Calon Kolektor Perlu Tau! Ternyata Ini Perbedaan Yamaha RX King dan RX Spesial

momotor.id - Perbedaan RX King dan RX Spesial mungkin belum diketahui semua orang, termasuk mereka yang berminat untuk memboyong motor ikonik ini ke garasi rumah.

Perbedaan RX King dan RX spesial sebenarnya cukup banyak. Sebagai informasi, Yamaha RX pertama kali mulai mengaspal di Indonesia pada tahun 1977 lewat model Yamaha RX100.

Selanjutnya dari tahun 1981-1983, Yamaha RX Spesial mulai hadir di tengah konsumen otomotif Indonesia. Lalu pada 1983, Yamaha RX King mulai mengaspal hingga tahun 2009.

Lalu, apa saja perbedaan RX King dan RX Spesial yang perlu diketahui? Berikut ulasan selengkapnya.

RX Spesial

Yamaha RX Spesial
Yamaha RX Spesial

Seperti disebutkan di atas, RX Spesial lebih senior ketimbang RX King karena lebih dulu mengaspal dari tahun 1981-1983. RX Spesial didatangkan dari Jepang dalam kondisi built up yang menggunakan half fairing sehingga batok lampunya terkesan klasik.

Dari sisi dapur pacu, RX Spesial menggendong mesin 2 stroke berkapasitas 115 cc yang mampu memuntahkan tenaga 15,5 hp pada 8500 rpm.

Mesin RX Spesial ini juga dilengkapi pendingin udara dan didukung tangki bahan bakar berkapasitas 9,5 liter. Fitur menarik RX Spesial pada saat itu adalah penggunaan rem belakang jenis tromol. Saat itu, rem tromol termasuk sistem pengereman yang paling canggih.

Baca juga: Cuma Beda Dikit, Ini yang Jadi Pembeda Honda BeAT Varian Deluxe dan CBS-ISS

RX King

Yamaha RX King
Yamaha RX King

RX King merupakan penerus RX Spesial yang dipasarkan di Indonesia sejak tahun 1983-2009. Berbeda dengan RX Spesial yang didatangkan secara built up, RX King datang ke Indonesia dari Jepang dalam bentuk box mesin saja yang utuh. Sedangkan perakitannya dilakukan di Indonesia.

Sebagai penerus RX Spesial, RX King mengusung mesin yang lebih canggih dibanding seniornya tersebut. Meski begitu, RX King di Indonesia menggunakan dua generasi mesin. Berikut perbedaan dari dua generasi mesin tersebut.

Mesin generasi pertama (1983-2005)

Mesin generasi pertama pada RX King dilengkapi sistem pendingin udara dengan kapasitas 132 cc 1 silinder. Karburatornya berjenis VM 26 Mikuni yang mampu menyemburkan tenaga 18,5 hp. Sedangkan tangki bahan bakarnya berkapasitas 9,5 liter dan tangki oli sebesar 1 liter.

Mesin generasi kedua (2006-2009)

Mesin generasi kedua pada RX King dilengkapi sistem pendingin udara dengan kapasitas 132 cc. Karburatornya berjenis VM 26x1 Mikuni yang mampu menyemburkan tenaga 18,5 hp. Sedangkan tangki bahan bakarnya berkapasitas 9,5 liter dan tangki oli sebesar 1 liter.

Info Otomotif Perbedaan RX King dan RX Spesial RX King RX Spesial Yamaha RX

Rekomendasi Motor Bekas