Perbedaan Tekanan Angin Ban Pada Motor Matic, Bebek, Sport, dan Trail: Jangan Asal Nambahin

momotor.id - Menjaga tekanan angin yang sesuai merupakan salah satu bentuk perawatan pada ban motor. Namun tiap model motor ternyata memiliki tekanan angin yang berbeda, baik pada tipe matic, bebek, sport, atau trail.

Masing-masing model ini memiliki ukuran tekanan angin tersendiri. Tekanan angin yang cocok pada motor matic belum tentu sesuai untuk motor bebek atau trail, dan sebaliknya.

Perbedaan ini disebabkan jenis dan peruntukan model motor tersebut dan ukuran ban yang digunakan. Untuk lebih jelasnya, berikut perbedaan tekanan angin ban pada motor matic, sport, bebek, dan trail.

Motor matic

Motor matic biasanya direkomendasikan memiliki tekanan angin 29 psi untuk ban depan. Sedangkan ban belakang lebih besar tekanan anginnya yakni sekitar 33-36 psi.

Motor sport

Pada umumnya tekanan angin untuk motor sport pada ban depan berada di angka 32-34 psi. Sementara untuk ban belakang biasanya sekitar 39-41 psi.

Motor trail

Tekanan angin untuk motor trail boleh dibilang paling berbeda dibanding model lainnya. Pada motor trail, tekanan angin yang direkomendasikan biasanya berada di angka 22-25 psi baik untuk ban depan maupun ban belakang.

Motor bebek

Pada motor bebek, tekanan angin untuk ban bagian depan kira-kira berada di angka 29–30 psi. Kemudian untuk ban belakangnya, tekanan angin yang direkomendasikan sekitar 31–33 psi.

Baca juga: Copot Filter Udara Memang Bikin Performa Motor Tambah Galak, Tapi Bisa…

Adapun setiap pabrikan biasanya juga memberikan informasi mengenai tekanan angin yang ideal untuk setiap jenis model motor mereka. Informasi ini biasanya dicantumkan di buku manual.

Sebagai tambahan, mengecek tekanan angin ban motor bisa menggunakan alat tyre pressure gauge. Dengan menggunkan alat ini, pemilik motor bisa mengetahui apakah ban kendaraanya perlu ditambah tekanan anginnya atau malah harus dikurangi.

Saat ini ada tiga jenis tyre pressure gauge yakni tipe mekanik, analog, dan digital. Perbedaan ketiganya hanya dari tampilan hasil tekanan udara yang ditunjukkan pada alat tersebut.

ban Motor Bebek Motor Matic Motor Sport Motor Trail tekanana angin

Rekomendasi Motor Bekas