Bukan Cuma Soal Rem, Ini Perbedaan Honda PCX 160 Versi ABS dan CBS

momotor.id - Secara sekilas, tampilan Honda PCX 160 versi ABS dan CBS mungkin terlihat tak ada perbedaan. Beberapa orang mungkin ada yang mengira bedanya hanya di bagian pengereman saja. Padahal, perbedaannya tak hanya itu.

Astra Honda Motor (AHM) menawarkan model PCX 160 dalam dua versi yakni ABS dan CBS demi memenuhi permintaan pasar. Untuk bagian mesin, tak ada perbedaan antara kedua varian tersebut.

Baik varian ABS maupun CBS sama-sama menggendong mesin eSP+, SOHC, 1 silinder, 4 katup, PGM-Fi. Beda dengan PCX 150 yang masih menggendong mesin 149 cc, 2 katup.

Honda mengklaim mesin ini mampu meningkatkan efisiensi percampuran udara-bahan bakar dan efisiensi pembuangan gas pembakaran. Tak hanya itu, mesin ini juga memiliki rasio kompresi tinggi (12.0), gesekan antar komponen yang minim, dan sistem pendinginan yang lebih efisien.

Baca juga: Pilihan Motor Matic yang Punya Bagasi Luas, Ada yang Sampai 30 Liter!

Mesin ini lebih powerful dari PCX 150 yang punya power 10,8 kW dan torsi 13,2 Nm. Honda PCX 160 memiliki tenaga maksimal hingga 11,8 kW di 8500 rpm dengan torsi puncak 14,7 Nm di 6500 rpm

Tenaga itu didapat salah satunya dari sentuhan perubahan dari diameter silinder (bore) yang naik (dari 57,3 mm menjadi 60,0) dan jarak piston (stroke) menjadi lebih pendek (turun menjadi 55,5 mm dari 57,9), menghasilkan kubikasi 157cc, naik dari sebelumnya 149cc.

Lalu, apa perbedaan PCX 160 versi ABS dan CBS ? Berikut ulasan selengkapnya.

Harga

PCX 160 versi ABS tentunya dibanderol lebih mahal yakni seharga Rp35.510.000 OTR Jakarta. Sedangkan varian CBS dibanderol Rp32.079.000 OTR Jakarta. Selisih harga Rp3.431.000, Honda PCX 160 ABS dilengkapi beberapa fitur yang tak didapatkan pada varian CBS.

Sistem pengereman

Perbedaan fitur pertama sudah jelas dari sistem pengereman. Varian ABS sudah memakai rem ABS single channel alias hanya untuk rem depan. Kaliper Nissin yang digunakan juga berbeda, versi ABS memakai dua piston sedangkan versi CBS tiga piston.

Versi CBS menggunakan kaliper piston lebih banyak guna mendukung fungsi Combi Brake System. Sehingga saat rem belakang ditarik, satu kaliper depan ikut terdorong oleh master rem hidrolik.

Ini membuat rem depan ikut bekerja sebagian saat rem belakang ditarik. Dan cara kerja ini sudah lama dipakai untuk model-model matic Honda.

Fitur HSTC

HSTC atau Honda Selectable Torque Control merupakan fitur pengontrol traksi yang berfungsi mengendalikan penyaluran tenaga ke roda belakang guna mencegah terjadinya slip.

Pilihan warna

Perbedaan selanjutnya antara PCX 160 versi ABS dan CBS adalah pilihan warnanya. Tipe CBS diberikan pilihan warna marvelous matte gray, majestic matte red, wonderful white, dan glorious matte black.

Sedangkan tipe ABS memiliki pilihan warna majestic matte red, royal matte blue, wonderful white, dan briliant black. Versi ABS juga diberikan aksen gold pada tulis PCX di bagian body samping sehingga terlihat lebih elegan.

Honda PCX 160 Info Otomotif PCX 160 ABS PCX 160 CBS

Rekomendasi Motor Bekas