Rekomendasi Motor Listrik dari Yamaha, Mana yang Paling Menarik?

momotor.id - Kendaran listrik sudah semakin sering kita jumpai di jalanan, selain itu merk motor listrik juga semakin beragam sehingga masyarakat memiliki banyak alternatif apabila mencari kendaraan motor listrik. 

Salah satu merk yang ikut meramaikan pasar motor listrik di Indonesia adalah brand Yamaha. Pabrikan asal Jepang ini sudah memiliki pangsa pasar yang besar di Indonesia untuk motor konvensional, namun tak banyak yang tahu bahwa Yamaha juga menggeluti teknologi elektrifikasi. 

Memasuki tahun 2023, rumor mengenai kehadiran motor listrik dari brand Yamaha semakin gencar mengikuti kebutuhan dan trend dari masyarkat mengenai motor listrik. Salah satu model yang sudah dipamerkan di IIMS tahun 2022 yaitu Yamaha E01, motor ini mirip dengan NMAX namun berjenis electronic vehicle.

Rekomendasi Motor Listrik Yamaha

Dikarenakan meningkatnya trend motor listrik, hal ini dimanfaatkan oleh Yamaha untuk merilis produk sepeda motor listrik. Oleh karena itu, ulasan ini dibuat untuk membantu Anda memilih motor listrik dari Yamaha sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga : Deretan Rekomendasi Motor Listrik Honda Terbaik dan Terbaru, Pilih Mana?

1. Yamaha EC-05

Rekomendasi pertama ada Yamaha EC-05 yang merupakan motor lsitrik yang memberikan kesan modern dan futuristik. Selain itu motor ini menggunakan base motor dari Gogoro S2, mulai dari baterai, chasis, hingga teknologi yang digunakan. 

Yamaha EC-05 ini merupakan hasil kolaborasi kerja sama dengan Gogoro yang merupakan produsen skuter listrik terbesar di Taiwan. Motor ini sudah dilengkapi dengan lampu yang full LED yang dipadukan dengan desain headlamp dan tail light yang modern dan futuristik. Untuk speedometer sudah full digital dan dapat terkoneksi dengan smartphone. 

Lalu motor ini sudah dilengkapi dengan fitur Riding Mode yang dapat digunakan untuk memilih mode berkendara sesuai dengan medan yang kita lewati, selain itu motor ini juga sudah dilengkapi dengan sistem penguncian Wireless Smart Key yang tekoneksi dengan smartphone. Motor ini dapat menempuh jarak hingga 110km, dengan harga yang dibanderol mulai dari Rp45,7 jutaan. 

2. Yamaha E01

Selanjutnya ada Yamaha E01, motor listrik ini pernah dipamerkan dalam acara IIMS (International Motor Show) pada tahun 2022. Sepeda motor ini memiliki bentuk seperti skuter motor konvensional, karena motor ini mengadopsi desain dari Yamaha NMAX. 

Yamaha E01 ini sudah dilengkapi dengan baterai lithium-ion yang memiliki kapasitas 4,9 kWH, dan memiliki tiga macam mode berkendara, yaitu Eco, Standar dan Power. Setiap masing-masing mode akan menghasilkan output power yang berbeda-beda.

Motor ini memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni dengan baterai 21.700 lithium ion sehingga dapat menmuph jarak sejauh 104 km, dengan kecepatan lebih dari 100 kilometer/jam dan akselerasi 0-50 kilometer/jam hanya dalam waktu 4 detik.

Sepeda motor ini sudah dilengkapi dengan fitur keyless layaknya motor skuter Yamaha pada umumnya. Panel instrumen juga sudah menggunakan digital, dan port pengisian berada di bodi bagian depan. Motor ini masih belum dirilis harga pastinya, namun motor ini sudah disewakan per-tiga bulan dengan tarif sekitar Rp2,3 jutaan per bulan di Jepang.

