Rekomendasi Motor Kopling Murah 2023, Cocok Buat Jalan Jauh

momotor.id - Seperti yang kita ketahui kendaraan bermotor yang beredar di Indonesia sangat beragam, mulai dari motor matik, motor bebek, motor listrik hingga motor kopling. Hampir rata-rata motor model sport yang ada di pasar Indonesia menggunakan sistem kopling manual. 

Seperti yang kita tahu, mengendarai motor kopling tidak semudah mengendarai skuter matik, karena kita harus memainkan tuas kopling dan mengganti gigi secara manual. Namun terdapat sensasi yang tidak akan anda rasakan di skuter matik, yaitu engine brake dan akselerasi spontan. 

Tentu saja bagi pengendara yang baru mencoba menggunakan motor kopling pasti akan mengalami sedikit kesulitan karena harus mengatur irama tarikan gas dan tarikan kopling agar bisa sejajar dan membuat motor bisa bergerak dengan halus. Selain itu terdapat beberapa kelebihan dari motor kopling. Berikut pembahasannya. 

Kelebihan Motor Kopling

Setiap kendaraan bermotor pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, berikut kita akan membahas tentang kelebihan dari motor kopling. Simak penjelasan berikut. 

  1. Sistem kopling memiliki peran penting untuk meningkatkan performa dan responsifitas mesin, karena dapat mengontrol saat yang tepat untuk menghubungkan atau memutuskan putaran mesin.
  2. Membuat proses engine break menjadi lebih mudah, yang akan memperlambat laju kendaraan dengan memanfaatkan tenaga mesin dari motor. Engine break sangat penting dalam melakukan perlambatan secara bertahap, sehingga tidak hanya mengandalkan rem ketika ingin menurunkan kecepatan.
  3. Motor kopling memiliki biaya perawatan yang lebih murah dibandingkan dengan motor matik yang biasanya susah untuk diperbaiki. 
  4. Memiliki desain motor yang lebih sporty, karena rata-rata motor kopling memiliki model motor sport berjenis naked bike ataupun full fairing
  5. Memberikan performa yang lebih tinggi dibandingkan motor matik dan motor bebek. Sehingga sangat cocok untuk perjalanan jauh yang minim kemacetan.

Baca Juga : Daftar DP dan Cicilan Honda Vario 125 Semua Varian 2023: Angsuran Mulai Rp1 Jutaan Tipis

Rekomendasi Motor Kopling Murah 2023

Motor kopling memiliki pasar tersendiri bagi masyarakat, salah satunya karena memilki fleksibilitas saat mengatur perpindahan gigi. Tapi motor ini kurang cocok untuk digunakan di jalanan yang sering macet, karena pengendara akan cepat lelah karena harus mengatur kopling. Berikut deretan rekomendasti motor kopling murah tahun 2023. 

1. Honda CB 150 Verza

Motor Honda CB 150 Verza buatan pabrikan Honda Indonesia merupakan salah satu motor kopling ekonomis yang pertama. Motor ini dilengkapi dengan mesin 150cc yang memenuhi standar emisi euro 3, sehingga motor ini terkenal hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Kinerja motor ini juga tergolong baik dengan tenaga sebesar 13.04 PS pada 8.500rpm dan torsi 12.73 Nm pada 5.000 rpm serta dilengkapi dengan transmisi manual 5 percepatan yang responsif dan nyaman saat dikendarai. Selain itu motor ini dilengkapi dengan speedometer full digital dan tersedia dengan 2 varian yaotu velg jari-jari dan velg racing. 

Harga : Mulai dari Rp 19 Juta

2. Honda CB 150R Street Fire

Apabila Anda menginginkan sebuah motor kopling murah dengan desain dan spesifikasi yang lebih agresif, pilihan yang tepat bisa jatuh pada Honda CB150R StreetFire. Motor ini tersedia dalam 5 varian yang berbeda, dan didukung oleh mesin 4-tak dengan kapasitas 149.16cc serta sistem transmisi manual 6 percepatan.

