Lakukan Ini Jika Rantai Motor Putus di Tengah Jalan

momotor.id - Rantai motor yang sudah tak layak pakai sebaiknya segera diganti. Karena rantai tersebut berpotensi sewaktu-waktu putus di tengah perjalanan. Jika rantai motor sudah terlanjut putus saat di tengah jalan, apa yang harus dilakukan?

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah tidak perlu panik. Perlu diketahui, rantai motor memiliki sambungan atau biasa disebut connecting chain alias connecting drive. Benda ini yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah rantai motor putus di tengah jalan untuk sementara waktu. Caranya yakni mengganti bagian rantai yang putus dengan connecting chain.

Untuk menyambung kembali rantai, perlu beberapa peralatan seperti tang lancip, connecting chain, dan kunci-kunci roda. Meski kesannya ribet, tak ada salahnnya selalu membawa alat-alat jika terjadi situasi darurat seperti rantai motor yang putus.

Adapun untuk menyambung kembali rantai, berikut langkah-langkahnya:

  • Lepaskan bagian rantai yang putus menggunakan tang lancip
  • Setelah terlepas, pasangkan connecting chain dengan posisi kancingan berlawanan arah pergerakan rantai agar tidak terlepas kembali.
  • Lepaskan ban menggunakan kunci roda, lalu pasang kembali rantai pada tempatnya.
  • Pasang kembali ban pada tempatnya setelah memastikan rantai sudah terpasang dengan benar.

Sebagai catatan, menyambungkan rantai motor dengan connecting chain hanyalah tindakan darurat yang artinya hanya bersifat sementara saja agar tetap bisa melanjutkan perjalananmu. Hal ini disebabkan karena jika rantai sudah putus maka komponen tersebut haruslah diganti.

Oh ya, sebagai tambahan informasi, penyebab rantai putus cukup beragam. Bisa karena faktor alam seperti terkena cipratan genangan air hujan dan lumpur sehingga grease yang berfungsi sebagai pelumas rantai berkurang hingga hilang.

Baca juga: Mengenal Fungsi Gir Motor Selain Sebagai Penggerak Roda

Kedua, bisa dari cara berkendara yang kerap melakukan stop and go dengan cara menghentak gas secara tiba-tiba. Hentakan yang terus menerus ini membuat rantai yang bertugas menarik roda sesuai hentakan gas bekerja sangat keras hingga lama kelamaan akan mengendur.

Ketiga, beban berlebihan yang diangkut motor bisa membuat beban rantai bertambah sehingga rentan menjadi kendur. Faktor lain yang bisa membuat rantai kendur hingga mudah putus yaitu setelan rantai. Setelan rantai yang terlalu kencang membuat tingkat ketegangan atau kekencangan tinggi sehingga gesekan dengan gigi gir juga semakin besar. Hal ini menyebabkan rantai akan lebih mudah putus.

Connecting Chain Connecting Drive Rantai Motor Rantai Motor Putus Tips Otomotif

Rekomendasi Motor Bekas