mungkin kerap tak menyadari bahwa gaya pengeremannya saat mengendarai tunggangan roda duanya tidaklah tepat. Ada beberapa kesalahan umum yang biasa dilakukan pengendara motor matic ketika menarik tuas rem.

Tak seperti motor sport atau motor bebek, posisi kedua rem pada motor matic berada di setang kemudi. Sementara pada motor sport dan motor bebek, rem belakang ditempatkan di bagian kaki dan rem depan pada bagian tuas gas.

Secara teknis, penggunaan rem pada motor matic sebenarnya lebih praktis ketimbang kedua model tersebut. Namun mungkin karena terlalu praktis, ada beberapa pengendara yang mengabaikan teknik pengereman yang benar pada motor matic.

Lalu, apa saja kesalahan umum yang biasa dilakukan pengendara motor matic saat melakukan pengereman? Berikut penjelasan selengkapnya.

Cuma pakai rem depan

Ini merupakan kebiasaan yang sering dilakukan. Padahal, mengerem hanya menggunakan rem depan akan membuat roda depan terkunci dan membuat motor menjadi tidka stabil.

Hanya menggunakan satu rem

Ada pengendara yang sering hanya menggunakan rem depan atau hanya rem belakang saja. Kebiasaan ini juga tidak bagus karena membuat laju motor lebih sulit dikendalikan dan membuat rem cepat aus.

Menarik tuas rem secara mendadak

Menarik tuas rem secara mendadak bisa membuat roda terkunci sehingga menjadi tidak stabil. Saat motor tidak stabil, terbuka potensi terjadinya kecelakaan. Kebiasaan menarik tuas rem secara mendadak juga mengakibatkan rem cepat aus.

Baca juga: Tips Supaya Ban Motor Tidak Kempes Selama Ditinggal Mudik, Gak Cukup Cuma Standard Tengah

Adapun cara yang benar dalam menggunakan rem pada motor matic adalah mengombinasikan kedua rem secara bersamaan. Pengereman menggunakan kedua rem dapat mempercepat proses pengereman dan membuat proses berhenti menjadi lebih stabil.

Kombinasi rem juga membuat tekanan rem terbagi secara merata dan menghindari terjadinya ban belakang terkunci dan mengalami selip. Hal ini juga membantu mencegah rem yang aus pada salah satu sisi saja.

Motor Matic pengereman motor matic Rem Motor Matic tuas rem

Rekomendasi Motor Bekas