Mesin Honda CB150R juga bertenaga, meskipun belum dilengkapi dengan fitur Assist & Slipper Clutch. Dalam kondisi optimal, motor ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 12.4 kW dan torsi 13.8 Nm. Selain itu, motor ini juga dilengkapi dengan lampu LED yang modern dan memiliki desain yang sangat sporty, dengan rangka tralis yang terbuat dari bahan alumunium yang kuat dan lentur untuk menyangga mesin.

Harga : Mulai dari Rp 26 Juta

3. Honda Mega Pro FI

Umum diketahui bahwa Honda MegaPro FI merupakan salah satu motor kopling yang paling irit dan nyaman dikendarai. Hal ini berkat mesin 150cc yang dilengkapi teknologi PGM-FI, sensor, dan injector canggih yang mampu menghasilkan tenaga dan torsi yang melimpah.

Meskipun PT Astra Honda Motor telah menghentikan produksi motor kopling murah ini, popularitasnya tetap tinggi di kalangan masyarakat Indonesia. Salah satu alasannya adalah mesinnya yang tak kalah handal dengan beberapa pesaingnya. Yang menarik, motor ini dijual dengan harga relatif terjangkau untuk sebuah motor jenis naked.

Dengan tenaga mesin sebesar 9.8kW dan torsi 12.3 Nm, performa motor ini sangat tangguh. Keunikan lain dari motor kopling murah ini adalah penggunaan rem cakram pada roda depan dan belakang, yang mampu meredam kecepatan secara halus dan sempurna.

Harga : Mulai dari Rp 22 Juta

4. Honda Sonic 150R

Di sisi lain, Honda memiliki salah satu motor sport dengan desain yang kompak yaitu Honda Sonic 150R yang lebih mudah dalam mempercepat di jalanan. Honda Sonic 150 memiliki karakter yang disesuaikan untuk tujuan bertarung di dalam kota, menurut proyeksi Honda. 

Namun, konsumen sudah menilai bahwa motor ini adalah pesaing dari Suzuki Satria dan Yamaha MX King karena ketiganya memperebutkan segmen yang sama dengan mesin 150cc. Sonic 150R dilengkapi mesin 4 tak dengan kapasitas 149,16cc yang diklaim mampu menghasilkan power sebesar 11,8kw, harganya juga cukup terjangkau.

Harga : Mulai dari Rp 22,8 Juta

5. Honda Supra GTR 150

Honda juga menyediakan motor bebek yang menggunakan sistem kopling. Motor bebek dengan kopling murah ini sudah dilengkapi dengan mesin PGM-F1 berkapasitas 149,16cc dengan 6 transmisi kecepatan. Mesin tersebut sangat hemat bahan bakar dengan konsumsi mencapai 42,2 km/liter (Euro 3). Selain itu, tenaga motor ini mencapai 12 kW dan torsi 14,2 Nm. 

Honda Supra GTR 150 memiliki desain modern yang sesuai dengan tren saat ini dan dilengkapi dengan lampu LED. Kelebihan dari motor ini adalah suspensi depan yang besar, rem cakram pada kedua roda yang dilengkapi dengan ban tubeless.

Harga : Mulai dari Rp 22,1 Juta

6. Yamaha Byson FI

Terdapat beberapa pilihan motor kopling dari Yamaha yang terjangkau dengan harga 20 jutaan. Salah satunya adalah Yamaha Byson merupakan naked bike yang sudah dilengkapi dengan mesin 150cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 9.61 kW dan torsi 12.98 Nm. Motor ini juga sudah lulus uji emisi Euro 3. 

Motor kopling ini telah dilengkapi dengan teknologi Fuel Injection yang membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih efisien. Yamaha Byson masih menggunakan rem tromol pada roda belakang. Hal tersebut yang membuat motor ini di harga 20 jutaan. Motor ini sudah dilengkapi dengan speedometer yang sudah full digital dan stang yang berposisi tegap. 

