Bukan Cuma Suara, Ini Perbedaan Lain Knalpot Standar dan Racing Pada Motor

momotor.id - Sebagian orang mungkin mengira perbedaan knalpot standar dan racing pada motor hanya dari suaranya. Suara knalpot racing cenderung lebih bising dibanding versi standar.

Namun sebenarnya, perbedaan knalpot standar dan racing pada motor bukan hanya dari sisi suara. Perbedaan pertama dan mendasar antara knalpot versi standar dan racing terletak pada struktur dasar knalpotnya.

Struktur dasar ini melibatkan ada atau tidaknya tabung yang menjadi penghubung antara mesin dengan bagian header knalpot.

Lebih jelasnya, knalpot versi standar menggunakan tabung sebagai jalur untuk mengalirkan gas sisa pembakaran pada mesin atau disebut dengan partition.

Jumlah partition yang digunakan pada setiap knalpot kendaraan bergantung pada mesin. Komponen ini berfungsi untuk memecah suara agar tidak bising.

Sedangkan knalpot versi racing tidak menggunakan tabung atau partisi sebagaimana pada versi standarnya. Desain knalpot ini menggunakan header berbahan galvanis atau pipa biasa langsung hingga ke belakang tanpa tabung. Hal ini membuat suara knalpot model ini terdengar lebih nyaring.

Selain itu, meski tidak semua, tapi ada beberapa tipe knalpot jenis standar yang dilengkapi dengan komponen bernama glasswool. Komponen ini berupa serabut yang berfungsi untuk membuat suara knalpot lebih halus lagi.

Pada knalpot model racing, komponen glasswool ini dihilangkan. Hal ini jelas disebabkan karena tujuan penggunaan knalpot modifikasi tersebut adalah agar suaranya lebih nyaring ketika motor digas sehingga tidak memerlukan peredam suara apapun.

Baca juga: Lampu Sein Motor Mati Sebelah, Masalahnya Biasanya Ada di Sini

Perbedaan kedua, knalpot standar telah dirancang dengan ukuran standar sesuai kebutuhan motor sehingga dapat berfungsi dengan baik dan nyaman. Ukuran ini dibuat dengan mempertimbangkan kenyamanan dan performa, termasuk meminimalisir gas sisa pembakaran dan suara yang dihasilkan

Namun tidak demikian pada knalpot racing. Ukuran knalpot ini akan berpengaruh pada suara dan performanya. Diameter header hingga pipa galvanis atau pipa biasa yang digunakan diukur sedemikian rupa sehingga menghasilkan suara yang racing namun tidak mengurangi performanya.

Temukan motor favorit kamu gak pake ribet, download aplikasi adiraku sekarang!

knalpot knalpot racing knalpot standar Motor

Rekomendasi Motor Bekas