3. Yamaha E02

Motor listrik Yamaha E02 ini memiliki desain seperti Yamah Fazzio, namun lebih mengedepankan desain yang modern dan futuristik. Motor ini pernah diperlihatkan dalam acara Tokyo Motor Show pada tahun 2019, namun motor ini masih sebatas konsep dan belum dijual ke pasaran. 

Berdasarkan informasi, motor listrik Yamah E02 ini memiliki tenaga yang setara dengan skuter matik 50 cc dengan daya baterai 2,5 kW. Sehingga motor ini hanya cocok untuk digunakan kebutuhan harian saja. Motor ini dapat menempuh kecepatan maksimal 45 kilometer/jam dan menahan beban sebesar 70kg. Motor ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp16 jutaan. 

Baca Juga : Deretan Rekomendasi Motor Listrik Terbaik, Pilih Mana?

4. Yamaha e-Vino

Tahun 2015 sebenarnya Yamaha pernah merilis motor listrik yang memiliki desain mirip dengan Yamaha Fino dan Honday Scoopy. Motor ini bernama Yamaha e-Vino. Skuter ini memiliki bobot yang cukup ringan, yaitu hanya 68 kg, namun bertambah sebanyak 6 kg karena baterai lithium-ion. Kapasitas baterai tersebut adalah 50V-10 Ah. 

Dengan kapasitas baterai ini, motor ini dapat menempuh jarak sejauh 29 km untuk sekali pengisian penuh. Sebagai alternatif lainnya Yamaha e-Vino dapat menyimpan satu baterai cadangan sehingga dapat menempuh jarak total sejauh 58 km. Motor ini dapat berakselerasi paling cepat 44 km/ jam. Motor ini dibanderol dengan harga sekitar Rp35 jutaan.

5. Yamaha EMF

Selanjutnya ada Yamah EMF yang merupakan hasil kerjasama Yamaha dengan Gogoro, yang merupakan perushaan motor listrik terbesar di Taiwan. EMF sendiri merupakan singkatan dari Electro Motive Fighter, yang memiliki desain cukup minimalis, modern dan futuristik. 

Motor ini sudah dilengkapi dengan penggerak listrik yang dapat menghasilkan tenaga 10,1 horsepower di 3.000 rpm dan torsi 26 Nm di 2.500 rpm. Motor ini dapat menempuh 0-50 km/jam dalam waktu 3,5 detik lalu untuk kecepatan maksimal dapat menempuh 100 km/jam. 

Motor ini sudah dilengkapi dengan lampu LED, dan sudah tidak menggunakan keyless, karena sudah digantikan dengan kartu yang berupa NFC, sehingga pemilik lebih mudah menyimpan atau membawa kunci tersebut. Motor ini tersedia dalam 3 varian warna, yaitu Dark Black, Dark Green dan Like Blue. Walaupun belum masuk pasar Indonesia, kira-kira motor ini dibanderol dengan harga Rp51 jutaan. 

6. Yamaha Neos

Yamaha berhasil membuat heboh akhir 2022 dengan meluncurkan motor listrik terbarunya di Vietnam yaitu Yamaha Neos. Motor listrik ini memiliki desain ala-ala skuter matik kekinian namun tetap memberikan kesan modern dan futuristik. Cover lampu bagian depan membentuk seperti sepasang mata dan bagian belakang memiliki desain yang terpisah dari bodi. 

Ketika rilis di Vietnam, Yamaha menawarkan produk ini dengan pilihan tiga warna, yaitu putih, hitam dan biru. Motor ini dilengkapi dengan bateria lithium-ion 50,4 V / 19,2 Ah, sehingga dapat bergerak sejauh 37 km, dan dapat menghasilkan torsi sebesar 3,3 horsepower pada 400 RPM. Motor ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp32,8 jutaan.

Lihat kendaraan motor listrik dari berbagai brand lainnya.

Info Otomotif Motor Listrik Motor Listrik Yamaha Tips and Trick Tips Otomotif

Rekomendasi Motor Bekas