Harga : Mulai dari Rp 22,9 Juta

7. Yamaha Jupiter MX 150

Kita beralih ke motor bebek yang menggnakan kopling, yaitu Yamaha Jupiter MX 150. Yamaha Jupiter MX 150 hadir dengan konsep desain yang sangat sporty dan elegan, sehingga Yamaha menamai motor ini sebagai "The King of Street". 

Motor ini dilengkapi dengan mesin 150cc direct injection yang mampu menghasilkan tenaga 113 kW dan torsi puncak 138 Nm. Dengan mesini ini dpat menyaingi motor sport 150cc yang lebih mahal darinya. Yamaha juga memperkuat motor ini dengan piston forged cylinder dan sistem pendingin cair untuk memaksimalkan performanya.

Untuk keamanan, motor ini dilengkapi dengan rem cakram pada kedua roda dan ban tubeless dengan velg berukuran 17 yang memiliki desain sporty. Sementara itu, transmisinya menggunakan kopling manual. Sehingga tidak heran motor ini populer dikalangan anda muda.

Harga : Mulai dari Rp 19 Juta

Baca Juga : Rekomendasi Motor Matik Untuk Perjalanan Jauh Versi Hemat, Pilih Mana?

8. Yamaha MX King 150

Selanjutnya ada Yamah MX King 150. Yamaha MX King 150 memiliki desain dan gaya yang elegan dan sporty yang tidak kalah dengan motor moped lainnya. Motor kopling ini sudah dilengkapi dengan beragam fitur yang menarik seperti lampu Hazard dan lampu utam sudah LED. 

Motor ini dilengkapi dengan mesin silinder tunggal berkapasitas 150cc SOHC yang mampu menghasilkan tenaga yang besar. Selain itu motor ini sudah menggunakan sistem fuel injection sehingga lebih hemat bahan bakar. Yamah MX King 150 menggunakan kopling manual sehingga lebih responsif dan halus dalam pergantian gigi. 

Harga : Mulai dari Rp 23,4 Juta

9. All New Yamaha Vixion

All New Yamaha Vixion bisa dianggap sebagai salah satu motor kopling murah terbaik dengan harga sekitar 20 juta rupiah. Motor ini memiliki desain yang sporty selain itu sudah dilengkapi dengan speedometer digital lengkap dan lampu LED penuh.

Motor ini sudah dilengkapi dengan mesin berkapasitas 149,8 cc dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 12,2 kW dan torsi 14,5 Nm. Motor ini dilengkapi dengan teknologi Assist & Slipper Clutch, yang membuat penggunaan kopling menjadi lebih ringan dan perpindahan gigi lebih mulus. Motor ini juga menggunakan sistem pendingin cairan untuk mencegah mesin terlalu panas.

Harga : Mulai dari Rp 26,2 Juta

10. Suzuki Satria F150

Selanjutnya kita masuk ke brand Suzuki. Motor kopling Suzuki merupakan motor yang paling populer di kalangan anak muda. Suzuki Satria F150 menjadi rival yang tangguh bagi Honda Sonic 150R. Motor ini memiliki desain yang sporty dan compact sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri anda ketika menggunakan motor ini. 

Motor ini sudah dilengkapi dengan meisn 4-Valve 150cc dengan teknologi Fuel Injection dan transmisi manual 6-speed, sehingga dapat menghasilkan tenaga sebesar 13.6 kW dan torsi 13.8 Nm. Oleh karena itu motor ini dapat bersaing dengan motor kopling dari kategorinya. 

Harga : Mulai dari Rp 22,8 Juta

11. Suzuki GSX-S150 

Selanjutnya ada Suzuki GSX-S150, motor kopling ini hadir dalam varian keyless dan shutter key. Memiliki harga yang lebih murah daibanding saingannya seperti Yamaha Vixion dan Honda CB150R, namun performa GSX-S150 tetap dapat diandalkan. 

Motor ini sudah dilengkapi dengan mesin DOHC 4-Valve berkapasitas 150cc dengan 6 transimis, dengan mesin tersebut motor ini memiliki tenaga maksimum sebesar 14.1 hp pada 10,500 rpm dan torsi puncak sebesar 14.0 Nm pada 9,000 rpm. Motor ini sudah dilengkapi dengan lampu depan dan belakang LED, rem cakram, dan suspensi teleskopik pada bagian depan dan monoshock pada bagian belakang.

Harga : Mulai dari Rp 24,7 Juta (Shutter Key) dan Rp 27,1 Juta (Keyless)

12. Suzuki GSX-R150

Mirip dengan sebelumnya, namun motor ini tidak bermodel naked bike. Suzuki GSX-R150 dengan shuttered key merupakan salah satu motor kopling yang cukup terjangkau. Motor ini sudah dibekali dengan mesin 150cc, 4-langkah, DOHC, berpendingin cairan. Motor ini dapat menghasilkan daya maksimum 18.2 kW / 10,000 rpm dan torsi maksimum 14.0 Nm / 9,000 rpm. Motor ini menggunakan transmisi 6 percepatan. 

Harga : Mulai dari Rp 29,1 Juta

13. Benelli TNT 15

Selanjutnya ada motor dari brand Italia, yaitu Benelli TNT 15, motor ini mengejutkan banyak orang karena memiliki harga yang terjangkau untuk motor buatan Italia. Motor ini memiliki model seperti naked bike namun stylish motor ini sudah dilengkapi dengan suspensi monoshock

Untuk mesin, motor ini sudah dilengkapi dengan mesin berkapasitas 148cc dan dilengkapi dengan transmisi manual 5 percepatan, mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 12.06 BHP pada 8.500 rpm dan torsi 11 Nm pada 6.000 rpm. Walaupun belum menggunakan teknologi fuel injection dan rem belakang masih menggunakan tromol. Hal tersebut tidak mengurangi performa dari motor ini. 

Harga : Mulai dari Rp 17,7 Juta

14. TVS Apache RTR 200 4V

Selanjutnya ada sepeda motor kopling asal perusahaan India, yaitu TVS Apache RTR 200 4V. Motor ini sudah dilengkapi dengan mesin  4-stroke, 4-valve, SOHC, single-cylinder, liquid-cooled, dengan kapastias 200cc yang dapat menghasilkan daya maksimum sebesar 20,5ps pada 8500rpm, dan 17,25Nm pada 6500rpm. Motor ini sudah dilengkapi dengan fuel injection dan sistem pendingin cairan, dan 5 transmisi. 

Harga : Mulai dari Rp 24,4 Juta

15. TVS Max 125

Selanjutnya masih dari brand India. TVS Max 125 masih menjadi salah satu pilihan terbaik motor kopling murah yang tersedia, yaitu hanya sekitar Rp 13 jutaan, walaupun motor ini memiliki performa yang sedikit lebih rendah dibandingkan dengan motor sekelasnya.

TVS Max 125 didukung oleh mesin 4 Tak SOHC berkapasitas 124,53cc yang menghasilkan tenaga sebesar 8,1 kW pada 8.000 rpm dan torsi sebesar 10,8 Nm pada 5.500 rpm. Mesin ini dipasangkan dengan transmisi manual. Namun motor ini belum dilengkapi dengan sistem fuel injection dan rem belakang masih menggunakan tromol. 

Harga : Mulai dari Rp 13,2 Juta

Baca Juga : Deretan Rekomendasi Motor Bekas Rp10 Jutaan, Pilih Mana?

Berikut ulasan tentang rekomendasi motor kopling terbaik pada tahun 2023. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda memilih motor kopling sesuai dengan kebutuhan anda. Kunjungi momotor.id untuk mendapatkan penawaran menarik mengenai trade in, motor baru, motor bekas, hingga electronic vehicle.

Info Otomotif Lebaran 2023 Motor Kopling Ramadan 2023 Rekomendasi Motor Tips and Trick Tips Otomotif

Rekomendasi Motor Bekas